Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Daun Sirih untuk Beragam Jenis Penyakit

TipsKes.com | Daun sirih bisa dijadikan obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Mulai dari mimisan hingga penyakit lainnya bisa disembuhkan dengan daun sirih, asal sabar dan terus berusaha.

Cara menggunakannya sebagai obat juga macam-macam, bisa direbus direbus terlebih dahulu atau diaplikasikan sebagai kompres.


Gambar: klikdoter.com

Jadi jangan ragu lagi menyetok daun sirih sebagai perlengkapan pertama jika anggota keluarga sedang mengalami sakit tertentu. Cara menanamnya juga cukup mudah, bisa menggunakan pot sebagai wadahnya.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui apa saja manfaat dari daun sirih, berikut akan kami bahas berbagai khasiat daun sirih yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Manfaat Daun Sirih untuk Berbagai Macam Penyakit

1. Anti Kanker
Sejauh ini kanker menjadi salah satu momok menakutkan yang harus diwaspadai oleh manusia. Begitu banyak bahan makanan dan minuman yang bisa memicu tumbuhnya sel kanker. Kabar baiknya, ada cara alami mencegah tumbuhnya sel kanker tersebut, yaitu dengan memanfaatkan khasiat daun sirih yang luar biasa.

Daun sirih mengandung sejumlah phytochemical, yaitu merupakan bahan kimia yang ampuh untuk meningkatkan kesehatan. Daun sirih juga mengandung sumber antioksidan yang melimpah, sehingga bisa menghalau radikal bebas dan membasmi pertumbuhan dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh. Cara konsumsinya bisa dengan merebus 10 lembar daun sirih lalu dicampur dengan madu

2. Meredakan Sembelit
Jika Anda memiliki masalah pencernaan semisal sulit buang air besar atau sembelit, maka solusi mudahnya adalah dengan mengonsumsi rebusan daun sirih. Rebusan daun sirih yang mengandung zat antioksidan sangat ampuh untuk menghilangkan radikal bebas dalam tubuh manusia, sehingga pH perut kembali menjadi normal. Cukup minum jus/rebusan daun sirih saat perut kosong dan sembelit akan hilang.

3. Anti Septik
Manfaat daun sirih berikutnya adalah sebagai antiseptik alami tanpa efek samping yang sangat luar biasa. Hal ini karena daun sirih mengandung polifenol yang sangat ampuh melindungi luka dari bakteri dan kuman. Dengan mengaplikasikan daun sirih pada luka, maka luka tersebut akan steril sehingga bebas dari kuman jahat. Hal ini juga akan mempercepat proses penyembuhan kuman tersebut.

Kandungn minyak atsiri dalam daun sirih memang mengandung zat antibakteri, jadi luka tidak akan terkena infeksi setelah dibaluri dengan daun sirih. Selain itu, daun sirih juga bisa digunakan untuk meredakan sakit akibat radang sendi. Caranya pengobatannya juga sama, yaitu dengan mengaplikasikan daun sirih pada bagian tubuh yang terkena radang sendi atau orkitis.

4. Meredakan Asma
Untuk Anda yang mendarita sakit pernafasan seperti asma, maka sangat dianjurkan berobat secara alami menggunakan daun sirih. Daun kaya akan khasiat ini memang ampuh untuk mengobati sakit akibat peradangan seperti asma. Dengan meminum rebusan/jus daun sirih yang mengandung antioksidan, maka asma tidak akan kambuh lagi.

Fakta ini bukan sekedar omong kosong karena sudah diteliti secara ilmiah. Penelitian tersebut membuktikan bahwa dalam daun sirih terdapat aktivitas yang disebut dengna antihistamin, yang mana bisa menurunkan kasus asma bronkial. Kandungan polifenol sebagai zat anti inlflamasi di dalamnya juga ampuh membantu meredakan serangan asma.


5. Meredakan Sakit Punggung
Untuk Anda yang sering mengeluh mengalami sakit punggung dan pinggang, maka bisa mengaplikasikan daun sirih pada bagian yang sakit tersebut. selain nyeri otot, daun sirih juga bisa menghilangkan kemerahan pada tubuh dan pembengkakan. Caranya mudah, cukup dengan memijat bagian yang sakit dengan minyak sirih yang dicampur dengan minyak kelapa murni.

6. Meningkatkan Kesehatan Mulut
Bisa meningkatkan kesehatan mulut adalah salah satu manfaat daun sirih yang banyak. Hal ini sudah dibuktikan para orang tua zaman dahulu yang sering mengunyah daun sirih untuk menyehatkan mulut dan gigi. Daun sirih memang mengandung zat anti bakteri yang bisa membunuh patogen yang ada di mulut yang bisa menyebabkan infeksi dan karies gigi.

Selain itu, daun sirih juga sangat populer digunakan sebagai bahan untuk menyegarkan mulut. Imbasnya mulut akan terasa lebih segar dan bau nafas selalu harum. Cara mengaplikasikannya mudah, ambil secangkir air hangat yang dicampur dengan setetes minyak daun sirih setiap hari.

7. Mengurangi Asam Lambung
Asam lambung adalah kondisi di mana asam lambung naik menuju kerongkongan yang akan membuat nyeri ulu hati dan memberikan sensasi terbakar di dada. Nah, manfaat daun sirih salah satunya adalah untuk menghambat pembentukan lesi lambung, meningkatkan produksi lendir lambung dan mengurangi volume sekresi asam lambung.

Jadi dengan mengonsumsi rebusan daun sirih secara rutin, asam lambung akan sembuh secara alami. Selain itu, kandungan polifenol dan fitokimia dalam daun sirih juga sangat ampuh untuk melindungi lapisan dalam usus sehingga tahan terhadap racun dan iritasi lainnya.

Demikianlah ulasan tentang manfaat daun sirih untuk mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Dengan khasiat yang begitu banyak tersebut, jangan ragu lagi beralih ke gaya hidup serba herbal dengan mengonsumsi daun sirih secara teratur.

Posting Komentar untuk "7 Manfaat Daun Sirih untuk Beragam Jenis Penyakit"