Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 7 Manfaat Daun Kelor, No 5 Ibu-Ibu Wajib Tahu!

Manfaat Daun Kelor | Pepatah yang berbunyi dunia tidak selebar daun kelor pastilah sudah sangat sering kita dengar terutama saat memberikan nasihat agar orang tidak putus asa. Arti dari pepatah tersebut yaitu bahwa dunia ini tidaklah sempit dan kecil seperti ukuran daun kelor. Tapi jangan salah, meskipun ukurannya sangat kecil faktanya manfaat daun kelor justru sangat besar untuk tubuh kita.


Manfaat-Daun-Kelor-Untuk-Kesahatan

Daun kelor yang memiliki nama ilmiah Moringa Oleifera tersebut mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Diantaranya adalah protein, kalsium, kalium, zat besi dan lemak. Kadar terbesar adalah kalium yaitu sebanyak 337 miligram disusul oleh kalsium yaitu sekitar 185 miligram. Dari data itu saja sudah bisa dilihat bagaimana daun kelor bisa memberikan nutrisi bagi tubuh.

Selain berbagai mineral penting tersebut daun kelor juga mengandung banyak jenis vitamin. Penasaran dengan berbagai manfaat daun kelor yang sangat baik untuk kesehatan? Cek daftarnya di bawah ini.

7 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

1. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah
Salah satu penyakit yang banyak diderita orang zaman sekarang dan bisa mendatangkan kematian mendadak adalah diabetes. Penyakit tersebut terjadi sebagai akibat tingginya kadar gula dalam darah dan tidak berfungsinya insulin dengan baik. Mencegah diabetes bersarang di tubuh kita adalah sebuah tindakan yang bijaksana.

Mengapa tidak mengambil manfaat daun kelor untuk menjaga kestabilan gula darah Anda agar tetap berada pada kadar yang normal. Mengkonsumsi daun kelor sebanyak 50 gram secara rutin bisa menurunkan gula darah hingga 21%. Senyawa bernama isothiocynate yang terkandung di dalam daun kelor itulah yang membuat gula darah bisa normal.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol
Selain diabetes jenis penyakit lainnya yang juga sangat berbahaya dan sering menyebabkan kematian adalah stroke dan serangan jantung. Kedua penyakit tersebut dipicu oleh tingginya kadar kolesterol jahat yang ada pada darah. Kolesterol dalam kadar tinggi bisa menjadi endapan pada pembuluh darah dan menyumbatnya.

Anda yang suka sekali makan makanan berlemak tinggi seperti daging merah, gorengan dan sejenisnya lebih rawan kolesterol tinggi. Daun kelor bisa dikonsumsi dan dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah kita.

3. Obat Penyakit Kanker
Manfaat daun kelor yang luar biasa adalah kemampuannya untuk membantu proses penyembuhan kanker. Dalam dunia medis penyakit kanker belum ditemukan obatnya secara pasti. Tetapi Anda bisa melakukan pengobatan alami dengan menggunakan daun kelor. Pada daun kelor terdapat senyawa niazimicin yang bisa mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Selain itu daun kelor juga mengandung beta-sitosterol yang berfungsi sebagai agen anti peradangan serta meningkatkan imunitas. Itulah manfaat luar biasa daun kelor untuk penyakit kanker.

4. Menjaga Kesehatan Mata
Selama ini orang hanya mengenal wortel sebagai sayuran yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Padahal daun kelor juga memiliki manfaat yang sama dengan wortel yaitu bagus untuk menjaga kondisi kesehatan mata. Karena kandungan antioksidan tinggi yang dimilikinya, daun kelor bisa mencegah terjadinya pelebaran pada retina mata.

Selain itu manfaat daun kelor untuk mata yaitu dengan menghambat terjadinya disfungsi pada retina. Satu lagi cara kerja daun kelor dalam menjaga kesehatan mata adalah dengan mencegah terjadinya penebalan pada membran kapiler.

5. Sebagai Sumber Gizi Untuk Ibu Menyusui
Daun kelor sudah lama dipercaya dan digunakan sebagai makanan tambahan bagi ibu menyusui yang jumlah ASI-nya tidak banyak. Memang menurut faktanya daun kelor bisa membantu ibu menyusui untuk menghasikan ASI lebih banyak sehingga bisa mencukupi kebutuhan bayinya. Bahkan sekarang ini sudah banyak tersedia ekstak daun kelor yang dijual di apotek atau toko obat.

Fungsi daun kelor dalam membantu proses laktasi pada ibu menyusui disebut dengan galaktagog. Apakah galaktagog itu? Yaitu gen alami dalam tubuh yang membantu kelancaran produksi ASI atau laktasi.

6. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Tanpa disadari masih banyak kasus kematian yang disebabkan oleh gangguan pada organ pencernaan seperti lambung. Bahkan kasus kematian yang menimpa dr. Ryan Tamrin karena penyakit lambung cukup mengejutkan publik. Menjaga kondisi organ pencernaan agar tetap sehat menjadi tugas penting bagi kita agar tubuh tetap sehat.

Anda bisa menggunakan manfaat daun kelor untuk menjaga kesehatan pencernaan agar terhindar dari penyakit berbahaya. Kandungan vitamin B yang cukup tinggi pada daun kelor membantu mencegah perkembangan bakteri patogen dalam usus. Selain itu daun kelor juga bagus dikonsumsi oleh mereka yang menderita maag.

7. Memperbaiki Kondisi Otak
Bukan hanya penyakit yang telah disebutkan di atas saja yang bisa dicegah dengan rajin mengkonsumsi daun kelor. Perlu Anda ketahui bahwa manfaat daun kelor sangat bagus untuk memperbaiki dan menjaga kondisi otak.

Adanya vitamin C dan vitamin E dalam jumlah tinggi pada daun kelor sangat bermanfaat untuk mencegah demensi atau kepikunan serta Alzheimer.

Posting Komentar untuk "Ini 7 Manfaat Daun Kelor, No 5 Ibu-Ibu Wajib Tahu!"