Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

TipsKes.com | Tahukah Anda ternyata selain minyak kelapa dan minyak kemiri, zaitun juga menjadi salah satu jenis minyak yang memiliki banyak manfaat. Sebagian besar orang tentu sudah tahu apa saja manfaat minyak zaitun untuk kesehatan. Namun, selain untuk kesehatan minyak yang satu ini juga memiliki khasiat yang baik untuk kecantikan. Penasaran apa saja manfaatnya, pastikan untuk menyimak ulasan lengkapnya berikut ini.


Gambar: telemedis.id

5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

1. Mengontrol Kolesterol
Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, minyak zaitun terbukti memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya yaitu dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol ‘jahat’ dan meningkatkan HDL atau kolesterol ‘baik’. Perlu diketahui mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh perlu dilakukan agar tidak mengalami penumpukan di pembuluh darah.

Jika terlalu banyak plak yang menumpuk pada pembuluh darah akan semakin meningkatkan penyakit kardiovaskular. Tentu Anda tidak ingin mengalami hal tersebut, bukan? Jadi, pastikan untuk mulai mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin mulai dari sekarang.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Seperti yang diketahui, dalam minyak zaitun terdapat banyak kandungan asam lemak jenuh tunggal yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Selain dapat menjaga kesehatan jantung, kandungan asam lemak yang terdapat dalam minyak zaitun juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin dapat meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah dalam tubuh. Sehingga hal tersebut dapat mencegah dari penggumpalan darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

3. Mencegah Stroke
Manfaat minyak zaitun selanjutnya yaitu mencegah stroke. Tahukah Anda, Stroke merupakan penyebab kematian kedua setelah penyakit jantung yang seringkali dijumpai di negara-negara maju. Umumnya penyakit stroke terjadi karena aliran darah ke otak tidak berjalan dengan baik atau mengalami gangguan. Biasanya gangguan tersebut disebabkan karena pembekuan darah dan adanya pendarahan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun dapat mengurangi risiko stroke. Nah, bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit mematikan ini, pastikan untuk mengkonsumsi minyak zaitun mulai dari sekarang.

4. Menurunkan Berat Badan
Salah satu manfaat minyak zaitun yang tak banyak diketahui yaitu dapat menurunkan berat badan secara efektif. Perlu diketahui, minyak zaitun mengandung senyawa yang dapat menurunkan berat badan, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang melaksanakan program diet sehat. Tidak heran, jika sekarang banyak orang yang menggunakan minyak zaitun untuk bumbu masakan.

Nah, bagi Anda yang sedang menjalankan program diet yang sehat dan juga aman, maka disarankan untuk sering mengkonsumsi minyak zaitun. Jadi, Anda pun tidak perlu melakukan aktivitas-aktivitas yang justru merugikan tubuh Anda dalam jangka panjang.

5. Sebagai Antioksidan
Tahukah Anda, minyak zaitun mengandung antioksidan yang terbilang cukup besar. Seperti yang diketahui, antioksidan merupakan salah satu senyawa yang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaatnya yaitu dapat menurunkan risiko terserang penyakit kronis.

Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat dalam minyak zaitun juga terbukti dapat melawan sel-sel penyebab kanker dan mengatasi efek polusi dari tubuh. Agar bisa mendapatkan berbagai manfaat dari minyak zaitun tersebut, pastikan untuk mengkonsumsinya secara rutin.

3 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

1. Menyembuhkan Jerawat
Salah satu manfaat minyak zaitun untuk kecantikan yang ternyata masih jarang diketahui yaitu dapat menyembuhkan jerawat. Seperti yang diketahui minyak zaitun kaya dengan vitamin E yang berfungsi untuk memberikan nutrisi untuk kulit dan rambut. Selain itu, sifat inflamasi yang terdapat dalam minyak ini juga berguna untuk menyembuhkan masalah jerawat hingga bekas-bekasnya.

2. Atasi Kulit Kering
Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E yang lebih besar dibandingkan dengan minyak-minyak lainnya. Selain itu, minyak ini juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Nah, bagi Anda yang memiliki masalah kulit kering, minyak zaitun bisa menjadi solusi yang paling tepat. Minyak zaitun sendiri dipercaya mampu menggantikan fungsi dari body lotion yaitu melembapkan kulit secara merat.

3. Memutihkan Wajah
Memiliki wajah putih dan segar tentu menjadi dambaan semua wanita yang ada di dunia. Untuk mendapatkan kulit yang putih bisa memanfaatkan minyak zaitun. Kandungan zat polifenol yang terdapat dalam minyak zaitun dapat melindungi sel-sel kulit radikal bebas, paparan ultraviolet, dan lain sebagainya.

Demikian ulasan singkat terkait manfaat minyak zaitun dari TipsKes.com. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan"