Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

TipsKes.com - Membatasi makanan yang berlemak tinggi adalah salah satu tips menjaga kesehatan jantung, selain itu Anda juga harus rajin olahraga. Seperti yang kita ketahui, jantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting dan vital serta bekerja sepanjang hidup. Itulah mengapa jantung harus dijaga betul agar tidak mengalami gangguan atau kerusakan.

Kerusakan yang terjadi pada organ jantung bisa berakibat sangat fatal, bahkan kematian seketika. Jadi, cobalah untuk mulai hidup sehat dengan rajin berolahraga dan makan makanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya jantung.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini


Nah, berikut ini akan dijelaskan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, antara lain:

1. Berhenti dari Kebiasaan Merokok
Merokok merupakan salah satu penyebab seseorang terjangkit penyakit jantung karena kandungan dalam rokok memang meracuni tubuh. Jadi, untuk menjaga kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya, sebaiknya berhenti merokok.

2. Olahraga Secara Teratur
Untuk menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan jantung, biasakan olahraga sekitar 2-3 kali dalam seminggu. Olahraga tidak perlu yang berat, bisa yang ringan seperti jogging atau bersepeda selama 30 menit hingga 1 jam sudah cukup.

3. Hindari Makanan yang Berlemak Jahat
Makanan yang mengandung lemak jahat seperti lemak trans dan lemak jenuh bisa meningkatkan kolesterol jahat di dalam darah. Selain itu, bisa juga mengalami penyumbatan pembuluh darah yang berakibat pada gangguan jantung koroner.

4. Makan Buah dan Sayur Setiap Hari
Tips menjaga kesehatan jantung bisa dengan membiasakan diri makan makanan sehat seperti buah dan sayur setiap hari. Hal ini karena sayur dan buah mengandung banyak vitamin, nutrisi dan mineral penting untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Kurangi Gula dan Makanan Manis
Gula dibutuhkan oleh tubuh untuk dijadikan energi, namun jika berlebihan bisa menyebabkan masalah pada kesehatan seperti diabetes dan penyakit jantung. Hal ini juga berlaku untuk makanan manis seperti kue atau minuman kemasan yang banyak mengandung gula buatan dan tidak sehat.

6. Batasi Penggunaan Garam Berlebih
Sama seperti gula, garam juga dibutuhkan untuk mengatur kadar air dalam tubuh, namun tidak boleh berlebihan. Jika kebanyakan, tubuh akan mengalami kesulitan dalam menyeimbangkan natrium dan membuat kerja jantung lebih susah.

7. Hindari Minum Minuman Soda dan Alkohol
Minuman alkohol dan soda bisa memicu tekanan darah tinggi dan meningkatkan kadar triglyceride yang bisa menyebabkan gagal jantung. Jadi, mulailah minum minuman yang sehat seperti air putih dan jus buah/sayur.

8. Cek Kesehatan Jantung Anda
Tips menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan cara mengecek angka indikator kesehatan jantung Anda ke dokter. Untuk mengetahui hal itu, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan tekanan darah, kadar kolesterol dan kadar gula darah.

9. Hindari Stress
Disarankan untuk mengelola tingkat stress dengan baik melalui kegiatan yang positif dan aktivitas yang sehat seperti jalan-jalan atau olahraga. Hindari stress berlebihan hingga depresi karena kana berpengaruh ada kesehatan organ tubuh lainnya.

10 Mempertahankan Berat Badan Ideal
Seseorang yang memiliki berat badan berlebih cenderung memiliki kadar kolesterol dan lemak jahat yang tinggi sehingga memiliki risiko penyakit jantung. Jadi, sebaiknya jaga terus berat badan ideal Anda dan jangan makan sebarangan.

Makanan Sehat Untuk Jantung Sehat


Nah, untuk menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari segala bentuk penyakit, cobalah konsumsi makanan di bawah ini, antara lain:

1. Almond
Tips menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan mengkonsumsi almond secara rutin. Hal ini karena almond mengandung sterol serat dan lemak yang baik untuk kesehatan jantung.

2. Anggur Merah
Anggur merah memiliki kandungan resveratrol dan catechin, kedua antioksidan ini sangat bermanfaat dalam melindungi dinding arteri pada jantung. Selain itu, mengkonsumsi anggur merah juga bisa meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

3. Kacang Hitam
Kacang hitam mengandung folate, antioksidan dan magnesium yang baik dalam membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, juga mengandung serat yang dapat mengontrol kadar gula dan kolesterol.

4. Blueberry
Tips menjaga kesehatan jantung bisa dengan mengkonsumsi blueberry secara rutin karena mengandung serat, anthocyanin, antioksidan dan nutrisi lainnya. Kandungan tersebut sangat bik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

5. Ubi Jalar
Ubi jalar bisa dikonsumsi sebagai pengganti kentang dan khasiatnya lebih baik untuk menjaga kesehatan jantung. Ubi jalar mengandung serat, vitamin A, lycopene dan memiliki indeks glikemik rendah.

6. Salmon dan Tuna
Salmon dan tuna mengandung omega 3 tinggi yang baik untuk mengurangi risiko gangguan ritme jantung dan membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan omega 3 juga bisa didapatkan dari ikan herring, mackerel, trout, sarden dan anchovies.

7. Minyak Zaitun
Minyak zaitun mengandung antioksidan untuk menjaga kesehatan jantung dan melindungi pembuluh darah. Minyak zaitun merupakan lemak sehat yang bisa digunakan sebagai pengganti mentega atau minyak goreng.

Nah, itulah beberapa tips menjaga kesehatan jantung dengan kebiasaan pola hidup dan makan makanan sehat. Semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Jantung"