Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mencegah Penyakit Maag yang Mudah dan Murah

Penyakit Maag - Pola hidup seseorang yang tidak memenuhi standar sehat sering kali menjadi penyebab munculnya sebuah penyakit tertentu. Sebagian besar penyakit yang sering dikeluhkan oleh banyak orang saat ini adalah penyakit maag.

Penyakit maag ini disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari pekerjaan hingga kondisi psikologis seseorang. Namun, penyembabnya tidak hanya itu saja. Berikut TipsKes.com rangkum beberapa penyebab yang menimbulkan penyakit maag;

Penyebab Timbulnya Penyakit Maag



  1. Pola makan kita yang kurang teratur. Adapula yang terkena maag karena efek dari pola diet yang kurang tepat. Diet yang berlebihan dan yang kurang memperhatikan nutrisi ini juga akan menjadi pemicu penyebab maag. Selain itu, seringnya lupa makan karena terlalu asik melakukan aktivitas juga menjadi pemicu timbulnya penyakit maag ini.

  2. Ketidaktepatan mengelola tingkat stress yang berkepanjangan akan menganggu pola makan secara tidak langsung. Nafsu makan akan menurun sehingga asam lambung akan naik.

  3. Penurunan pergerakan pada saluran pencernaan. Hal ini terjadi dimungkinkan karena tidak adanya makanan yang dicerna di dalam lambung. Sehingga, pergerakan saluran pencernaan mengalami penurunan dan meningkatnya asam lambung.

  4. Meningkatnya produksi asam lambung yang berlebihan. Hal ini seringkali dikaitkan karena banyaknya pikiran dan malas makan. Akibatnya, asam lambung yang diproduksi menjadi penyebab timbulnya penyakit ini.


Penyakit maag ini rasanya sangat menyakitkan, penderitanya sering kali mengalami gejala nyeri pada bagian perut, dada seperti terbakar rasanya sampai ke ulu hati. Terdapat sensasi rasa kembung di bagian perut, rasa mual dan muntah sering datang tiba-tiba. Apalagi pada waktu pagi hari, tenggorokanpun terasa sakit bahkan ada sebagian penderita yang mengalami bau mulut

Sudah barang tentu untuk mengatasi masalah ini perlu adanya tips mencegah penyakit maag yang sesuai dengan tubuh masing-masing penderitanya karena sudah tentu mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.

Nah, bagi Anda yang belum tahu bagaimana tips untuk mencegah penyakit maag, simak ulasan yang dirangkum TipsKes.com berikut ini.

Tips Mencegah Penyakit Maag



  1. Menepati jadwal makan yang sudah seharusnya. Tips mencegah penyakit maag yang satu ini sering kali dilanggar oleh sebagian besar orang. Hal ini karena kesibukan sehingga harus menunda waktu makan.

  2. Menyediakan obat di kotak obat maupun di tas apabila bepergian. Bagi penderita maag akut yang frekuensi kambuhnya tergolong sering maka tips mencegah penyakit maag yang satu ini harus benar-benar dilakukan. Obat maag tentunya sesuai dengan anjuran atau resep yang telah diberikan oleh dokter. Ada banyak pilihan obat sakit maag antara lain antasida, acid blocker dll.

  3. Makan dengan porsi makan yang sedikit tapi sering. Maag sering kambuh karena memang kondisi lambung yang kosong sehingga produksi asam lambung meningkat. Lebih baik sering makan dengan porsi sedikit dari pada makan dengan porsi yang banyak setelah itu tidak makan lagi dalam jangka waktu yang lama.

  4. Menghindari makanan pedas, asam maupun yang mengandung kafein tinggi. Bagi yang sering mengalami kambuh, diharapkan menghindari jenis makanan yang bercitarasa asam dan pedas kalau tidak ingin merasakan nyerinya maag. Apalagi untuk makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi seperti kopi jenis arabica yang memiliki kandungan asam yang cukup tinggi dibandingkan robusta.

  5. Menghindari tidur setelah makan. Bagi penderita maag jangan pernah rebahan setelah makan, minimal tunggu 30 menit setelah makan baru bisa tiduran. Hal ini karena kegiatan ini menjadi pemicu naiknya asam lambung.

  6. Istrahat yang cukup. Kelelahan dan stress juga bisa jadi pemicu kambuhnya penyakit ini. Apalagi jika setelah kambuh perlu istirahat total sampai sembuh seperti sedia kala. Tips yang ini adalah cara paling jitu untuk mengatasi maag, ada banyak penderita yang sedang mengalami kambuh karena istirahat yang kurang.

  7. Melakukan puasa. Mengapa puasa? Karena dengan puasa jadwal makan akan menjadi lebih teratur, akan tetapi perlu juga diet yang tepat untuk memenuhi kekurangan nutrisi dalam tubuh kita.


Beberapa tips di atas adalah sebagai langkah pencegahan penyakit maag. Apabila tidak dilakukan sejak dini maka penyakit ini akan mengancam nyawa si penderita.

Jika Anda adalah salah satu orang yang tidak mau mudah terjangkit penyakit mulailah menerapkan polah hidup sehat. Ingat! langkah pencegahan itu labih baik dari pada harus mengobati. Semoga tulisan ini bermanfaat. Salam Hidup Sehat...

Posting Komentar untuk "Tips Mencegah Penyakit Maag yang Mudah dan Murah"