Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencegah Penyakit TBC Sejak Dini, Lakukan Hal ini!

Penyakit TBC - Perlu diketahui, Indonesia adalah salah satu negara degan penderita TBC terbanyak di bawah India. Itulah mengapa Anda perlu tahu tentang tips mencegah penyakit TBC sejak dini agar tidak terlambat.

Penyakit ini memang cepat menular karena penularannya bisa melalui udara dan juga melalui percikan dahak yang mengandung kuman mycobacterium tuberculosis.

Kuman tersebut menyerang hampir seluruh bagian tubuh, kecuali bagian rambut dan kuku. Namun, bagian tubuh yang paling terkena dampaknya adalah paru-paru, selain itu biasanya menyerang bagian otak, jantung ginjal dan lain-lain.

Gejala dan Penyebab Penyakit TBC


Untuk menjaga kesehatan Anda dan lingkungan di sekitar, Anda harus tahu tips mencegah penyakit TBC. Selain itu, Anda juga harus tahu apa saja gejala penderitanya, antara lain seperti di bawah ini:

1. Mengalami Sesak Napas
Penderita TBC bisa mengalami sesak napas berlebihan atau kesulitan saat bernapas dan tidak wajar. Hal ini karena penyakit TBC lebih banyak menyerang paru-paru dan saat terjadi kerusakan bisa menimbulkan sesak napas.

2. Batuk Berdahak Lebih Dari 2 Minggu
Penyakit TBC bisa membuat penderitanya mengalami batuk berdahak selama lebih dari 2 minggu. Selain itu, penderita TBC juga akan mengalami sakit atau nyeri di bagian dada, terutama paru-parunya. Jika Anda atau orang di dekat Anda mengalami hal itu, segera hubungi dokter dan periksa kondisi kesehatan Anda.

3. Batuk Mengeluarkan Darah
Jika kondisi sudah semakin parah, kuman penyebab sakit TBC akan menyerang ke pembuluh darah di sekitar paru-paru. Hal itu membuat kondisi pembuluh darah rusak dan pecah sehingga menimbulkan pendarahan dan keluar bersama dahak. Sebelum hal itu terjadi, sebaiknya Anda melakukan beragam cara dan tips mencegah penyakit TBC.

4. Mengalami Demam Sedang yang Hilang-Timbul
Seseorang yang mengalami demam yang hilang-timbul dengan durasi terlalu sering juga patut diwaspadai. Demam ini biasanya tidak jelas penyebabnya apa, meskipun sedang atau tidak terlalu tinggi tetapi mudah datang dan mudah hilang. Jika Anda mengalami hal semacam itu, lebih baik segera konsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

5. Nafsu Makan Berkurang dan BB Turun
Penderita TBC akan mengalami kondisi susah makan atau kehilangan nafsu makan. Hal ini juga bisa membuat penderita kehilangan berat badan dan menjadi kurus yang tidak wajar. Selain itu, kondisi ini juga disebabkan oleh berkurangnya fungsi organ yang sudah digerogoti oleh kuman mycobacterium tuberculosis.

Tips Cara Mencegah Penyakit TBC Sejak Dini



Seseorang yang menderita penyakit TBC biasanya akan dikucilkan atau akan lebih jarang melakukan komunikasi atau kontak dengan orang-orang yang mereka sayangi. Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik segera lakukan pencegahan sejak dini seperti yang dirangkum TipsKes.com di bawah ini:

1. Selalu Menjaga Daya tahan Tubuh
Pada dasarnya, penyakit TBC lebih mudah menulari seseoang yang memiliki sistem imunitas rendah. Jadi, Anda harus mempertahankan daya tahan tubuh dengan makan makanan bergizi dan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok atau minum soda/alkohol. Selain itu, kebiasaan begadang ternyata juga bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh, jadi jangan dibiasakan tidur terlalu malam.

2. Penuhi Kebutuhan Sirkulasi Udara yang Sehat
Untuk menjaga sirkulasi udara di tempat Anda tinggal menjadi lebih sehat, cobalah untuk selalu memperhatikan ventilasi di rumah. Dengan menyediakan ventilasi yang baik, sirkulasi udara lebih lancar, hal ini juga merupakan salah satu tips mencegah penyakit TBC. Seperti yang Kita ketahui, kuman TBC bisa menular melalui udara dan bila sirkulasi udaranya buruk maka kuman bisa terkungkung di dalam ruangan.

3. Menggunakan Masker
Penggunaan masker juga sangat bermanfaat agar Anda terhindar dari berbagai macam bakteri dan kuman yang ada di lingkungan. Oleh sebab itu, Anda harus selalu menyediakan masker di rumah dan membawanya terutama saat keluar rumah. Masker menjadi sangat diperlukan/wajib dipakai pada ruangan tertutup dan pengap seperti di kendaraan umum seperti bis, kereta api atau pesawat.

4. Hindari Kontak dengan Penderita TBC
Tips mencegah penyakit TBC selanjutnya adalah dengan tidak dekat-dekat atau tidak melakukan kontak terutama secara fisik dengan penderita TBC. Hal ini perlu dilakukan, mengingat penularannya bisa melalui udara atau cairan tubuh. Namun, Anda juga tidak boleh mengucilkan penderita TBC, yang penting hindari kontak dan selalu gunakan pelindung berupa masker dan baju tertutup.

5. Melakukan Pemeriksaan Lebih Lanjut
Jika Anda terpapar atau terjadi kontak dengan penderita TBC, sebaiknya segera cuci tangan dengan sabun sampai bersih. Bila perlu, segera hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memastikan kondisi Anda aman dari penyakit TBC.

Nah, itulah berbagai macam cara atau tips mencegah penyakit TBC yang perlu diketahui. Cara pencegahan yang paling penting dilakukan adalah dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar terhindar dari penyebaran kuman. Hal ini karena semua jenis kuman dan bakteri akan berakibat buruk bagi kesehatan Anda dan orang di sekeliling Anda. Semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mencegah Penyakit TBC Sejak Dini, Lakukan Hal ini!"