Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Segudang Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

TipsKes.com, Manfaat Buah Pisang - Rasanya yang lezat dan harganya sangat terjangkau membuat buah pisang menjadi favorit banyak orang. Terlepas dari itu semua ternyata pisang mengandung banyak nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika rutin mengkonsumsi nya.

Segudang manfaat buah pisang yang didapatkan tidak terlepas dari kandungan yang ada di dalamnya. Perlu diketahui jika buah pisang memiliki beberapa kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Sebut saja serat, protein, karbohidrat, kalium, mangan, magnesium, vitamin A, vitamin B dan vitamin C

Dengan mengkonsumsi buah pisang saja ternyata kebutuhan gizi telah tercukupi. Selain itu, setelah dikonsumsi akan dengan mudah diserap tubuh dan bisa mengembalikan energi. Apa saja manfaat buah pisang bagi kesehatan? Simak uraian di bawah ini.

13 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh



1. Mengatasi Depresi
Manfaat pisang yang pertama adalah bisa mengatasi depresi. Hal ini karena di dalam pisang terdapat kadar tryptophan cuku tinggi. Kadar tryptopan tersebut nantinya akan dirubah menjadi serotinin-neurotransmitter otak sehingga menciptakan suasana bahagia.

2. Mempercantik Kulit
Buah pisang yang sudah matang bisa dikonsumsi secara langsung, dijadikan jus ataupun bubur. Dimakan dengan cara apapun tidak akan membuat nutrisi nya menjadi berubah. Buah pisang yang dijadikan bubur dan dicampur dengan susu dan madu bisa untuk mempercantik kulit. Campuran dari bahan tersebut kemudian dioleskan pada wajah selama 30-40 menit.

3. Manfaat Bagi Diabetes
Buah pisang memiliki berbagai jenis dan varietas, salah satunya adalah goroho. Pisang goroho berasal dari Gorontalo dan dijadikan sebagai makanan pokok bagi penderita diabetes melitus. Pilihlah buah ini yang masih belum matang, kemudian kukus dan campur dengan kelapa parut muda.

4. Baik untuk Pencernaan
Manfaat Buah pisang lainnya adalah baik untuk pencernaan manusia. Teksturnya yang lembut membuatnya bisa dengan mudah melewati saluran cerna. Kandungan serat akan membantu kepadatan fases sehingga bisa dengan mudah meredakan diare. Selain itu, kandungan kalium bermanfaat untuk menggantikan elektrolit yang hilang dalam tubuh.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan
Buah pisang sangat cocok dijadikan pilihan bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Alasannya karena di dalam buah pisang mengandung pati atau pektin. Keberadaan kandungan tersebut bisa mengurangi nafsu makan dan terus merasa kenyang. Selain itu, juga memiliki kalori yang rendah namun kandungan serat dan nutrisi nya cukup tinggi.

6. Menurunkan Tekanan Darah
Kandungan kalium dalam buah pisang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Sangat disarankan bagi siapa saja yang menderita hipertensi untuk rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti pisang. Akan tetapi, Anda tidak akan mendapatkan manfaatnya jika tidak mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan garam.

7. Menurunkan Risiko Komplikasi Kehamilan
Mangan merupakan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tubuh dan bisa ditemukan dalam buah pisang. Keberadaan mangan bisa membantu metabolisme karbohidrat, kolesterol dan asam amino dalam tubuh. Selain itu dipercaya membantu menurunkan risiko komplikasi kehamilan serta kematian karena serangan jantung dan mencegah migrain.

8. Meningkatkan Stamina Olahraga
Sudah bukan rahasia lagi jika buah pisang sangat bermanfaat untuk dikonsumsi oleh Anda yang rutin olahraga. Buah ini bisa digunakan untuk menggantikan elektrolit yang hilang setelah berolahraga. Hal ini karena di pisang ada kandungan seperti serat, karbohidrat, kalium dan vitamin B.

9. Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat buah pisang selanjutnya adalah bisa menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dan magnesium dalam buah pisang sangat penting untuk kesehatan jantung. Jika rutin mengkonsumsi pisang berarti Anda sedang menjaga kesehatan jantung.

10. Mengatasi Penyakit Usus dan Perut
Campuran buah pisang dengan susu cair ternyata bisa dijadikan obat untuk penyakit usus. Bahkan buah ini direkomendasikan untuk pasien yang sedang menderita penyakit perut atau cholik. Alasannya karena bisa menetralkan asam lambung.

11. Mengatasi Anemia
Di dalam buah pisang ditemukan kandungan zat besi yang sangat tinggi. Seperti yang diketahui jika tubuh membutuhkan zat besi yang cukup. Apabila setiap hari rutin mengkonsumsi dua buah pisang maka bisa mengatasi masalah anemia atau kekurangan darah.

12. Meredakan Nyeri Ulu Hati dan Mencegah Tukak Lambung
Manfaat buah pisang bisa dirasakan oleh penderita penyakit maag. Di dalam buah pisang ditemukan antasida alami yang berfungsi untuk menetralkan asam lambung. Selain itu, juga terdapat kandungan flavonoid yang bisa membantu meningkatkan membran munkus dalam lambung. Keberadaan flavonoid bisa mencegah terjadinya tukak lambung.

13. Menurunkan Risiko Stroke
Kalium yang ada dalam buah pisang bisa membantu menurunkan risiko terjadinya stroke. Terutama bagi wanita yang berusia lanjut dan melewati masa monopause. Konon wanita pasca monopause yang mengonsumsi pisang memiliki risiko lebih rendah untuk terserang stroke.

Nah itulah 13 manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh. Diharapkan uraian ini bisa membuat banyak orang untuk rutin mengkonsumsi bah pisang karena memiliki banyak manfaat. Selain itu rasanya juga lezat dan harganya sangat terjangkau.

Posting Komentar untuk "Segudang Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh"