Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Kehamilan Agar Bayi Sehat

TipsKes.com - Saat hamil, Ibu pasti mencari cara dan tips menjaga kehamilan agar selalu sehat sampai melahirkan. Selain itu, tujuan utamanya pasti untuk membuat janin dan ibu tetap sehat hingga lahir dalam keadaan sehat pula. Hal ini karena pertumbuhan dan perkembangan anak ternyata sudah dimulai sejak si kecil berada di dalam kandungan. Jadi, Ibu harus selalu sehat dengan makan makanan bergizi dan olahraga teratur.

Dengan begitu, kondisi tubuh Ibu dan kondisi janin akan selalu sehat dan tidak mengalami gangguan atau penyakit apapun. Kebiasaan seperti merokok pasti sangat tidak disarankan karena bisa mengganggu kesehatan Ibu dan janin serta bisa lahir tidak normal. Selanjutnya, mengenai tips-tips seputar kehamilan akan dibahas di bawah ini.


Tips Menjaga Kehamilan dengan Makanan Bergizi


Kesehatan janin yang ada di dalam perut Ibu tergantung dengan bagaimana pola hidup yang dilakukan oleh Ibu selama kehamilan. Itulah mengapa Ibu hamil harus selalu menjaga pola hidup dan pola makan sehat secara teratur dan menghindari kebiasaan buruk. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan Ibu hamil yang berkaitan dengan konsumsi makanan dan minuman, antara lain:

1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi Seimbang
Makanan sangat penting untuk menjaga dan menutrisi kesehatan si Ibu dan pertumbuhan janin di dalam perutnya. Jika sebelumnya Ibu makan dengan sebarangan, cobalah untuk mengganti pola makan secara teratur dan mengganti dengan menu sehat. Hal ini perlu dilakukan demi bayi Anda agar tumbuh dengan baik dan lahir dengan selamat.

Makanan yang dimakan oleh Ibu juga akan dikonsumsi oleh janin, sedangkan janin membutuhkan nutrisi penuh untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Nutrisi tersebut sangat dibutuhkan janin untuk tumbuh besar dan juga untuk perkembangan fungsi kerja otaknya. Nutrisi yang diperlukan yaitu dari makanan yang mengandung protein, kalsium dan mineral.

2. Makan Kacang Almond Secara Rutin
Tips menjaga kehamilan dan kesehatan janin bisa dilakukan dengan mengkonsumsi kacang almond. Kacang almond mengandung banyak nutrisi penting yang baik untuk Ibu dan janin yaitu vitamin E, B2, B9, serat dan protein. Kandungan tersebut bisa membantu pertumbuhan janin lebih optimal.

Mengkonsumsi kacang almond bisa menambah energi, menguatkan tulang, mengatasi alergi, melancarkan pencernaan dan menjaga sistem kekebalan tubuh bayi saat lahir. Anda bisa mengkonsumsi kacang almond secara langsung atau yang terdapat di dalam makanan seperti biskuit dan lain sebagainya.

3. Menghindari Minum Minuman Alkohol dan Kafein
Tips menjaga kehamilan agar tetap sehat dan bayi lahir dengan selamat, hindari minuman kafein dan alkohol. Selain tidak baik untuk kehamilan, kedua minuman tersebut juga tidak baik untuk kesehatan tubuh dan bisa menimbulkan penyakit. Jika tidak bisa mengontrol konsumsi kafein dan alkohol, pertumbuhan bayi bisa terhambat.

Bahkan, memiliki risiko bayi lahir cacat atau memiliki keterbelakangan mental. Kandungan kafein dan alkohol biasanya ada pada kopi, minuman soda, minuman keras, teh, cokelat dan roti. Beberapa makanan dan minuman tersebut harus dihindari, sebaliknya perbanyak minum air putih dan cukupi kebutuhannya setiap hari.

Kebiasaan Ibu Hamil Untuk Bayi Sehat



Nah, di bawah ini terdapat beberapa aktivitas yang perlu dilakukan oleh Ibu selama kehamilan, antara lain:

1. Olahraga Ringan Secara Teratur
Tips menjaga kehamilan yang pertama adalah olahraga secara teratur agar proses persalinan lebih lancar. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam berolahraga, Ibu hamil cukup olahraga ringan saja agar otot menjadi rileks, yang penting rutin. Olahraga yang disarankan untuk ibu hamil yaitu senam, jalan sehat, yoga atau renang. Sedangkan yang harus dihindari yaitu push up, sit up atau angkat beban.

2. Tidur yang Cukup
Ibu hamil biasanya cepat lelah meski hanya beraktivitas sebentar, itulah mengapa Ibu hamil butuh tidur lebih lama daripada kondisi biasa. Jika orang biasa (tidak hamil) membutuhkan waktu 7-8 jam dalam sehari, maka Ibu hamil butuh lebih lama dari itu. Tidur dan beristirahat akan membuat tenaga Ibu hamil pulih kembali, sehingga bisa beraktivitas lagi.

3. Hindari Pemakaian Produk Berbahan Kimia
Tips menjaga kehamilan juga bisa dilakukan dengan membuang semua produk yang mengandung bahan kimia berbahaya, terutama produk kecantikan. Ibu hamil harus tahu mana produk yang boleh digunakan saat hamil dan mana yang tidak boleh. Hal ini karena beberapa kandungan kimia yang ada dalam produk kecantikan biasanya tidak disarankan pemakaiannya saat kondisi hamil.

Hindari produk kecantikan yang mengandung merkuri, AHA, retinoid dan berbagai macam bahan kimia lainnya. Sebaiknya, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menggunakan produk kecantikan. Anda juga bisa memilih produk yang terbuat dari bahan-bahan alami atau bisa buat sendiri di rumah.

4. Cek Kondisi Kehamilan Secara Rutin
Untuk mengetahui secara pasti bagaimana kondisi kehamilan dan janin yang ada di dalam kandungan, Anda harus melakukan cek secara rutin. Pemeriksaan kondisi kandungan bisa dengan mengunjungi dokter/bidan, setelah itu percayakan pemeriksaan selanjutnya pada satu dokter/bidan untuk menghindari perbedaan pendapat.

Nah, itulah berbagai macam tips menjaga kehamilan hingga saatnya melahirkan tiba. Semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Menjaga Kehamilan Agar Bayi Sehat"