Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak Hanya untuk Mata, ini Manfaat Wortel Lainnya

TipsKes.com, Manfaat Wortel - Wortel merupakan salah satu umbi-umbian berwarna oranye yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Biasanya dicampurkan dalam sup atau dijadikan sebagai isian risoles. Apakah Anda juga sering mengonsumsi wortel?  Jika iya, Beruntunglah anda karena dapat merasakan banyak manfaat wortel untuk kesehatan tubuh kita.

Seperti sayuran berwarna jingga lainnya, wortel, tinggi akan kandungan beta karoten. Antioksidan, serat, dan karotenoid pun termasuk kandungan utama pada umbi yang satu ini. Tidak hanya itu, wortel juga memiliki banyak vitamin yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, serta vitamin K. Ada juga 1 mineral yang terkandung dalam wortel yaitu kalium.

Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh


Untuk merasakan manfaatnya, wortel dapat dijadikan sebagai jus, dimakan langsung, dan dicampur kan dalam masakan. Apa saja manfaat dari wortel? Inilah penjelasan selengkapnya.

1. Mengurangi Risiko Kanker
Kanker termasuk penyakit yang cukup mematikan. Terlebih Penyakit ini tidak banyak menunjukkan gejala di tahap stadium awal. Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel tubuh yang tidak wajar dan justru merusak jaringan tubuh itu sendiri.

Wortel kaya akan kandungan antioksidan. Fungsinya adalah untuk menangkal radikal bebas dan melindungi sel tubuh dari ancaman kanker. Manfaat wortel jika dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan risiko terkena penyakit mematikan yang satu ini.

2. >Mengurangi Kolesterol dan Mengontrol Tekanan Darah
Wortel dapat anda konsumsi untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Selain itu Cuma mau sampai wortel juga dapat berguna untuk mengendalikan tekanan darah. Orang yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi disarankan untuk minum jus wortel secara rutin. Gunanya adalah untuk menurunkan tensi darah.

kandungan kolesterol serta tekanan darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko terkena stroke. Anda tidak ingin mengalaminya bukan? Oleh sebab itu konsumsilah wortel mulai dari sekarang.

3. Menjaga Berat Badan
Manfaat wortel yang ketiga yaitu untuk menjaga berat badan. Umbi berwarna oranye yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai makanan diet. Terdapat kandungan serat yang cukup tinggi dalam wortel. Serat ini berperan sangat penting untuk melancarkan proses pencernaan. Jika proses pencernaan lancar, berat badan juga akan stabil.

4. Memperkuat Fungsi Otak
Anak-anak usia sekolah sangat disarankan untuk mengonsumsi wortel secara teratur. Kandungan betakaroten yang cukup tinggi dalam wortel berperan dalam hal ini. Fungsi otak serta kesehatannya akan terjaga. Mengonsumsi wortel secara teratur juga dapat digunakan untuk meningkatkan daya ingat dan menurunkan risiko demensia.

5. Memperkuat dan menjaga imunitas tubuh
Tubuh manusia telah memiliki atau kekebalan yang terbentuk secara alami. Namun imunitas ini tidak selalu kuat dan dalam keadaan Prima. Ketika sedang menurun, Anda akan lebih mudah tertular penyakit. Oleh sebab itulah, sangat penting untuk menjaga agar kekebalan tubuh tetap kuat.

Manfaat wortel berikutnya adalah sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan gizi atau nutrisi dalam wortel sangat baik untuk memulihkan kan tubuh yang sedang sakit. Dengan meningkatnya daya tahan tubuh, Anda akan lebih mudah sembuh dari sakit seperti flu.

6. Menjaga Kesehatan Kulit
Kulit sangat membutuhkan vitamin C untuk tetap terjaga kesehatannya mengonsumsi wortel sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan vitamin C dalam umbi yang satu ini. Mengonsumsi wortel secara rutin dapat bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit secara alami.

Wortel juga kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan yang tinggi ini dapat membantu penyembuhan luka pada kulit dengan lebih cepat. Anda mengalami luka maupun cedera, sangat disarankan untuk mengonsumsi jus wortel secara teratur.

7. Menjaga kesehatan mata
Manfaat wortel yang terakhir ini sudah diketahui oleh banyak orang. Anda pasti sudah tahu bukan jika wortel bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata? Fakta ini memang tidak dapat dipungkiri lagi. Wortel mengandung vitamin A dalam jumlah yang sangat tinggi. Terdapat pula kandungan betakaroten yang tidak kalah tingginya.

Kandungan vitamin A dan betakaroten dalam wortel sangat bermanfaat untuk lindungi mata dari Berbagai gangguan. Gangguan mata yang dapat diatasi dengan mengonsumsi wortel antara lain katarak, glaukoma, dan degenerasi makula.

8. Mengurangi Risiko Leukemia
Leukemia merupakan gangguan pada darah dimana jumlah sel darah putih melebihi jumlah sel darah merah. Leukemia juga sering disebut sebagai kanker darah. Penyakit ini sebenarnya dapat dicegah dengan mengonsumsi wortel secara teratur.

Kandungan nutrisi di dalam wortel dapat menghambat pertumbuhan sel darah putih yang berlebihan. Hal inilah yang membuat wortel bermanfaat untuk menurunkan risiko seseorang terkena penyakit leukimia.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang 8 manfaat wortel kesehatan tubuh. Setelah mengetahui manfaatnya, Apakah Anda masih malas mengonsumsi wortel? Jika ingin merasakan banyaknya manfaat dari wortel mulailah konsumsi secara teratur dari sekarang. Dan rasakan manfaat yang Anda rasakan setelah itu. Semoga bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Tidak Hanya untuk Mata, ini Manfaat Wortel Lainnya"