Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Manfaat Minyak Kemiri dan Cara Praktis Membuatnya

TipsKes.com | Kemiri merupakan buah dari pohon kemiri yang tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Berbicara tentang kemiri, pasti yang pertama kali terlintas dalam pikiran kita yaitu terkait kesehatan rambut. Hal tersebut ternyata bukan hanya mitos belaka mengingat banyaknya produk perawatan rambut yang komposisinya menggunakan minyak kemiri. Lantas apa saja manfaat minyak kemiri? Berikut penjelasan yang dirangkum oleh tipskes.


Manfaat Minyak Kemiri Bagi Kesehatan Rambut

4 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Rambut

1. Mencegah Rambut Kering
Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, minyak kemiri memiliki manfaat yang sangat banyak. Salah satu manfaatnya yaitu dapat mencegah rambut kering. Kandungan asam amino dan asam lemak pada minyak kemiri dapat menembus hingga ke dalam lapisan kulit kepala. Sehingga tidak heran jika minyak kemiri dapat membuat rambut terlihat lebih sehat dan tidak kering.

Untuk Anda yang memiliki masalah rambut kering, maka sebaiknya Anda perlu menggunakan minyak kemiri mulai dari sekarang. Agar bisa mendapatkan khasiatnya secara maksimal, pastikan untuk menggunakannya secara rutin.

2. Menumbuhkan Rambut
Bagi Anda yang memiliki masalah rambut misalnya rambut yang terlalu sedikit, maka Anda bisa menumbuhkan nya dengan menggunakan minyak kemiri. Hal tersebut diperkuat oleh banyaknya penelitian yang menyebutkan manfaat minyak kemiri. Salah satunya dantaranya yaitu dapat menumbuhkan dan mengatasi masalah rambut rontok.

Nah, bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok segera atasi dengan minyak kemiri sebelum kondisinya semakin parah. Dengan menggunakan minyak ini secara rutin maka Anda tidak perlu khawatir dengan masalah rambut rontok yang sangat mengganggu.

3. Mencegah Ketombe
Selain masalah rambut rontok, ketombe juga menjadi salah satu masalah yang seringkali membuat seseorang tidak percaya diri. Perlu diketahui, minyak kemiri tidak hanya dapat melembapkan rambut tetapi juga menyehatkan kulit kepala. Seperti yang diketahui salah satu penyebab munculnya ketombe yaitu kondisi kulit kepala yang kering dan tidak sehat.

Oleh karena itu Anda perlu menutrisi rambut agar kondisinya tidak semakin parah. Salah satu caranya dengan menggunakan minyak kemiri. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membuatnya sendiri, maka bisa langsung membelinya di toko atau supermarket terdekat.

4. Menghitamkan Rambut
Tahukah Anda, khasiat minyak kemiri tidak hanya dapat menutrisi dan menyehatkan rambut saja tetapi juga ada manfaat lainnya. Satu lagi manfaat minyak kemiri yang ternyata masih belum banyak diketahui yaitu dapat menghitamkan rambut dengan cepat. Untuk bisa mendapatkan hasil secara maksimal, Anda perlu menggunakan minyak kemiri secara rutin.

Meskipun hasilnya tidak sebaik cat rambut, minyak ini terbukti lebih efektif menghitamkan rambut dibandingkan dengan bahan alami lainnya. Nah, bagi Anda yang memiliki rambut kusam, pastikan untuk segera menggunakan minyak kemiri untuk mengatasinya.

Cara Membuat Minyak Kemiri dengan Mudah dan Praktis

1. Dengan Cara Dibakar
Tahukah Anda ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat minyak kemiri ini. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu membuatnya sendiri di rumah dengan cara dibakar. Bagaimana proses pembuatannya?

Pertama biji kemiri yang sudah Anda siapkan dibakar hingga berwarna kehitaman dan kemudian di blender atau digerus dengan menggunakan cobek. Selanjutnya Anda bisa menggunakan saringan kawat atau lap untuk memisahkan antara minyak dengan ampas kemirinya. Minyak yang sudah dipisahkan dari ampasnya itulah yang bisa Anda gunakan untuk menutrisi rambut.

2. Dengan Cara Disangrai
Cara selanjutnya untuk bisa mendapatkan manfaat minyak kemiri secara maksimal yaitu dengan cara disangrai. Untuk proses yang kedua bisa dikatakan jauh lebih mudah dibandingkan dengan cara yang pertama. Anda hanya perlu memasak minyak kemiri pada wajan tanpa menggunakan minyak. Sangrai dengan menggunakan api sedang hingga warna kemiri berubah menjadi kehitam-hitaman.

Jika sudah, Anda bisa menumbuk atau memblendernya hingga keluar cairan minyak yang terkandung di dalam buah kemiri tersebut. Selanjutnya saring dengan menggunakan saringan kawat atau lap bersih untuk memisahkan minyak kemiri dari ampasnya.

3. Dengan Cara Dioven
satu lagi cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat dari minyak kemiri yaitu memasaknya dengan cara dioven. Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu memanaskan biji kemiri dalam oven selama 15 menit. Selanjutnya keluarkan dari oven dan tunggu beberapa saat hingga dingin. Kemudian tumbuk biji kemiri tersebut dan masukkan ke dalam wadah atau toples kaca.

Tidak hanya sampai di situ saja, Anda perlu menjemurnya di bawah sinar matahari hingga minyak kemiri benar-benar keluar. Biasanya dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar 2 minggu untuk bisa mendapatkan hasilnya.

Nah, itulah sedikit penjelas singkat tentang manfaat minyak kemiri beserta cara membuatnya dengan benar. Jika Anda memiliki waktu untuk membuatnya sendiri di rumah, pastikan untuk mempraktikkan beberapa cara di atas. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "4 Manfaat Minyak Kemiri dan Cara Praktis Membuatnya"