Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 7 Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan Tubuh Kita!

TipsKes.com | Manfaat beras merah sudah diketahui oleh masyarakat luas, teutama bagi orang-orang yang sedang malukan program diet. Meski rasanya tidak seenak olahan beras putih, mengonsumsi beras merah dinilai lebih unggul dibanding dengan beras putih. Karena faktanya beras merah memang memiliki nilai gizi lebih tinggi dibanding dengan beras putih.

Manfaat-Beras-Merah-Untuk-Kesahatan-Tubuh-dan-Nilai-GizinyaGambar: Orami.co.id, 31/01/2021
Berdasarkan data yang di kutip dari laman panganku.org, berikut komposisi gizi beras merah,

Komposisi Gizi Beras Merah /100 g

  • Air (Water) : 64.0 g
  • Energi (Energy) : 149 Kal
  • Protein (Protein) : 2.8 g
  • Lemak (Fat) : 0.4 g
  • Karbohidrat (CHO) : 32.5 g
  • Serat (Fibre) : 0.3 g
  • Abu (ASH) : 0.3 g
  • Kalsium (Ca) : 6 mg
  • Fosfor (P) : 63 mg
  • Besi (Fe) : 0.8 mg
  • Natrium (Na) : 5 mg
  • Kalium (K) : 91.4 mg
  • Tembaga (Cu) : 0.20 mg
  • Seng (Zn) : 0.9 mg

Selain nilai gizi diatas, kandungan lain yang terdapat pada beras merah adalah antioksidan. Seperti yang kita ketahui antioksidan adalah senyawa yang mampu melindungi tubuh dari oksidatif (oxidative stress) akibat kelebihan radikal bebas. Jika dibiarkan, oksidatif (oxidative stress) bisa menyababkan tubuh terserang berbagai penyakit kronis.

7 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan Tubuh

Seperti yang sudah kita ketahui, ada banyak sekali manfaat beras merah untuk keshatan tubuh. Apa saja manfaat berat merah untuk tubuh? Berikut 7 diantaranya.

1. Mengontrol Diabetes
Diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang harus diwaspadai oleh manusia. Penyakit ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan sistem pencernaan atau metabolisme. Penyakit ini muncul ketika tubuh tidak bisa lagi memproduksi insulin sehingga gula darah dalam tubuh meningkat yang mana menyebabkan penyakit diabetes.

Bagi penderita penyakit diabetes, sangat disarankan untuk mengonsumsi beras ini sebagai sumber karbohidrat. Dibandingkan dengan beras putih, beras merah ini memiliki kandungan gula yang rendah yang bagus untuk dikonsumis penderita diabetes. Selain itu, beras merah juga mengandung asam fitat dan serat yang tinggi, pasti gula darah dalam tubuh akan terkontrol dengan baik.

2. Detoksifikasi Racun
Manfaat beras merah berikutnya adalah sebagai alat Detoksifikasi semua racun yang ada pada tubuh manusia. Disadari atau tidak, semua hal yang masuk ke dalam tubuh manusia mulai dari makanan, minuman hingga udara pasti mengandung kuman dan bakteri dari lingkungan sekitar. Hal tersebut jika terus-menerus dibiarkan maka akan menyebabkan berbagai macam penyakit yang berbahaya seperti tipus.

Salah satu cara untuk menghindari hal tersebut adalah dengan Detoksifikasi, yaitu dengan beras merah. Beras merah memang mengandung antioksidan yang ampuh untuk mengeluarkan racun dari tubuh manusia. Racun berupa kuman dan bakteri tersebut nantinya akan keluar dalam bentuk feses dan urin. Jadi sekarang jangan ragu lagi beralih mengonsumsi beras merah.

3. Mencegah Penyakit Jantung
Beras merah juga terbukti ampuh untuk meminimalisir risiko terkena penyakit jantung. Penyakit jantung adalah salah satu penyakit paling berbahaya karena jika jantung berhenti berfungsi maka pemiliknya bisa dipastikan tidak bernyawa. Oleh karena itu, mulai sekarang laksanakan pola hidup sehat dengan mengonsumsi beras merah.

Kenapa harus beras merah? Jawabannya adalah karena beras merah mengandung serat dan antioksidan yang begitu melimpah. Kadua zat ini memang sangat ampuh untuk membersihkan plak yang terkumpul dalam arteri. Arteri yang besih dari plak akan membuat aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh akan lancar, sehingga penyakit jantung bisa dihindari.

4. Memaksimalkan Produksi ASI
Beras merah juga bermanfaat bagi ibu menyusui, yaitu bisa memaksimalkan produksi ASI sehingga si kecil tercukupi nutrisinya dengan sempurna. Biasanya ibu yang baru saja melahirkan membutuhkan waktu agak lama untuk memulihkan kesehatannya yang menyebabkan produksi ASI bisa saja terganggu.

Namun dengan mengonsumsi beras merah, kelenjar susu akan terangsang sehingga ASI bisa keluar dengan maksimal. Nah, ASI yang bisa keluar secara maksimal juga akan berdampak pada tumbuh kembang si kecil di masa-masa paling krusial tersebut.

5. Memelihara Sistem Metabolisme Tubuh
Manfaat beras merah selanjutnya adalah untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh manusia. Seperti yang telah disebutkan di atas, beras merah kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk pencernaan. Sistem pencernaan yang baik akan mengindarkan tubuh dari penyakit seperti maag, sembelit, kembung hingga diare.

Selain itu, karena mengandung serat yang melimpah, beras merah juga bagus untuk Anda yang sedang melaksanakan prgogram diet. Hal ini karena kandungan serat di dalamya akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak akan tergoda untuk makan. Jangan lupa iringi juga dengan olahraga secara rutin agar program diet terlaksana dengan baik.

6. Menurunkan Kolestrol
Kolestrol yang jahat dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis yang sulit disembuhkan seperti stroke, jantung dan diabetes. Agar terhindar dari penyakit mematikan tersebut maka Anda harus menjalankan pola hidup sehat, mulai dari kebiasaan hingga makanan.

Makanan-makanan sehat paling disarankan agar Anda terhindar dari penyakit tersebut salah satunya adalah beras merah. Hal ini karena beras merah mengandung asam gamma-aminobutyric yang populer sebagai zat ampuh yang bisa mengurangi kadar kolestrol pada tubuh manusia.

7. Mencegah Kanker
Bisa mencegah kanker juga merupakan salah satu manfaat beras merah yang patut disyukuri. Menambahkan beras merah sebagai opsi wajib menu harian Anda sungguh bermanfaat agar Anda dan keluarga terhindar dari kanker. Kandungan antioksidan di dalamnya memang ampuh mencegah tumbuhnya sel kanker sekaligus penyebarannya dalam tubuh.

Demikianlah ulasan tentang manfaat beras merah, yang salah satunya adalah untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh kita. Kandungan serat yang melimpah di dalamnya juga membuah beras merah menjadi sumber asupan karbohidrat yang menyehatkan. Semoga bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Inilah 7 Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan Tubuh Kita!"