Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Minum Air Lemon dan Cara Konsumsinya

TipsKes.com, Manfaat Minum Air Lemon - Air perasan lemon dikenal memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh jika diminum secara rutin. Bisa membantu mengurangi berat badan adalah manfaat minum air lemon yang paling dikenal. Sehingga tidak mengherankan jika kaum hawa sangat menyukai buah lemon yang diperas dan diambil airnya. Dan masih banyak lagi manfaat dari air lemon yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan.

Lemon merupakan buah keluarga jeruk yang memiliki rasa asam yang khas dan kulitnya berwarna kuning terang. Nama lain dari lemon antara lain adalah sitrun, limun atau limau. Dalam dunia kuliner buah jeruk lemon sering dipergunakan sebagai penyedap masakan dan juga garnis. Selain itu juga bisa digunakan untuk menambah cita rasa segar pada masakan dan makanan.

Kembali pada manfaat minum air lemon bagi tubuh, cara konsumsinya bisa dilakukan dengan beberapa cara. Agar lebih jelas Anda bisa menyimaknya dalam penjelasan di bawah ini.

Manfaat Minum Air Lemon Perasan



1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Mengapa minum air lemon bisa membuat tubuh menjadi lebih ideal? Karena sistem metabolisme serta proses pencernaan akan menjadi lebih lancar. Itulah mengapa disarankan untuk minum air perasan lemon setiap hari terutama saat pagi. Sebaiknya minumlah air perasan lemon dengan suhu hangat untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

2. Membantu Proses Detoksifikasi
manfaat minum air lemon secara rutin akan membuat metabolisme tubuh lebih lancar yang juga akan membawa dampak positif pada pembuangan racun. Setiap hari tubuh terpapar polusi yang bisa menjadi racun yang menumpuk dalam darah. Meningkatnya kadar racun pada darah akan membuat tubuh menjadi lemas, mudah lelah dan tidak bersemangat.

Selain itu kadar racun yang tinggi di dalam darah kita akan membuat kulit wajah mudah berjerawat. Gatal-gatal pada seluruh bagian tubuh yang kita rasakan kemungkinan besar juga karena menumpuknya racun pada darah.

3. Menyegarkan Pernapasan
Apakah Anda sudah mengetahui bahwa manfaat minum air lemon sangat membantu untuk membuat napas tetap segar. Napas yang bau sering membuat orang merasa tidak percaya diri. Semua itu bisa diatasi dengan rajin minum air lemon terutama setelah mengkonsumsi makanan dengan bau yang tajam seperti bawang dan ikan. Lemon bermanfaat untuk merangsang produksi air liur pada rongga mulut.

4. Memenuhi Kebutuhan Vitamin C
Vitamin C merupakan nutrisi penangkal radikal bebas yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan serta kecantikan. Radikal bebas yang menyerang tubuh akan memicu terjadinya penyakit serius seperti kanker. Selain itu radikal bebas akan menyebabkan penuaan dini pada kulit sehingga akan mudah keriput dan kusam.

Bahkan demi bisa menjaga kecantikan kulitnya tidak jarang kaum wanita melakukan suntik vitamin C yang tarifnya tentu tidak murah. Mulai sekarang Anda bisa menggunakan air lemon untuk merawat kesehatan dan kecantikan. Jika dirasa perlu bisa dicampurkan dengan madu agar memperoleh manfaat dari keduanya. Rasakan manfaat minum air lemon dan madu bagi kecantikan Anda.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Vitamin C juga sangat bermanfaat dalam menjaga kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit terlebih pada saat musim pancaroba. Minum air lemon hangat setiap pagi ketika perut belum makan apapun akan membantu tubuh mengatasi flu. Itu disebabkan karena buah lemon memiliki sifat anti mikroba dan anti oksidan yang sangat baik.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Mematikan
Membantu tubuh menurunkan risiko dari serangan penyakit berbahaya adalah manfaat minum air lemon yang lainnya. Beberapa jenis penyakit yang sering menyebabkan kematian bisa diturunkan risikonya dengan rajin minum perasan lemon. Penyakit yang dimaksud antara lain adalah jantung, stroke, serta tekanan darah tinggi.

Semua manfaat minum perasan air lemon tersebut didapatkan karena adanya kandungan vitamin C pada buah tersebut. Sebutir buah lemon mengandung vitamin C sekitar 18,6 miligram sedangkan jumlah yang dibutuhkan tubuh setiap hari adalah 65 – 90 miligram. Air lemon juga bagus untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah yang bisa memicu serangan stroke dan jantung.

7. Untuk Diet yang Aman
Banyak kasus kematian terjadi karena diet yang terlalu ketat dan tidak dilakukan dengan benar. Obsesi untuk mendapatkan tubuh langsing sering membuat orang tidak berpikir tentang risiko berbahaya. Kalau Anda ingin mendapatkan tubuh yang langsing dengan cara aman gunakan saja buah lemon. Minum air lemon secara teratur bisa menjadi cara diet yang aman bagi kesehatan.

Agar manfaat minum air lemon untuk diet bisa maksimal lakukan dengan cara bertahap. Hari pertama dan kedua diet Anda sebaiknya tidak makan lemak, soda, susu dan kefein. Hari ketiga cukup konsumsi jus, kuah sayuran dan smoothies.

Pada hari keempat diet barulah Anda menggunakan air lemon sebagai bagian menu dengan menambahkan sedikit gula.

Memasuki hari kelima diet konsumsi air lemon sebanyak 6 hingga 12 kali dalam sehari. Lakukan selama 30 hari. bersambung insya allah...

Posting Komentar untuk "Manfaat Minum Air Lemon dan Cara Konsumsinya"