Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Menambah Nafsu Makan yang Mudah Dilakukan

TipsKes.com, Cara Menambah Nafsu Makan - Menurunnya nafsu makan tidak bisa dianggap sepele. Kenapa demikian? Karena bisa menimbulkan dampak buruk  bagi kesehatan, terutama bagi seseorang yang kekurangan berat badan. Namun permasalahan ini bisa diatas dengan cara yang sangat mudah dilakukan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hilangnya nafsu makan, antara lain depresi, cemas dan juga efek samping mengkonsumsi obat tertentu. Apabila dalam waktu panjang masalah ini diabaikan bisa menyebabkan berat badan terus menerus turun.

Hal yang harus ditanamkan dalam diri adalah pentingnya makan untuk menjaga kesehatan. Oleh karena itu, harus berusaha untuk meningkatkan asupan makanan. Bagaimana cara menambah nafsu makan? Simak uraian di bawah ini.

9 Cara Menambah Nafsu Makan



1. Membagi Porsi Makanan Lebih Kecil
Cara menambah nafsu makan yang pertama adalah dengan membagi porsi makanan menjadi lebih kecil. Supaya lebih efektif porsi yang lebih kecil harus dikonsumsi lebih sering. Misalnya dengan membagi tiga makanan utama menjadi lima atau enam.

Apabila cara ini sudah dilakukan dan nafsu makan sudah meningkat, sebaiknya segera mulai meningkatkan porsinya. Selain itu, bisa juga menambah lebih bahan makanan supaya mengonsumsi kalori cukup banyak setiap hari.

2. Jangan Meninggalkan Sarapan
Rutin sarapan setiap hari menggunakan menu sehat merupakan salah satu cara untuk menambah nafsu makan. Sarapan yang dilakukan bisa memicu efek termogenesis di dalam tubuh, sehingga dapat membakar banyak kalori dalam sehari. Semakin banyak kalori yang dibakar, maka nafsu makan menjadi meningkat.

Apabila dalam sehari melewatkan sarapan akan berakibat tidak akan makan sepanjang hari. Sedangkan jika setiap hari melakukan sarapan maka akan meningkatkan nafsu makan.

3. Menjadikan Makan Sebagai Aktivitas Menyenangkan
Cara menambah nafsu makan selanjutnya adalah membuat makan sebagai aktivitas menyenangkan. Memasak dan juga makan dengan orang lain bisa menyelesaikan masalah ini. Alasannya makan dengan orang lain menjadi lebih menyenangkan dibanding sendirian.

Supaya makan lebih menyenangkan caranya dengan mengundang teman atau keluarga. Makan yang dilakukan bersama-sama bisa meningkatkan asupan makanan hingga 18%. Maka dari itu, lakukan cara ini karena sangat mudah dilakukan.

4. Menyiapkan Makanan Kesukaan
Nafsu makan akan bertambah jika menu yang disiapkan adalah makanan kesukaan. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu menyiapkan menu yang disukai sehingga tidak ada alasan menunda atau melewatkan waktu makan.

Apabila tidak sempat menyiapkan makanan kesukaan sendiri, bisa membeli di restoran atau warung. Paling penting tidak akan menunda atau melewatkan waktu makan karena tidak baik untuk kesehatan.

5. Mengkonsumsi Serat Lebih Sedikit
Jika Anda bermasalah dengan nafsu makan, direkomendasikan untuk menghindari diet tinggi serat. Alasannya diet tinggi serat bisa meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori. Akibatnya berat badan akan menurun.

Sebenarnya diet tinggi serat  sangat baik untuk menurunkan berat badan karena merasa kenyang lebih lama. Sebaiknya segera ubah asupan jika ingin menambah nafsu makan. Adapun contoh makanan kaya serat, seperti buah, sayuran dan gandum.

6. Memilih Camilan yang Sehat
Camilan merupakan salah satu solusi untuk menambah nafsu makan. Meski begitu tidak direkomendasikan untuk memilih sebarangan. Pilihlah camilan sehat yang memiliki kandungan karbohidrat dan lemak sehat, misalnya alpukat, pisang, dan kacang-kacangan.

Supaya lebih mendorong nafsu makan, sebaiknya menempatkan camilan sehat di dalam mangkuk kecil. Alasannya supaya mudah dijangkau dan mendorong untuk makan camilan tersebut.

7. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Rempah-rempah
Ada beberapa jenis makanan yang bisa menunda pencernaan dan menghasilkan gas. Akibatnya akan mengurangi nafsu makan karena perut terasa berat. Solusinya adalah menggunakan rempah-rempah ketika memasak makanan. Contoh rempah-rempah tersebut, seperti jahe, ketumbar dan kayu manis, lada hitam dan sebagainya.

Berbagai rempah-rempah untuk bumbu masak bisa mengurangi perut kembung dan meningkatkan nafsu makan. Bisa dikatakan bahwa rempah-rempah merupakan cara menambah nafsu makan secara alami.

8. Sering Berolahraga
Bukan rahasia lagi jika olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat olahraga adalah meningkatkan nafsu makan. Dengan melakukan aktivitas fisik tersebut bisa membakar kalori dan mempertahankan tingkat energi.

Berolahraga juga bisa mempengaruhi proses dalam tubuh untuk merangsang rasa lapar. Dampak lanjutannya adalah meningkatkan laju metabolisme dan massa otot serta perubahan dalam produksi hormon.

9. Tidak Mengkonsumsi Banyak Air Sebelum dan Saat Makan
Mengkonsumsi banyak air ketika sebelum dan saat makan bisa membuat perut terasa penuh. Kondisi ini bisa membuat nafsu makan menjadi berkurang. Apabila ingin menambah nafsu makan maka perlu membatasi konsumsi air setidaknya 30 menit sebelum makan.

Minum air memang sangat baik untuk tubuh. Namun jika dilakukan sebelum dan saat makan bisa membuat perut penuh sehingga jumlah porsi makan yang dikonsumsi menjadi sedikit.

Nah itulah 9 cara menambah nafsu makan yang mudah untuk dilakukan. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan nafsu makan bisa ikuti cara-cara yang disebutkan di atas.

Posting Komentar untuk "9 Cara Menambah Nafsu Makan yang Mudah Dilakukan"