Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Secara Alami

Untuk mendapatkan wajah yang cantik dan awet muda, Anda harus tahu bagaimana tips menjaga kesehatan kulit wajah yang benar. Perawatan yang dilakukan juga harus maksimal dari luar dan dalam. Dengan begitu akan didapatkan kulit wajah yang cerah merona, bebas kerutan, kencang dan bersih. Perawatan dari luar bisa menggunakan produk kecantikan yang berkualitas dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.



Sedangkan perawatan dari dalam bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Kulit wajah itu sendiri terdiri dari lapisan kolagen dan elastin yang perlu dijaga dengan baik agar sehat dan awet muda. Kedua lapisan tersebut sangat dipengaruhi oleh usia, pola makan dan pola hidup yang dilakukan. Itulah mengapa semua orang harus menjaga pola hidup sehat untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat.

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah


Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, kencang, lembut dan halus, Anda bisa menerapkan beberapa hal di bawah ini, antara lain:

  1. Cukupi Kebutuhan Air Dalam Tubuh


Kulit sehat membutuhkan air yang cukup karena setiap organ di dalam tubuh bisa bekerja dengan baik jika kebutuhan air terpenuhi. Minumlah 2 liter air setiap hari untuk mendapatkan kulit lembap, elastis, bebas keriput dan menghilangkan racun yang bisa merusak kulit.

  1. Olahraga Secara Rutin dan Teratur


Olahraga adalah salah satu aktivitas yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan juga bisa menjaga kesehatan kulit, termasuk kulit wajah. Olahraga secara teratur bisa membantu memperlancar peredaran darah dan secara otomatis kesehatan kulit pun terjaga dengan baik.

  1. Istirahat yang Cukup


Tips menjaga kesehatan kulit wajah yang cukup mudah adalah dengan memenuhi kebutuhan tidur atau istirahat dalam sehari yaitu 7-8 jam. Saat tidur, kondisi tubuh Kita akan lebih rileks dan saat itu juga terjadi regenerasi sel termasuk sel-sel kulit wajah. Jadi, pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas agar proses regenerasi kulit lebih optimal dan kecantikan kulit terjaga.

  1. Jangan Stress


Kondisi mental atau psikologis seseorang bisa sangat berpengaruh pada kesehatan tubuhnya. Itulah mengapa stress disebut sebagai sumber segala penyakit, karena stress atau depresi bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Selain itu, stress juga membuat kulit wajah cepat keriput dan lebih banyak memproduksi minyak.

  1. Rutin Melakukan Pijat


Tips menjaga kesehatan kulit wajah ternyata juga bisa dilakukan dengan rutin melakukan pijat. Pijat adalah salah satu kebiasaan lama atau tradisional yang biasa dilakukan oleh orang zaman dulu. Aktivitas ini ternyata juga berpengaruh pada kesehatan kulit wajah karena bisa memperlancar peredaran darah.

  1. Makan Makanan Bergizi


Selain itu, makanan yang masuk ke dalam tubuh juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit wajah Anda. Oleh karena itu, biasakan makan makanan bergizi dan bernutrisi tinggi serta hindari merokok dan minuman soda/alkohol.

Menggunakan Produk Kecantikan Berbahan Alami

Agar terhindar dari kerusakan kulit wajah, lakukan perawatan secara rutin untuk menutrisi kulit dan membuatnya lebih sehat. Nah, berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan kulit wajah dengan produk kecantikan dari bahan alami, antara lain:

  1. Cuci Muka Secara Teratur


Mencuci muka adalah salah satu perawatan wajib yang harus dilakukan minimal dua kali dalam sehari, terutama sebelum tidur. Mencuci muka bisa membuat kotoran-kotoran yang menempel pada wajah menjadi terangkat dan kulit wajah lebih fresh. Anda bisa membuat sabun muka alami dengan menambahkan campuran minyak almond, vitamin E dan minyak esensial.

  1. Eksfoliasi Secara Rutin


Sel kulit mati yang menempel pada kulit wajah bisa membuat produksi minyak berlebih, wajah menjadi kusam dan lebih sering berjerawat. Untuk membantu mengangkat sel kulit mati tersebut, Anda bisa melakukan eksfoliasi secara rutin menggunakan bahan-bahan alami untuk menghindari iritasi kulit. Gunakan garam atau gula setiap satu minggu sekali untuk membantu eksfoliasi dengan bahan alami.

  1. Gunakan Masker Secara Alami


Tips menjaga kesehatan kulit wajah selanjutnya yaitu dengan mengaplikasikan masker wajah setiap seminggu sekali. Sebaiknya gunakan masker dari bahan alami seperti alpukat, tomat, lidah buaya, madu, mentimun, bengkuang, kentang dan lain sebagainya.

  1. Gunakan Minyak Alami


Pelembap wajah sangat diperlukan untuk menghindari kulit wajah kering dan rusak. Anda bisa menggunakan minyak alami sebagai pelembap seperti minyak kelapa, minyak almond, minyak jojoba dan lain-lain. Minyak kelapa menguatkan jaringan epidermis kulit, melindungi dari sinar UV, mengangkat sel kulit mati, antibakteri, antivirus, anti jamur dan lain-lain.

  1. Gunakan Tabir Surya


Untuk menjaga kulit wajah dari paparan sinar UV, Anda bisa menggunakan tabir surya atau SPF. Hal ini karena Indonesia merupakan negara tropis yang cukup panas dan lembap sehingga penggunaan tabir surya juga sangat diperlukan.

Nah, itulah berbagai macam tips menjaga kesehatan kulit wajah dengan bahan-bahan alami. Semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Secara Alami"