Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mencegah Penyakit Osteoporosis yang Ampuh

Penyakit Osteoporosis - Osteoporsis atau gangguan kesehatan tulang yang ditandai dengan kekeroposan tulang. Umumnya osteoporosis sering terjadi pada wanita. Penyakit ini dapat terjadi karena kurangnya kalsium didalam tulang, sehingga tulang menjadi rapuh. Pengeroposan tulang banyak menyerang mereka yang telah memasuki usia menopouse. Namun, tidak menutup kemungkinan menyerang usia pertengahan.

Pola hidup yang sembarang, kurangnya makan makanan yang mengandung kalsium dan berlebihan berat badan dapat memicu seseorang terkena osteoporosis ini. Sebelum benar-benar terkena penyakit osteoporosis, bukankah lebih baik mencegahnya? Berikut tips mencegah penyakit osteoporosis yang ampuh yang dapat Anda ikuti di rumah.

Tips Mencegah Penyakit Osteoporosis



1. Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Kalsium Tinggi
Penyebab utama penyakit osteoporosis adalah kurangnya kalsium pada tulang, sehingga kepadatan tulang menjadi berkurang. Untuk mencegah berkurangnya kepadatan tulang ini, maka solusi yang tepat adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang megandung kalsium yang tinggi. Usahakan pada menu makanan Anda selalu tersedia makanan-makanan yang mengandung kalsium.

Makanan dan minuman yang mengandung kalsium ini antara lain susu, ikan teri, sarden, brokoli, kale, bayam, edamame, bokcoy, tofu, kacang almond dan jeruk. Kebutuhan kalsium harian pada orang dewasa yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu sebesar 1.000-1.100 mg. Selain dapat mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium, Anda juga dapat mengonsumi suplemen vitamin D.

2. Mengontrol Berat Badan
Seseorang yang memiliki berat badan berlebih juga dapat dengan mudah terserang penyakit osteoporosis. Hal ini karena tulang mengalami tekanan yang lebih berat daripada mereka yang memiliki berat badan yang ideal. Tips mencegah penyakit osteoporosis berikutnya yaitu mengontrol berat badan. Usahakan berat badan Anda selalu pada berat yang ideal untuk mencegah terjadinya penyakit osteoporosis.

Jika Anda saat ini memiliki berat badan yang berlebih, mulailah untuk mengatur pola makan Anda. Lakukan diet perlahan, namun tidak menyiksa. Mulailah untuk mengurangi asupan karbohidrat Anda, atau mengganti nasi putih Anda dengan sumber karbohidrat yang lainnya. Misalnya beras merah atau kentang. Perbanyaklah makan makanan yang mengandung kalsium tinggi.

3. Melakukan Olahraga
Tips mencegah penyakit osteoporosis selanjutnya yaitu olahraga. Olahraga merupakan kunci utama untuk menjalani pola hidup sehat. Melakukan olahraga setiap hari dapat membantu kekuatan tulang. Selain itu, juga dapat memperbaiki postur tubuh, meningkatkan stamina, fleksibilitas tubuh, sistem keseimbangan dan membantu mencegah pengeroposan tulang.

Sebisa mungkin lakukan olahraga ringan setiap hari selama 30 menit. Misalnya dengan berjalan santai ataupun lari. Olahraga rutin ini juga dapat membantu mengontrol berat badan Anda tetap ideal dan juga dapat menurunkan berat badan bagi mereka yang memiliki kelebihan berat badan.

4. Memenuhi Kebutuhan Vitamin D
Memenuhi kebutuhan vitamin D merupakan salah satu tips mencegah penyakit osteoporosis. Masyarakat jaman dahulu memiliki kebiasaan selalu menjemur bayinya di pagi hari untuk mendapatkan vitamin D. Selain itu, orang-orang tua melakukan olahraga ketika matahari mulai muncul. Hal ini mereka lakukan untuk mendapatkan vitamin D. Vitamin D yang ada pada tubuh dapat membantu penyerapan kalsium pada tulang.

Selain berjemur, Anda dapa memenuhi kebutuhan vitamin D dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin D. Misalnya kuning telur, ikan makarel, ikan salmon, ikan tuna, hati sapi, keju, dan makanan-makanan yang mengandung susu, sereal dan jus jeruk. Anda juga dapat mendapatkan vitamin D ini dengan mengonsumsi suplemen vitamin D  yang dapat Anda beli di apotek.

5. Periksakan Kesehatan Tulang
Tips mencegah penyakit osteoporosis berikutnya yaitu memeriksakan kesehatan tulang secara teratur, terutama Anda yang sudah mengalami menopause. Nyeri-nyeri sendi yang mungkin sedang Anda alami bisa jadi pemicu terjadinya penyakit osteoporosis. Oleh karena itu, ketika Anda mengalami nyeri sendi yang berulang-ulang, tidak ada salahnya untuk memeriksakan kesehatan tulang Anda.

Ketika nyeri sendi yang Anda alami bukan tanda-tanda penyakit osteoporosis, Anda dapat mencegahnya sedini mungkin untuk mencegah terserangnya penyakit ini. Oleh karena itu, perbaiki pola hidup dan mulailah berolahraga untuk menjaga kekuatan tulang Anda.

6. Berhenti Merokok
Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang tidak hanya dilakukan oleh para laki-laki saja, namun wanita ada juga yang memiliki kebiasaan merokok. Wanita yang merokok dapat mengalami menopause lebih cepat dibandingkan wanita yang tidak merokok. Asap dan material-material rokok yang masuk ke dalam tubuh dapat menurunkan kerja estrogen dalam melindungi tulang.

Tulang wanita yang tidak dilindungi oleh hormon estrogen dapat mengalami percepatan keropos. Selain itu, rokok dapat mengganggu penyerapan kalsium yang dibutuhkan oleh tulang. Sehingga, tulang dapat kekurangan kalsium karena kalsium yang terserap hanya sedikit. Akibatnya tulang mudah keropos dan mempercepat terjadinya osteoporosis.

Itulah tadi tips-tips mencegah penyakti osteoposis yang ampuh dan mudah yang dapat Anda lakukan di rumah bersama keluarga Anda. Mulailah dari sekarang untuk mencegah timbulnya penyakit osteoporosis di kemudian hari. Bukankah menjadi sehat di hari tua adalah kebahagiaan yang dapat Anda nikmati bersama anak cucu Anda? Jadi, mulailah dari saat ini.

Posting Komentar untuk "Tips Mencegah Penyakit Osteoporosis yang Ampuh"