Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENTING! Inilah 7 Manfaat Jahe Untuk Kesahatan Tubuh

TipsKes.com | Manfaat jahe mungkin sebagian orang mengetahui hanya sebatas untuk mengobati masuk angin saja. Padahal rempah herbal dengan rasa pedas tersebut memiliki manfaat yang lebih banyak lagi dalam menjaga kesehatan tubuh. Meminum air jahe secara teratur juga dipercaya akan membantu tubuh dalam mengatasi serangan berbagai penyakit karena jahe memiliki antibiotik alami didalamnya.


Manfaa-Jahe-Untuk-Kesehatan-Tubuh

Beragam Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

1. Meredakan Rasa Nyeri
Orang zaman dulu seperti kakek nenek kita sering menggunakan parutan jahe untuk mengurut bagian tubuh yang keseleo atau cedera. Meskipun hanya berasal dari kebiasaan tapi cara tersebut sudah benar dan terbukti secara ilmiah. Di dalam jahe terdapat fenol dan gingerol, 2 senyawa kimiawi yang berfungsi sebagai anti nyeri dan untuk meredakan rasa sakit.

Kedua senyawa dalam jahe tersebut juga bermanfaat untuk mengatasi rasa kram pada lambung dan meredakan rasa nyeri dan kram karena haid. Jahe juga sangat baik untuk mengurangi rasa nyeri akibat berolahraga.

2. Mengurangi Alergi
Manfaat minum air jahe yang lainnya adalah untuk mengurangi alergi yang menyerang tubuh. Jahe memiliki sifat sebagai anti radang yang bisa mencegah reaksi alergi pada tubuh. Anda bisa mengkonsumsinya bersama dengan teh, madu atau susu jika kurang suka dengan rasa pedas jahe.

3. Menurunkan Berat Badan
Kalau Anda adalah seorang pecinta minuman teh dan sedang ingin menurunkan berat badan gunakan saja air jahe. Memang teh hijau juga bisa digunakan sebagai minuman untuk mengurangi bobot tubuh tapi rasanya cenderung pahit. Tidak suka dengan teh rasa teh hijau Anda bisa menggantinya dengan teh hitam yang dicampur air jahe. Untuk rasa manis bisa menggunakan madu sebagai pengganti gula.

Usaha menurunkan berat badan juga bisa dilakukan dengan minum campuran air jahe dan jeruk nipis. Manfaat minum air jahe dan jeruk nipis tersebut berfungsi untuk menghancurkan lemak dalam tubuh dan memperlancar metabolisme. Kedua hal tersebut yang akan membuat berat badan bisa berkurang.

4. Untuk Menambah Energi
Bukan hanya sebagai minuman pengurang berat badan saja, campuran air jahe dan jeruk nipis juga sangat bermanfaat sebagai penambah energi. Jahe akan berfungsi sebagai penghangat tubuh sedangkan jeruk nipis merupakan sumber vitamin C. Fungsi vitamin C sendiri adalah untuk menjaga daya tahan tubuh. Perpaduan dari keduanya akan menghasilkan minuman penambah energi bagi tubuh.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Tindakan pencegahan jauh lebih bagus dan efektif dibandingkan jika kita harus melakukan pengobatan pada penyakit. Terlebih pada jenis penyakit berbahaya dan mematikan seperti jantung. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung jauh lebih baik daripada harus mengobatinya jika sudah terlanjur terserang.

Tahukah Anda bahwa ternyata salah satu kehebatan dari manfaat minum air jahe adalah untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Semua itu bisa terjadi karena jahe mengandung asam amino, mineral dan antioksidan tinggi. Rajin minum air jahe akan membantu Anda menurunkan kadar kolesterol, melancarkan sirkulasi darah serta menurunkan tekanan darah.

6. Mencegah Rasa Mual
Seorang wanita yang sedang mengalami morning sick atau muntah-muntah karena hamil muda bisa diatasi dengan minum air jahe. Campuran air jahe dan madu terbukti ampuh untuk mencegah datangnya rasa mual yang bisa menyebabkan muntah. Minum secangkir air jahe yang dicampur dengan madu akan menenangkan dan mengurangi gejolak yang terjadi di dalam perut.

Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian ilmiah yang pernah dilakukan terbukti senyawa dalam jahe bisa meningkatkan respon pencernaan dalam mengosongkan lambung. Jika lambung kosong rasa mual bisa dikurangi dan muntah bisa dicegah. Itulah fakta dibalik manfaat minum air jahe dan madu yang sudah banyak terbukti. Rasa mual karena mabuk perjalanan juga bisa diatasi dengan cara tersebut.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker
Fakta lainnya dari manfaat mengkonsumsi air jahe secara rutin adalah turunnya risiko seseorang terserang kanker gastrointestinal. Orang yang rajin minum air jahe dicampur dengan madu terbukti akan lebih jarang terkena berbagai jenis penyakit kanker gastrointestinal. Kanker gastointestinal bisa menyerang pada organ lambung, pankreas dan hati yang semuanya bisa mengakibatkan pada kematian.

Rasakan sendiri bagaimana manfaat minum air jahe dan madu yang sangat bagus dalam menurunkan risiko Anda menderita kanker pada organ-organ tersebut. Minum air jahe yang dicampurkan dengan madu menjadi cara mudah, enak dan praktis untuk menjaga kesehatan. Kanker hati, pankreas dan lambung cukup banyak menjadi penyebab kematian pada manusia.

Posting Komentar untuk "PENTING! Inilah 7 Manfaat Jahe Untuk Kesahatan Tubuh"