Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mencegah Penyakit Prostat secara Alami

Penyakit prostat merupakan penyakit yang menyerang kaum pria dan juga merupakan penyebab kematian ke-6 di dunia pada kaum pria. Penyakit ini menyerang bagian vital pria, yang terletak di bawah kandung kemih.

Prostat ini merupakan organ yang memproduksi sperma. Resiko penyakit prostat ini semakin tinggi ketika seorang pria semakin menua.

Seseorang yang menderita penyakit prostat awalnya tidak dapat dideteksi sampai menjadi kanker. Sel kanker yang tumbuh pada kelenjar ini tidak disadari yang kemudian dapat menyebar pada keseluruhan kelenjar dengan sangat cepat. Oleh karena itu, mencegah dan menjaga kesehatan prostat amat penting dilakukan oleh kaum pria agar terhindar dari penyakit ini. Berikut tips mencegah penyakit prostat secara alami.

Tips Mencegah Penyakit Prostat



1. Mengonsumsi Tomat
Siapa sih yang tidak pernah mengetahui tomat? Buah dan sekaligus sayuran ini banyak digunakan pada berbagai makanan. Tomat mengandung likopen yang memiliki hubungan yang baik terhadap kesehatan prostat. Likopen merupakan salah stu jenis antioksidan yang baik untuk mencegah kanker. Selain itu, konsumsi tomat dapat mengurangi pembesaran prostat dan menghambat serta membunuh sel kanker.

Ketika Anda mengalami kesulitan buang air kecil, Anda juga dapat mengonsumsi tomat. Tomat memiliki efektivitas yang baik untuk melancarkan buang air kecil Anda. Untuk mendapatkan likopen yang banyak, sebelum mengonsumsinya Anda dapat memanaskan tomat sebentar kemudian mengonsumsinya.

2. Berhenti Merokok
Kebiasaan merokok pada pria memang sulit untuk dihindari. Padahal merokok ini dapat menimbulkan berbagai penyakit mematikan yang tidak disadari. Salah satunya adalah kanker. Seseorang yang merokok memiliki risiko yang lebih besar mengalami kanker daripada pria yang tidak memiliki kebiasaan merokok. Hal ini karena merokok dapat memicu timbulnya sel kanker pada tubuh dan terus berkembang.

Menghindari bahkan menghentikan kebiasaan merokok Anda, dapat mencegah timbulnya kanker dan juga menghambat penyebaran kanker yang ada pada tubuh Anda. Oleh karena itu, lebih baik mencegahnya daripada terlanjur terserang penyakit ini. Pola hidup tanpa merokok merupakan salah satu tips mencegah penyakit prostat timbul.

3. Menjaga Berat Badan
Kelebihan berat badan selalu dikaitkan dnegan timbulnya berbagai penyakit, termasuk penyakit prostat ini. Oleh karena itu, menjaga berat badan tetap ideal adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika Anda saat ini memiliki kelebihan berat badan, mulailah untuk mengatur pola makan Anda. Lakukan diet yang tepat untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Mulailah makan makanan yang lengkap gizi. Kurangi makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi dan karbohidarat, dan mulailah mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kan kaya vitamin dan mineral. Sehingga, tubuh Anda tercukupi akan gizi yang seimbang. Menjaga berat badan merupakan salah satu tips mencegah penyakit prostat secara alami.

4. Mengonsumsi Sayuran dari Keluarga Cruciferous
Sayuran-sayuran dari keluarga Cruciferous merupakan sayuran-sayuran yang terdiri dari brokoli, bokchoy, kubis, kembang kol, lobak dan juga selada air. Sayuran-sayuran tersebut dapat Anda temui di setiap swalayan ataupun pasar-pasar tradisional. Sayuran anggota ini merupakan sayuran yang banyak mengandung karatenoid, folat, vitamin C, E, K, dan berbagai mineral.

Kandungan yang paling penting dari keluarga sayuran ini yaitu glucosinolates. Glucosinolates merupakan senyawa kimia alami yang memiliki unsur sulfur. Senyawa kimia ini ketika dipecah di dalam usus akan dapat berfungsi sebagai senyawa anti kanker. Sehingga, Anda akan terhindar dari berbagai kanker termasuk kanker prostat ini.

5. Melakukan Olahraga Rutin
Kunci menjaga kesehatan yang utama selain mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan gizi yang lengkap, yaitu melakukan olahraga secara rutin. Melakukan olahraga yang rutin, setidaknya 30 menit setiap hari merupakan salah satu tips mencegah penyakit prostat secara alami. Hal ini karena dengan melakukan olahraga dapat memperbaiki metabolisme tubuh dan juga meningkatkan massa otot.

Selain dapat memperbaiki metabolisme dan meningkatkan massa otot, olahraga juga dapat mempertahankan berat badan ideal Anda, bahkan juga dapat mendukung program diet Anda. Selain itu, Anda juga mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat serta lebih semangat dalam menjalani aktivitas harian Anda.

6. Menghindari Konsumsi Suplemen Vitamin E
Suplemen vitamin E dikaitkan dengan peningkatan risiko sel kanker prostat yang agresif. Terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin E dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Makanan-makanan yang Anda konsumsi harian yang telah mengandung vitamin E alami telah mampu memenuhi kebutuhan vitamin E harian Anda.

Makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin E antara lain bayam, alpukat, brokoli, kacang almond, kacang kuaci, minyak biji gandum. Anda cukup mengonsumsi makanan ini maka kebutuhan asupan vitamin E Anda tercukupi.

Itulah tadi beberapa tips mencegah penyakit prostat secara alami yang dapat Anda ikuti di rumah. Lebih baik mencegah sejak dini dan mulailah pola hidup yang sehat sebelum Anda terserang penyakit prostat ini.

Posting Komentar untuk "Tips Mencegah Penyakit Prostat secara Alami"