Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mencegah Penyakit Tipes dengan Pola Hidup Sehat

TipsKes.com - Selain demam berdarah, penyakit tipes sering ditemui di Indonesia, jadi Anda harus berhati-hati dan mencari tahu tips mencegah penyakit tipes. Tipes itu sendiri disebabkan karena terinfeksi oleh bakteri Salmonella Typhi dan biasanya ditandai dengan demam typhoid, sakit kepala hingga menggigil.

Penyakit Tipes juga bisa menyebabkan gejala sakit perut akibat diare atau sembelit, sakit tenggorokan atau muncul bintik merah di dada. Penyakit ini bisa menular lewat makanan dan minuman yang tidak steril atau kebiasaan buruk yaitu jarang cuci tangan. Biasanya, gejala tipes yang belum terlalu parah tidak perlu opname di rumah sakit dan bisa rawat jalan.

Tips Cara Mencegah Penyakit Tipes Sejak Dini


Nah, untuk mencegah terkena penyakit tipes, Anda bisa membiasakan diri untuk mengatur pola hidup sehat dan bersih. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

Makan Makanan dan Minuman yang Bersih dan Matang
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit tipes yaitu membiasakan diri mengkonsumsi makanan dan minuman bersih dan matang. Hal ini karena membersihkan makanan/minuman dan memasaknya hingga matang bisa membunuh bakteri sehingga Anda terhindar dari kemungkinan terinfeksi.

Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Menggunakan Toilet
Penyakit tipes bisa disebabkan karena pola hidup yang kurang bersih, salah satu contohnya kebiasaan jarang cuci tangan. Nah, mulai saat ini cobalah membiasakan diri selalu cuci tangan dan kaki, terutama sebelum dan sesudah menggunakan toilet. Karena toilet merupakan salah satu tempat yang kotor dan tempat tumbuhnya bakteri.

Tingkatkan Sistem Imun dan Daya Tahan Tubuh
Tips mencegah penyakit tipes bisa Anda lakukan dengan selalu menjaga daya tahan tubuh agar bisa melawan bakteri dan kuman. Caranya bisa dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi, jangan terlalu lelah, jangan begadang dan tidur cukup.

Lakukan Pencegahan Medis dengan Vaksin Tifus
Sebagai langkah lanjutan, Anda juga bisa menghubungi dokter atau instansi kesehatan terdekat untuk mendapatkan vaksin. Vaksin untuk penyakit tifus bisa diulang setiap 3 tahun sekali.

Cara Mengobati Tipes di Rumah



Jika Anda sudah terinfeksi bakteri dan mengalami gejala tifus, sebaiknya periksa ke dokter. Namun, jika gejalanya belum terlalu parah, Anda bisa rawat jalan di rumah dan melakukan hal-hal berikut ini, antara lain:

Makan Teratur dan Lebih Sering dengan Porsi Kecil
Saat tifus, Anda kana kehilangan nafsu makan, namun tetap harus mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Jadi, Anda bisa mengatur pola maka lebih sering dengan porsi yang lebih sedikit.

Perbanyak Makan Makanan Tinggi Kalori
Tips mencegah penyakit tipes semakin bertambah parah yaitu dengan meningkatkan sistem imun melalui konsumsi makanan tinggi kalori. Kalori tersebut akan menjadi energi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi yang sedang terjadi sehingga bisa cepat pulih.

Makan Makanan Tinggi Protein
Protein bisa membantu mempercepat proses penyembuhan akibat infeksi dengan cara memperbaiki sel yang rusak dan menghasilkan sel baru yang sehat. Oleh karena itu, cukupi kebutuhan protein dengan makan makanan protein seperti dada ayam, daging sapi atau telur.

Konsumsi Makanan yang Rendah Serat
Tips mencegah penyakit tipes menjadi lebih parah adalah dengan mengurangi makanan berserat atau makan makanan berserat rendah. Hal ini serat cukup sulit dicerna, sedangkan gejala tifus bisa menyebabkan diare dan membuat kerja usus menjadi berat. Jadi, makan makanan berserat tinggi hanya akan memperberat kerja usus agar gejalanya bisa reda perlahan.

Cukupi Kebutuhan Air
Dehidrasi hanya akan memperparah kondisi sakit tifus Anda, jadi cukup kebutuhan air untuk menghindari hal itu. Minumlah 6-8 gelas air mineral untuk mencegah dehidrasi akibat diare, demam atau muntah yang bisa terjadi bagi penderita tifus. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan jus buah untuk membantu meningkatkan kadar elektrolit dalam tubuh.

Istirahat Total di Rumah
Tips mencegah penyakit tipes menyebar dan bertambah parah adalah dengan mengistirahatkan tubuh secara total di rumah. Anda perlu mengambil cuti bekerja atau libur sekolah dan benar-benar istirahat total dan tidur di rumah. Hal ini akan membantu tubuh mempercepat proses pemulihan akibat terinfeksi bakteri. Selain itu, istirahat tau tidur yang cukup juga mencegah penularan penyakit tifus kepada orang di sekitar Kita.

Minum Obat Sesuai Resep Dokter
Jika tifus belum terlalu parah, biasanya disarankan istirahat di rumah karena lebih aman dari kemungkinan infeksi bakteri di luar ruangan. Namun, dokter pasti akan memberikan resep obat untuk diminum di rumah, baisanya obat penurun panas dan antibiotik untuk melawan bakteri. Tugas Anda adalah mematuhi segala perintah dan saran dokter serta minum obat teratur sesuai resep dokter.

Nah, itulah berbagai tips mencegah penyakit tipes dan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk perawatan tifus di rumah. Semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Mencegah Penyakit Tipes dengan Pola Hidup Sehat"