Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mencegah Penyakit Ginjal, Mudah dan Efektif

Karena merupakan organ tubuh yang sangat penting, tips mencegah penyakit ginjal sangat penting untuk diketahui. Ginjal memiliki fungsi utama untuk membuang racun dari dalam tubuh, menyaring limbah, membuang kelebihan cairan, serta mengatur kadar fosfat, kalsium, dan mineral lainnya. Gangguan pada ginjal bisa berakibat fatal sehingga mencegahnya jauh lebih baik untuk dilakukan.

Jenis-Jenis Gangguan Ginjal


Sebelum membahas tips mencegah penyakit ginjal, sebaiknya Anda mengenal beberapa jenis penyakit atau kelainan yang bisa terjadi pada organ ini. Berikut ini tim TipsKes.com rangkum beberapa di antaranya.

  1. Anuria: kegagalan ginjal memproduksi urine akibat kurangnya tekanan untuk menjalankan proses penyaringan, peradangan pada glomerulus (penyaring darah pada ginjal), dan penyempitan arterial efferent oleh hormon epinefrin.

  2. Glikosuria: rusaknya badan malpigi yang berfungsi menyaring darah dengan gejala ditemukannya kandungan gula dalam urine.

  3. Albuminuria: kelainan pada ginjal akibat naiknya tingkat permeabilitas membran glomerulus dengan gejala urine mengandung protein albumin.

  4. Hematuria: urine mengandung sel-sel darah merah akibat iritasi pada sel ginjal.

  5. Bilirubin: terdapat zat warna empedu atau bilirubin yang berlebihan pada urine akibat terjadinya penguraian hemoglobin yang berlebihan atau akibat disfungsi hati.

  6. Cystisis: radang pada kantung kemih akibat infeksi bakteri.

  7. Glomerulonefritis: radang ginjal yang biasanya disebabkan alergi terhadap racun yang diproduksi bakteri Streptococcus yang menyebabkan sel darah merah dan protein tercampur dengan urine.

  8. Pielonefritis: radang pada ginjal yang diawali dari bagian dalam ginjal (pelvis) yang kemudian menyebar ke seluruh bagian ginjal dan menyebabkan gagal ginjal

  9. Nefritis: kebocoran membran glomerulus sehingga urine banyak mengandung protein dan mengakibatkan bagian tubuh tertentu membengkak.

  10. Polikistik: kerusakan saluran ginjal yang disebabkan munculnya kista.

  11. Batu ginjal: zat-zat mineral tertentu di dalam darah yang menumpuk dan akhirnya membatu di dalam ginjal.


Tips Mencegah Penyakit Ginjal yang Mudah Dilakukan



Gangguan-gangguan pada ginjal jika dibiarkan bisa menimbulkan dampak yang sangat serius hingga seseorang harus melakukan cuci darah terus-menerus. Sebelum telanjur, lakukan upaya pencegahan dengan cara-cara mudah di bawah ini.

1. Menjaga Asupan Makanan
Zat-zat kimia yang terdapat di dalam bahan makanan tertentu dapat menyebabkan timbulnya penyakit ginjal, khususnya batu ginjal. Beberapa jenis bahan makanan seperti cokelat, gandum, daging sapi, kacang-kacangan, terutama kedelai mengandung oksalat, senyawa kimia yang dapat memicu pembentukan batu ginjal.

Bahan-bahan makanan di atas masih boleh dikonsumsi, tetapi harus dibatasi jumlahnya. Lebih baik, perbanyak makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan agar kesehatan ginjal tetap terjaga.

2. Memperbanyak Minum Air Putih
Kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh dapat mengakibatkan racun-racun yang seharusnya dibuang mengendap di dalam ginjal dan berubah menjadi batu ginjal. Jika ini terjadi, Anda biasanya akan merasakan nyeri di pinggang. Perbanyaklah minum air putih agar Anda sering buang air kecil yang otomatis juga berarti membuang racun dari dalam tubuh.

3. Mengurangi Konsumsi Garam
Mengurangi konsumsi garam juga merupakan salah satu tips mencegah penyakit ginjal yang perlu dilakukan. Kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi garam dapat mengakibatkan hipertensi yang menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh penting, termasuk ginjal.

4. Mengontrol Gula Darah
Penyakit diabetes dapat memicu kerusakan pembuluh darah yang terdapat di area ginjal. Karena itulah, para penderita diabetes harus mengontrol kadar gula darahnya dengan ketat agar penyakitnya tidak berdampak pada kerusakan ginjal.

5. Memeriksakan Kesehatan secara Rutin
Beberapa jenis gangguan pada ginjal merupakan penyakit yang dipengaruhi faktor genetik. Anda yang memiliki riwayat orang tua/keluarga yang memiliki penyakit ginjal harus lebih waspada dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, dan urine secara berkala agar jika ada gangguan ginjal dapat terdeteksi lebih dini.

6. Tidak Menahan Buang Air Kecil
Tidak menahan buang air kecil adalah tips mencegah penyakit ginjal yang sangat mudah, tetapi sering diabaikan. Setelah disaring, kelebihan cairan limbah tubuh yang disimpan di dalam kandung kemih harus segera dibuang. Jika keinginan untuk BAK ditahan, proses filtrasi pada ginjal akan terganggu.

7. Menghindari Rokok
Rokok tidak hanya berbahaya bagi paru-paru atau jantung, tetapi juga dapat memicu penyakit ginjal. Hal ini disebabkan asap rokok dengan seluruh kandungan yang ada di dalamnya dapat merusak organ ginjal.

8. Berolahraga secara Rutin
Berolahraga secara rutin atau melakukan aktivitas fisik ringan lainnya dapat mencegah tekanan darah tinggi yang bisa memicu penyakit ginjal. Secara tidak langsung, berolahraga merupakan salah satu tips mencegah penyakit ginjal yang efektif.

9. Menghindari Stres
Gaya hidup yang serba sibuk, tekanan akibat tugas kantor yang menumpuk, dan masalah-masalah lain bisa menyebabkan orang mengalami stres. Agar terhindar dari penyakit ginjal, Anda harus bisa mengendalikan stres agar tidak berdampak pada kesehatan ginjal.

Gangguan pada ginjal tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuh dan kualitas hidup, tetapi juga dapat mengancam nyawa. Karena itu, jangan menunda lagi, segera lakukan tips mencegah penyakit ginjal seperti diuraikan di atas agar ginjal tetap sehat.

Posting Komentar untuk "Tips Mencegah Penyakit Ginjal, Mudah dan Efektif"