Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh

TipsKes.com | Orang tua kita zaman dulu sering mengatakan kalau mulut sariawan pasti karena kekurangan vitamin C. Meskipun tidak sepenuhnya benar karena sariawan bisa disebabkan hal lainnya tetapi pendapat tersebut juga tidak salah. Sariawan bisa terjadi karena imunitas tubuh yang rendah dan salah satu manfaat mengkonsumsi vitamin C adalah meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat Mengkonsumsi Vitamin C

Vitamin C atau Asam Askorbat merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh terutama saat sedang sakit. Hanya saja masalahnya vitamin C tidak bisa diproduksi sendiri di dalam tubuh sehingga membutuhkan asupan dari luar. Kebutuhan vitamin C tubuh bisa dipenuhi melalui makanan dan juga bisa menggunakan suplemen yang dijual bebas di pasaran.

Vitamin C merupakan salah satu agen penangkal radikal bebas yang menyerang tubuh sehingga saat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan. Apa saja manfaat mengkonsumsi vitamin C bagi kesehatan? Cek ulasannya di bawah ini.

7 Manfaat dan Keuntungan Konsumsi Vitamin C

1. Sumber Antioksidan yang Bagus
Paparan radikal bebas yang disebabkan oleh polusi udara dan lainnya bisa menjadi masalah besar bagi tubuh kita. Akibat paparan radikal bebas yang terjadi setiap hari bahkan tubuh bisa terserang penyakit berbahaya seperti kanker. Selain itu efek radikal bebas juga akan merusak sel-sel kulit sehingga membuatnya mudah keriput, jerawat dan masalah lainnya.

Yang Anda butuhkan untuk mengatasi semua masalah di atas adalah antioksidan salah satunya adalah dari vitamin C. Antioksidan akan membantu tubuh mengatasi efek buruk dari radikal bebas. Sehingga secara tidak langsung manfaat mengkonsumsi vitamin C adalah membantu tubuh mengatasi radikal bebas. Vitamin C merupakan nutrisi sumber antioksidan yang bagus untuk tubuh.

2. Menjaga Kekebalan Tubuh dan Mempercepat Pemulihan
Kebutuhan vitamin C akan berbeda-beda pada setiap orang tergantung dari kondisi kesehatannya saat itu. Orang yang sehat hanya membutuhkan sekitar 500 miligram (mg) vitamin C setiap harinya. Sedangkan pada orang yang sakit dosis yang dibutuhkan bisa saja lebih besar. Mengapa demikian? Karena orang yang sedang sakit membutuhkan vitamin C untuk memulihkan sel-sel tubuh yang rusak.

Jadi vitamin C memang akan sangat membantu penyembuhan dan pemulihan pada orang yang sedang sakit. Sedangkan pada orang yang sehat fungsi dari vitamin C adalah membantu menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Sebaiknya rasakan manfaat konsumsi vitamin C setiap hari sebelum terlanjur terserang penyakit seperti flu misalnya.

3. Membantu Penyerapan Zat Besi
Tahukah Anda bahwa di dalam tubuh vitamin C dan zat besi akan saling bekerjasama agar bisa terserap secara maksimal. Ya, zat besi akan lebih mudah dan lebih cepat diserap tubuh jika kebutuhan vitamin C telah terpenuhi. Pada kondisi tertentu dimana sel darah merah menurun ada baiknya Anda memperbanyak konsumsi vitamin C. Misalnya pada masa menstruasi atau nifas.

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Manfaat mengkonsumsi vitamin C yang lainnya yaitu untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain membutuhkan mineral kalsium, tulang dan gigi akan lebih sehat dengan kecukupan vitamin C. Selain itu vitamin C juga membantu meningkatkan kondisi pembuluh darah termasuk pada gusi. Sehingga tidak mengherankan jika gusi berdarah bisa sembuh dengan konsumsi vitamin C.

5. Mencegah Serangan Penyakit Berbahaya
Orang zaman sekarang lebih mudah terkena penyakit berbahaya yang cukup mematikan meskipun seperti stroke dan jantung meskipun masih muda usianya. Kondisi tersebut memang dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat serta tingkat polusi yang tinggi. Tindakan pencegahan yang mudah untuk dilakukan adalah dengan rajin memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh sehingga imunitasnya lebih tinggi.

Vitamin C merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar bisa terhindar dari serangan penyakit yang mematikan tersebut. Sistem kerjanya adalah dengan menjaga kondisi pembuluh darah sehingga bisa terhindar dari serangan stroke dan penyakit jantung. Selain kedua penyakit mematikan tersebut vitamin C juga akan mencegah katarak dan masalah pada empedu.

6. Meningkatkan Produksi Kolagen
Inilah manfaat mengkonsumsi vitamin C yang sangat disukai oleh kaum hawa karena bisa mempertahankan kondisi kecantikan kulit. Ya, salah satu fungsi dari vitamin C di dalam tubuh adalah meningkatkan produksi kolagen. Jumlah kolagen yang tinggi akan menjaga elastisitas kulit sehingga akan terlihat awet muda. Selain itu kolagen juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan pada luka.

7. Mengatasi Peradangan Kulit
Salah satu kasus peradangan yang sering terjadi pada kulit adalah jerawat. Ternyata konsumsi vitamin C secara teratur akan membantu kulit mengatasi masalah peradangan tersebut. Saat wajah sedang berjerawat tingkatkan konsumsi vitamin C Anda agar lebih cepat kering dan sembuh.

Selain manfaat baik yang sangat banyak dari vitamin C yang tidak boleh Anda kesampingkan adalah dosis konsumsi yang tepat. Meskipun sangat bermanfaat bagi tubuh tapi konsumsi dalam jumlah yang berlebihan kurang baik untuk kesahatan tubuh. Agar tidak kelebihan mengkonsumsi vitamin C, dikutip dari situs alodoktor.com berikut asupan maksimal yang aman:

  • Usia 1-3 tahun 400mg/hari
  • Usia4-8 tahun 650mg/hari
  • Usia9-13 tahun 1200mg/hari
  • Usia14-18 tahun 1800mg/hari
  • Usia19 tahun ke atas 2000mg/hari
Dengan dosis yang tepat maka manfaat mengkonsumsi vitamin C bisa optimal.

Posting Komentar untuk "Inilah Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh"