Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 7 Manfaat Beras Kencur Bagi Kesehatan Tubuh Kita

TipsKes.com | Beras kencur adalah nama jamu atau minuman ramuan penyegar yang terbuat dari beras, rimpang dan kencur. Beras kencur rasanya tidak pahit seperti ramuan jamu lainnya. Rasanya enak, bahkan anak kecil pun banyak yang menyukai minuman ini. Meminum beras kencur secara teratur dipercaya akan membuat tubuh segar, bugar dan sehat, insya Allah.

Selain itu, ada banyak manfaat lain yang terdapat dalam minuman beras kencur. Penasaran? Yuk langsung saja disimak ulasannya dibawah ini.


Manfaaf Beras Kencur Untuk Kesehatan TubuhGambar: Faseberita.id

Manfaat Beras Kencur Untuk Kesehatan

1. Menambah Stamina
Salah satu manfaat dari jamu beras kencur yang paling populer adalah dapat menambah stamina tubuh manusia. Anda bisa meminum jamu beras kencur secara teratur pada malam hari, dan rasakan kesegaran tubuh penuh energi keesokan harinya. Kencur memang mengandung zat yang dapat membantu meningkatkan energi dan kesadaran serta mengatasi kelelahan.

Jamu beras kencur juga ampuh untuk memberikan rangsangan pada sistem yang berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Jadi tubuh akan tidak mudah sakit karena sistem imunnya meningkat. Jamu ini juga cocok untuk dikonsumsi anak-anak karena bisa meningkatkan nafsu makan mereka.

2. Cocok untuk Program Diet
Manfaat beras kencur selanjutnya adalah bisa diminum untuk membantu program diet yang sedang Anda jalankan. Beras kencur memang mengandung zat yang bisa membakar kalori dan lemak yang ada pada tubuh manusia. Jadi meminum jamu beras kencur secara teratur dan dibarengi olahraga yang rutin akan membantu Anda mendapatkan tubuh yang langsing dan ideal.

3. Mengurangi Glukosa dalam Darah
Diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang berbahaya yang akan membuat penderitanya senewan karena begitu banyak pantangan yang harus dijauhi. Diabetes adalah kondisi di mana tubuh tidak bisa memproduksi insulin lagi sehingga tidak bisa mengontrol kadar gula dalam darah atau glukosa.

Nah, glukosa ini bisa berasal dari mana saja utamanya adalah makanan harian yang dikonsumsi oleh manusia. Kabar baiknya, beras kencur tidak akan berbahaya bagi penderita diabetes karena justru mampu menekan kadar gula dalam darah sehingga penyakit diabetes bisa diminimalisir.

4. Membasmi Kolestrol Jahat
Manfaat beras kencur selanjutnya adalah dapat membasmi kadar kolestrol jahat dari tubuh manusia. Kolestrol ini biasanya diakibatkan oleh sumber makanan cepat saji dan berminyak yang semakin lama semakin menumpuk dalam tubuh manusia. Kalau dibiarkan saja, kolestrol jahat ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kronis seperti jantung, diabetes hingga stroke.

Nah, dengan meminum jamu beras kencur secara rutin, maka empedu bisa menyerap makanan yang masuk ke dalam tubuh dengan lancar. Beras kencur memang mengandung asam lemak seperti flavonoid sehingga kolestrol jahat dan trigliserida bisa dikeluar seluruhnya dari tubuh melalui urin atau feses.


5. Kaya Antioksidan
Beras kencur sangat baik dikonsumsi sebagai sumber minuman sehat secara rutin karena ramuan ini mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Zat antioksidan inilah yang bisa menangkal dan membasmi radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Kandungan antioksidan di dalamnya juga dapat membuat tubuh tetap prima, sehat dan jauh dari penyakit.

Selain antioksidan, beras kencur juga anti infeksi dan anti inflamasi yang berarti bahwa kandungan beras kencur mampu melawan penyakit akibat radang dan infeksi. Hal ini bisa dibuktikan secara ilmiah, karena memang benar-benar ada senyawa dalam beras kencur yang mampu mencegah lepasnya zat yang bisa merangsang rasa nyeri atau radang pada tubuh manusia.

6. Mengobati Batuk dan Flu
Jika Anda sedang batuk atau flu, maka disarankan untuk mengonsumsi beras kencur. Ramuan ini mengandung semacam zat anti bakteri yang dapat membasmi virus yang menyebabkan batuk dan flu. Setelah meminum jamu beras kencur, dipastikan tenggorokan dan hidung lebih lega dan batuk/flu berangsung-angsur hilang.

7. Mengatasi Masalah Pencernaan
Manfaat beras kencur selanjutnya adalah dapat mengatasi masalah pencernaan semisal diare, sembelit, kembung dan lain sebagainya. Jika Anda merasa mulas dan masalah perut lainnya, beras kencur adalah solusi utama tanpa efek samping. Begitu juga dengan diare, karena kandungan serat dalam beras kencur dapat meredakan diare dengan sangat efektif.

8. Bantu Rawat Kulit
Selain memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, beras kencur juga berkhasiat untuk merawat kulit dan kecantikan. Meminum beras kencur secara rutin dipercaya dapat mengencangkan kulit dan mencegah kulit muka berjerawat. Selain diminum, beras kencur juga bisa dijadikan masker wajah untuk menghasilkan kulit wajah yang kencang alami bebas dari jerawat.

Demikianlah ulasan tentang manfaat beras kencur yang harus Anda tahu. Intinya beras kencur bisa dimanfaatkan untuk menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit berbahaya sekaligus untuk merawat kecantikan. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan makanan sehat dan olahraga secara teratur.

Posting Komentar untuk "Inilah 7 Manfaat Beras Kencur Bagi Kesehatan Tubuh Kita"