Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Kesehatan Mata dengan Buah-buahan Ini

TipsKes.com - Mata adalah panca indera yang paling penting bagi tubuh, jadi harus dirawat dengan baik dengan tips menjaga kesehatan mata. Dengan begitu, kesehatan mata akan senantiasa terjaga dan bisa berfungsi dengan baik dan optimal. Selain itu, jika mata Kita sehat maka akan terhindar dari berbagai macam masalah atau penyakit mata.

Mata itu sendiri sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita untuk semua kegiatan seperti membaca buku, menonton tv dan lain sebagainya. Jika Kita merasakan akan yang telah dilakukan oleh mata dalam waktu satu hari saja, rasanya pasti sangat lelah. Itulah mengapa mata istirahat dengan tidur, tidak berlama-lama terpapar radiasi, memberi tetes mata, mengkonsumsi makanan untuk mata dan lain-lain.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Tetap Sehat


Berikut ini berbagai macam hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata atau tidak memperburuk kondisi mata, antara lain:

1. Jangan Melihat dengan Jarak yang Terlau Dekat
Saat melihat atau menonton sesuatu, usahakan melihat dari jarak aman dan tidak terlalu berdekatan dengan objek. Hal ini berlaku untuk membaca buku, menonton tv, main game dan lain sebagainya, karena bisa menyebabkan mata minus.

2. Kurangi Kebiasaan Main Gadget
Jangan terbiasa main gadget berlebihan hingga lupa waktu karena radiasi yang ditimbulkan sangat tidak bagi untuk mata. Hal ini juga berlaku untuk kebiasaan nonton tv atau membaca buku sambil tidur.

3. Hindari Berlama-lama di Depan Komputer
Jika Anda bekerja di depan komputer seharian, usahakan luangkan waktu 30 menit hingga 1 jam untuk mengistirahatkan mata. Anda bisa berjalan-jalan sejenak atau sekadar mengalihkan pandangan yang lebih baik seperti pepohonan yang bisa membuat mata rileks.

4. Jangan Menggosok Mata Terlalu Keras atau Kasar
Tips menjaga kesehatan mata adalah dengan tidak menggosok mata dengan kasar atau keras karena bisa menyebabkan infeksi. Saat mata terasa gatal, kemasukan debu atau kotoran, biasanya Anda reflek menggosok mata. Cobalah untuk melakukan hal itu dengan pelan dan hati-hati.

5. Kenakan Kacamata Radiasi atau Penangkal Debu
Meskipun Anda tidak memiliki masalah pada mata, menggunakan kacamata juga sangat dianjurkan untuk menjaga mata dari debu dan kontaminasi lainnya. Kacamata yang dimaksud antara lain kacamata radiasi, kacamata penangkal debu, kacamata las atau untuk pegawai pabrik dan lain-lain.

6. Konsumsi Suplemen atau Vitamin Mata
Anda juga boleh mengkonsumsi suplemen yang berkhasiat untuk kesehatan mata, asalkan tidak berlebihan. Pilihlah suplemen/vitamin mata yang mengandung vitamin C, E, B6 dan B12, beta karotena, tembaga dan seng yang baik untuk mata. Kandungan tersebut bisa membantu memperlambat penurunan fungsi mata yang diakibatkan karena katarak atau masalah di pusat retina.

7. Mengontrol Kadar Gula Darah dan Kolesterol
Tips menjaga kesehatan mata ternyata juga bisa dilakukan dengan cara mengontrol kadar gula darah, tekanan darah dan juga kolesterol. Hal ini karena penyakit tersebut jika sudah para juga bisa berpengaruh pada mata dan kesehatan tubuh lainnya.

8. Makan Makanan yang Bagus untuk Kesehatan Mata
Untuk menjaga mata tetap sehat dan berfungsi optimal, Anda harus menjaga pola makan sehat yang terdiri dari sayur dan buah. Kandungan yang sangat dibutuhkan oleh mata adalah vitamin A, lutein, zeaxanthin, asam lemak omega 3 dan antioksidan.

Buah-buahan yang Baik untuk Kesehatan Mata



Semua orang seperti sudah tahu bahwa wortel sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Namun, ternyata banyak jenis buah-buahan lain yang juga baik untuk mata, berikut ini penjelasannya:

1. Buah Jeruk
Tips menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan rajin mengkonsumsi jeruk dalam bentuk olahan apapun. Jeruk mengandung vitamin C, folate, kalium, kalsium dan serat. Nah, kandungan vitamin C tersebut dapat mengurangi risiko katarak atau lensa mata keruh.

2. Buah Alpukat
Buah alpukat memiliki kandungan lutein yang memiliki beta karotena dan sangat baik untuk kesehatan mata. Lutein tersebut bisa membuat mata lebih fokus dan terhindar dari kelainan mata.

3. Buah Pepaya
Selain buah alpukat, buah pepaya juga banyak mengandung lutein yang bagus untuk kesehatan mata. Selain itu, juga mengandung zeaxanthin, kedua kandungan tersebut dipercaya mampu mengurangi risiko penyakit degenerasi macula.

4. Buah Kiwi
Tips menjaga kesehatan mata yaitu dengan mengkonsumsi buah kiwi sekitar 2-3 buah per harinya. Kandungan mineral dalam buah kiwi sangat baik untuk peredaran darah dan sistem saraf sehingga terhindar dari berbagai penyakit seperti katarak dan degenerasi macula

5. Buah Anggur
Buah anggur sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga melindungi mata dari adanya kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini karena buah anggur mengandung flavonoid.

6. Buah Strawberry
Buah ini mengandung banyak vitamin C, B, folate, serat dan berbagai macam nutrisi lainnya. kandungan tersebut bisa melindungi kesehatan mata, bahkan mencegah kanker.

Nah, itulah beberapa cara atau tips menjaga kesehatan mata agar terhindar dari masalah mata atau penyakit mata. Semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Mata dengan Buah-buahan Ini"