Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Menjaga Kesehatan Saat Umroh, Caljam Wajib Tahu!

8 Tips Menjaga Kesehatan Saat Umroh, Caljam Wajib Tahu!
Umrah adalah salah satu ibadah yang dijalankan oleh umat muslim dengan mengunjungi Ka'bah di Mekkah, Arab Saudi. Ibadah yang biasa disebut haji kecil ini bisa dilakukan kapan saja kecuali pada puncak kegiatan haji.

Apakah Anda akan melaksanakan umrah dalam waktu dekat? Jika iya, tetaplah dihalaman ini karena pada kesempatan ini TipsKes.com akan membahas tips menjaga kesehatan saat umroh yang insya allah bisa bermanfaat bagi Anda.

Satu hal yang harus diketahui oleh calon jamaah Arab Saudi memiliki iklim yang berbeda dengan iklim di Indonesia. Kondisi geografis yang berupa gurun, menjadikan udara sangat kering dan juga panas. Oleh sebab itulah, tubuh akan melakukan penyesuaian terhadap iklim.

Hal tersebut tentu berdampak pada imunitas tubuh. Lalu bagaimana cara agar kesehatan tubuh tetap terjaga saat menjalankan ibadah umrah? Simak tips nya berikut ini;

8 Tips Menjaga Kesehatan Saat Umroh


Berikut ini 8 hal yang sebaiknya Anda lakukan selama menjalankan ibadah umroh agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

1. Selalu Pakai Masker
Sebagai upaya pencegahaan terhadap penyakit menular selalu gunakan masker selama berada di tanah suci. Selain itu, memakai masker juga dapat melindungi diri dari ancaman debu yang bisa menyebabkan penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

2. Rutin Mencuci Tangan
Virus dan bakteri banyak bersarang di tangan Anda meskipun terlihat bersih. Cara mencegah virus dan kotoran memasuki tubuh kita dapat dilakukan dengan mencuci tangan menggunakan sabun secara rutin. Hal ini wajib dialkukan terutama setelah buang air, beraktivitas di luar ruangan, dan sebelum makan.

Biasanya pihak hotel menyediakan fasilitas cuci tangan dengan sabun. Untuk berjaga-jaga bila tidak menemukan tempat untuk mencuci tangan Anda juga dapat membawa cairan antiseptik.

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih
Udara di Kota suci Mekkah dan Madinah memiliki kelembapan udara yang sangat rendah. Hal ini mengakibatkan jamaah umroh sangat rentan mengalami dehidrasi saat berada di dua kota suci tersebut. Untuk mencegah dehidrasi, sebaiknya minum air putih yang cukup. Jumlah air yang dianjurkan untuk diminum yaitu 2 liter air putih dalam sehari.

Air putih bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Selain itu, konsumsi air putih yang cukup dapat mengurangi risiko jet lag pasca penerbangan umroh yang sangat panjang. Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi air dingin atau air es.

4. Membawa Obat-Obatan Sesuai Kebutuhan
Meski pihak pihak travel Penyelenggara Ibadah Umrah (PPIU) menyediakan obat-obatan, sangat dianjurkan membawa obat-obatan sendiri sesuai kebutuhan, terutama bagi yang memiliki riwayat penyakit khusus yang harus mengkonsumsi obat secara rutin.

5. Menjaga Pola Makan
Biasanya ketika sampai di tanah suci Arab Saudi ada jamaah umroh yang kehilangan nafsu makan karena masakan di sana kurang pas di lida. Namun hal ini tidak bisa menjadi alasan untuk tidak makan. Jagalah pola makan Anda agar tetap bertenaga dan fit selama menjalankan ibadah umroh. Sebab ibadah umroh membutuhkan tenaga yang cukup besar untuk menjalaninya. Anda juga memerlukan zat gizi yang cukup untuk menjaga kekebalan tubuh.

Pastikan makanan dan minuman yang dikonsumsi mencukupi asupan gizi tubuh Anda. Jika perlu, konsumsilah suplemen penambah nutrisi. Jangan lupa untuk perbanyak buah dan sayuran juga. Ini merupakan tips menjaga kesehatan saat umroh yang kelima.

6. Istirahat dan Tidur yang Cukup
Ibadah umroh memerlukan tenaga yang besar untuk menjalaninya. Selain aktivitas ibadah yang panjang, kondisi udara dan cuaca di sana sangat berbeda dengan Indonesia. Hal ini memaksa tubuh Anda untuk beradaptasi dan membutuhkan banyak energi untuk melakukannya.

Tips menjaga kesehatan saat umroh yang keenam yaitu jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan aktivitas ibadah yang berlebihan. Perhatikan waktu istirahat dan waktu tidur Anda. Jangan sampai kurang istirahat membuat kondisi kesehatan menjadi drop. Jika kondisi kesehatan ngedrop dikhawatirkan menjalankan ibadah menjadi kuarang optimal.

7. Memakai Sun-block dan Pelembap Bibir
Kelembapan udara yang sangat rendah serta udara yang kering membuat kulit mudah kehilangan kelembapan. Gunakanlah body lotion untuk menjaga kelembapan kulit. Pakailah juga pelembap bibir supaya bibir tidak kering dan pecah-pecah.

Di tanah suci, matahari bersinar sangat terik. Oleh sebab itu, para jamaah disarankan untuk menggunakan sun block. Sun block berguna untuk melindungi kulit Anda dari sengatan cahaya matahari agar tidak terbakar. Anda bisa membawa lotion, pelembap bibir, dan sun block dari tanah air maupun membelinya setelah sampai di tanah suci.

8. Lapor Kepada Petugas jika Sakit
Tips berikutnya adalah segera lapor kepada petugas travel penyelenggara jika Anda merasakan sakit atau gangguan kesehatan. Petugas akan segera memberikan penanganan yang tepat. Jangan memaksakan diri apabila Anda merasa kurang fit.

Itulah 8 tips menjaga kesehatan saat umroh yang wajib Anda ketahui. Badan sehat akan meningkatkan khusyuknya ibadah. Semoga bermanfaat,,,

Posting Komentar untuk "8 Tips Menjaga Kesehatan Saat Umroh, Caljam Wajib Tahu!"