Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Minum Air Kelapa yang Luar Biasa

Manfaat Minum Air Kelapa - Sebagai penduduk negara tropis, masyarakat Indonesia sudah sangat mengenal dan merasakan manfaat minum air kelapa untuk kesehatan tubuh. Namun, ternyata manfaat air kelapa jauh lebih banyak dari yang selama ini sudah diketahui. Bukan hanya untuk kesehatan, air kelapa juga memiliki banyak khasiat untuk kecantikan. Penasaran apa saja manfaat lain dari air kelapa? Baca hingga tuntas ulasan dari TipsKes.com dalam tulisan kali ini.

Manfaat Minum Air Kelapa untuk Menjaga Kesehatan


Pohon kelapa sangat mudah dijumpai di Indonesia, terutama di daerah pantai. Air kelapa memiliki rasa yang sangat khas dan segar, apalagi jika diminum saat cuaca panas. Selain mengusir dahaga, air kelapa juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk menjaga tubuh tetap sehat karena sangat kaya akan nutrisi. Berikut ini beberapa manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah Dehidrasi
Air kelapa sudah sejak lama dikenal sebagai minuman yang sangat ampuh untuk mengatasi dehidrasi secara cepat. Menurut penelitian, air kelapa memiliki keseimbangan elektrolit dan plasma yang mirip dengan darah sehingga sangat baik untuk mengatasi kekurangan cairan tubuh, terutama pada orang yang mengalami diare, disentri, dan kolera.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal
Air kelapa juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal agar dapat berfungsi secara optimal. Kandungan kalium yang tinggi di dalam air kelapa berguna untuk melarutkan batu ginjal dan mencegah pembentukan batu ginjal.

3. Baik untuk Ibu Hamil dan Janin
Kondisi hamil membuat seorang calon ibu rentan terserang penyakit. Untuk melindungi tubuh ibu dan janin yang dikandungnya, ibu hamil disarankan minum air kelapa. Kandungan asam laurat di dalam air kelapa diketahui memiliki sifat anti jamur, antibakteri, dan antivirus.

4. Mengatur Kadar Kolesterol
Manfaat minum air kelapa berikutnya adalah membantu mengatur kadar kolesterol di dalam darah dengan cara menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Efeknya, Anda akan terhindar dari penyakit berbahaya akibat penyumbatan pembuluh darah, seperti jantung koroner dan strok.

5. Mengatasi Alergi pada Kulit
Anda yang sering mengalami gejala alergi, seperti gatal-gatal atau kemerahan di kulit bisa mencoba minum air kelapa untuk mengatasinya, selain mengonsumsi obat dari dokter. Air kelapa memiliki manfaat melawan bakteri, virus, dan jamur yang mengganggu kesehatan kulit.

6. Menurunkan Demam
Berikan air kelapa sebagai pertolongan pertama pada orang yang mengalami demam. Air kelapa mengandung vitamin dan mineral yang mampu menurunkan suhu tubuh sehingga kembali normal. Untuk mendapatkan khasiat ini, Anda perlu mencampurkan segelas air kelapa hijau dengan satu sendok madu dan air hangat.

7. Mengobati Campak
Air kelapa juga sering digunakan untuk mengobati penyakit campak. Air kelapa yang diminum secara rutin akan membantu membuat campak cepat kering dan mempercepat proses penyembuhannya.

8. Mengatasi Masalah Pencernaan
Jika Anda mengalami gangguan pencernaan, ada satu cara yang mudah dan enak untuk mengatasinya. Dengan rasa yang khas dan segar, manfaat minum air kelapa akan langsung bisa dirasakan. Mual dan kembung akibat pencernaan yang bermasalah akan segera hilang.

9. Menambah Energi dengan Cepat
Daripada mengonsumsi minuman energi dalam kemasan yang sering kali memberikan dampak negatif pada tubuh, lebih baik Anda minum air kelapa saat tubuh terasa kurang bertenaga. Kandungan vitamin, mineral, dan elektrolit pada air kelapa akan mengembalikan tenaga dalam waktu singkat.

10. Mencegah Hipertensi
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah pada penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) rata-rata mengalami penurunan setelah mereka rutin minum air kelapa. Hal ini menunjukkan, air kelapa memiliki khasiat menurunkan tekanan darah.

Khasiat Air Kelapa untuk Kecantikan



Selain untuk menjaga kesehatan, manfaat minum air kelapa lainnya yang tak kalah hebat adalah untuk merawat kecantikan. Jadi, bagi Anda yang ingin memiliki kulit dan rambut sehat dan indah, rajin-rajinlah minum air kelapa.

1. Menjaga Kecantikan Kulit
Air kelapa mengandung vitamin C yang dibutuhkan untuk memproduksi kolagen dan antioksidan untuk melawan radikal bebas. Satu gelas air kelapa dapat memenuhi 40% kebutuhan vitamin C harian.

Air kelapa juga mengandung asam laurat dan sitokin yang sangat penting dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. Dampaknya, kulit akan lebih sehat, kencang, dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

2. Mengatasi Kerontokan Rambut
Selain untuk kulit, manfaat minum air kelapa juga bisa Anda rasakan pada rambut. Air kelapa mengandung mineral, glukosa, fruktosa, sakarosa, dan fruktosa yang mampu mengatasi kerontokan sehingga rambut tampak lebih lebat dan indah.

3. Menurunkan Berat Badan
Kandungan serat pada air kelapa membuat perut terasa kenyang dalam waktu lebih lama. Minumlah air kelapa sebelum makan sehingga akan mengurangi porsi makan Anda. Jika dilakukan secara teratur, berat badan akan berkurang.

Menjaga kesehatan badan bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar. Beruntung lah kita yang tinggal di Indonesia karena bisa merasakan manfaat minum air kelapa dengan mudah dan murah. Jadi, jangan tunda lagi.

Posting Komentar untuk "Manfaat Minum Air Kelapa yang Luar Biasa"