Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Cara Melancarkan ASI untuk Ibu Menyusui

TipsKes.com, Cara Melancarkan ASI - ASI atau Air Susu Ibu adalah sumber makanan utama bagi bayi terutama pada usia 0 hingga 6 bulan. Pada masa pemberian ASI eksklusif tersebut jumlah ASI dari ibu akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan si bayi. Masalah akan terjadi ketika produksi ASI pada ibu tidak mencukupi kebutuhan si anak. Di saat seperti itulah ibu harus tahu bagaimana cara melancarkan ASI demi kesehatan bayinya.

Produksi ASI yang tidak bisa memenuhi kebutuhan si bayi selain akan mempengaruhi kondisinya anak juga bisa membuat ibu stres. Padahal bagi ibu menyusui rasa stres yang datang justru bisa semakin menghambat produksi ASI.

Masa menyusui pada ibu memang menjadi masa rawan yang membutuhkan banyak dukungan psikologis dari orang di terdekatnya.

Saat produksi ASI terhambat dan tidak sesuai dengan kebutuhan bayi para ibu bisa melakukan usaha dan cara melancarkan ASI seperti berikut ini.

6 Tips Cara Melancarkan ASI



1. Menyusui Dengan Frekuensi Lebih Sering
Hal pertama yang bisa dilakukan oleh para ibu agar produksi ASI bisa lebih lancar adalah dengan cara sering-sering menyusui bayinya. Jangan langsung merasa tertekan dan stres ketika tahu jumlah ASI Anda tidak banyak dan menjadi malas menyusui. Justru dengan lebih sering menyusui bayi maka produksi ASI bisa dirangsang agar bisa lebih banyak.

Saat menyusui bayi maka otot-otot pada payudara akan dirangsang agar memproduksi air susu lebih banyak lagi. Proses tersebut dikenal dengan sebutan let down reflex. Ini adalah cara melancarkan ASI yang sangat mudah untuk dilakukan. Susui bayi setiap 2-3 jam sekali bahkan saat malam sekalipun.

2. Menyusui Dengan Posisi yang Tepat
Mungkin masih banyak ibu muda yang belum mengetahui bahwa bagaimana posisinya saat menyusui akan mempengaruhi jumlah ASI. Posisi menyusui bayi yang tepat akan membantu produksi ASI menjadi lebih banyak. Nah, mulai sekarang usahakan untuk menyusui bayi Anda dengan posisi yang tepat. Ada beberapa jenis posisi yang tepat saat menyusui, yaitu :

  • Reclining yaitu posisi menyusui dengan rebahan dimana kepala dan tubuh bayi berada pada satu garis lurus.

  • Cradding yaitu posisi menyusui dengan menopang bayi menggunakan lengan yang sisinya sama dengan payudara.

  • Cross cradding yaitu cara menyusui bayi menggunakan lengan yang berseberangan dengan sisi payudara (kebalikan dari cradding).

  • Cluth yaitu posisi menopang bayi pada posisi di bawah tangan saat menyusui.

  • Lying down yaitu menyusui dengan posisi ibu dan bayi berbaring saling berhadapan.


3. Pastikan Ibu Cukup Istirahat
Cara melancarkan ASI yang relatif mudah juga untuk dilakukan ibu adalah dengan istirahat dalam intensitas yang cukup. Lebih mudahnya lagi adalah ikuti pola tidur bayi. Saat anak sedang tidur sebaiknya ibu juga melakukan hal yang sama agar Anda tidak kelelahan. Produksi ASI akan lebih lancar jika kondisi ibu selalu prima dan tidak kelelahan karena mengurus bayi.

4. Jaga Lingkungan Tetap Nyaman
Kondisi psikologis ibu akan sangat berpengaruh pada jumlah ASI yang diproduksi oleh payudara. Ibu yang berada dalam kondisi psikologis yang bagus otomatis akan memproduksi ASI lebih banyak. Sebaliknya saat ibu merasa stres dan tertekan produksi ASI bisa terhambat dan berkurang jumlahnya.

Sehingga pada saat ibu sedang berada di masa menyusui usahakan lingkungan tempat tinggal atau rumah selalu kondusif. Kenyamanan sangat dibutuhkan oleh ibu agar ASI yang diproduksinya selalu terjaga. Membuat dan menjaga lingkungan selalu nyaman merupakan salah satu cara melancarkan ASI.

5. Lakukan Pemijatan dan Kompres Pada Payudara
Untuk merangsang otot dan kelenjar yang ada di payudara agar memproduksi ASI lebih banyak lakukan pemijatan. Pemijatan payudara sebaiknya dimulai sebelum melahirkan yaitu pada saat memasuki masa trimester terakhir kehamilan. Tujuannya adalah untuk merangsang otot pada payudara agar siap dan lebih cepat memproduksi ASI.

Ketika sudah memasuki masa menyusui jangan lupa untuk rajin melakukan kompres pada payudara. Mulailah dari bagian tengah payudara lalu lanjutkan dengan memijat sekelilingnya. Kemudian lakukan kompres dengan menggunakan waslap yang hangat sekitar 2 menit. Setelah itu ganti menggunakan waslap dingin lalu kompres payudara selama 1 menit. Ini juga merupakan cara melancarkan ASI yang mudah.

6. Konsumsi Makanan yang Bergizi
Bukan hanya bayi yang membutuhkan gizi tetapi ibunya juga. Justru saat menyusui ibu membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dari sebelumnya agar produksi ASI bisa melimpah dan berkualitas. Untuk itu pastikan Anda selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bisa membantu meningkatkan produksi ASI.

Contoh makanan yang akan membantu memperbanyak jumlah ASI antara lain adalah sayuran terutama yang daunnya berwarna gelap misalnya bayam. Selain itu Anda bisa mengkonsumsi daun katuk yang sudah lama dikenal bagus untuk ASI. Sumber makanan bergizi lainnya yang baik untuk ibu menyusui yaitu oatmeal, bawang putih dan biji wijen.

Mudah bukan cara melancarkan ASI yang dijelaskan di atas? Ibu akan nyaman tanpa rasa stres dan bayi juga akan lebih sehat karena kebutuhan ASI tercukupi.

Posting Komentar untuk "6 Tips Cara Melancarkan ASI untuk Ibu Menyusui"