Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mencegah Penyakit Anemia Secara Alami

TipKes.com | Anemia disebabkan karena kekurangan sel darah merah dan Anda perlu tahu tips mencegah penyakit anemia agar terhindar dari penyakit tersebut. jika sel darah merah kurang dari batas normal, Anda bisa merasa lemas, lelah dan tidak bertenaga. Bahkan, beberapa orang juga mengalami gejala pusing, sakit kepala hingga sesak napas.

Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan kadar sel darah merah dengan selalu mengkonsumsi makan bergizi seperti sayur dan buah. Anemia itu sendiri mungkin bukan penyakit yang parah, namun jika dibiarkan bisa berakibat fatal.

Penyebab Seseorang Menderita Anemia


Sebelum membahas tentang tips mencegah penyakit anemia, sebaiknya Anda kenali dulu apa yang bisa menyebabkan seseorang terkena anemia. Berikut ini beberapa hal yang bisa membuat seseorang menjadi anemia, antara lain:

  • Akibat memiliki penyakit kronis seperti gagal ginjal atau fungsi hati, kanker dan penyakit lainnya yang menyebabkan sel darah merah menurun/berkurang

  • Faktor genetik atau keturunan dari keluarga, misalnya anemia sel sabit

  • Mengalami infeksi seperti gangguan auto imun, penyakit darah, terpapar bahan kimia beracun, alkohol/obat-obatan yang berpengaruh pada pembentukan sel darah merah

  • Pola makan yang buruk dan tidak memenuhi nutrisi tubuh, itulah sebabnya tips mencegah penyakit anemia dengan makan buah dan sayur

  • Mengalami gangguan usus yang mempengaruhi penyerapan nutrisi pada usus kecil yaitu seperti penyakit celiac atau crohn, sehingga meningkatkan risiko anemia

  • Bagi wanita, sedang dalam masa menopause juga bisa menyebabkan anemia defisiensi zat besi daripada setelahnya atau pasca menopause itu sendiri

  • Hamil juga bisa meningkatkan risiko anemia, itulah sebabnya Ibu hamil sangat membutuhkan penambah darah dari suplemen atau buah-buahan dan sayur


Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit anemia, penuhi kebutuhan nutrisi seperti zat besi, folate dan vitamin B12. Ketiga nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan pembentukan sel darah merah dan membuat Anda terhindar dari gejala anemia.

9 Tips Mencegah Penyakit Anemia Secara Alami



Berikut ini beberapa jenis sayuran dan buah-buahan yang bisa dijadikan alternatif untuk memenuhi nutrisi bagi tubuh, antara lain:

1. Sayur Bayam
Daun bayam berwarna hijau pekat ini terkenal memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan baik untuk pembentukan sel darah merah. Cara mengkonsumsi bayam paling baik adalah dengan memasaknya terlebih dahulu agar zat besinya lebih mudah dicerna tubuh.

2. Sayur Brokoli
Brokoli merupakan salah satu sayuran yang memiliki nutrisi dan gizi tinggi, itulah sebabnya sejak kecil disarankan untuk mengkonsumsi brokoli. Sayur ini mengandung zat besi tinggi yang baik untuk sel darah merah, serta mengandung folate dan vitamin B. bahkan, brokoli juga dikatakan bisa mencegah penyakit kanker karena kaya antioksidan.

3. Sayur Kol
Sayur kol memiliki kandungan potasium yang tinggi sehingga membuat pembuluh darah selalu terbuka sehingga aliran darah lebih lancar. dengan mengkonsumsi kol secara rutin, Anda bisa menjaga tekanan darah tetap normal dan stabil.

4. Sayur Sawi
Tips mencegah penyakit anemia secara alami yaitu dengan mengkonsumsi sawi secara rutin. Kandungan vitamin A pada sawi bisa membantu proses pembentukan sel darah merah dan memenuhi kebutuhan bagi tubuh. Selain itu, sawi juga membantu mempercepat stimulasi darah dan proses metabolisme tubuh lebih lancar.

5. Daun Singkong
Salah satu sayuran yang kerap kali dijadikan sebagai lalap ini juga sangat bermanfaat untuk mencegah risiko anemia. Hal ini karena daun singkong memiliki kandungan vitamin C, B1, fosfor, protein, karbohidrat, lemak, dan zat besi. Saat Anda merasa lemas tau cepat lelah, cobalah mengkonsumsi daun singkong sebagai sayur atau lalap.

6. Buah Apel
Apel adalah buah yang kaya akan vitamin dan mineral serta zat besi yang baik untuk pembentukan sel darah merah. Dengan mengkonsumsi buah apel, kadar hemoglobin akan meningkat dan membuat sel darah merah lebih stabil.

7. Buah Kurma
Tips mencegah penyakit anemia yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti kurma yang mengandung banyak nutrisi. Kurma itu sendiri mengandung vitamin C, B kompleks, antioksidan dan zat besi.

8. Buah Pisang
Buah lokal yang banyak ditemukan di Indonesia ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga sel darah merah dalam tubuh tetap stabil. Hal ini karena pisang kaya akan zat besi, vitamin, mineral dan kalium. Mengkonsumsi pisang setiap hari secara rutin juga bisa menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, juga bisa digunakan untuk mengontrol berat badan.

9. Buah Jeruk
Jeruk mengandung vitamin C yang dapat membantu proses penyerapan zat besi dalam darah sehingga pembentukan sel darah merah lebih optimal. Berbagai jenis jeruk lainnya juga bisa mencegah anemia seperti jeruk lemon, jeruk nipis, buah citrus dan lain sebagainya.

Nah, itulah berbagai macam cara dan tips mencegah penyakit anemia secara alami dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Mencegah Penyakit Anemia Secara Alami"