Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Tahu! Ini 7 Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Tubuh

TipsKes.com | Kurma adalah salah satu buah yang berasal dari Timur Tengah. Buah dengan rasa manis dan legit ini indentik dengan ibadah haji dan umroh karena setiap orang yang pulang setelah berhaji dan umroh pasti membawa kurma untuk dijadikan buah tangan atau oleh-oleh.

Selain itu, kurma juga sangat indentik dengan bulan Ramadhan, karena saat bulan Ramadhan tiba kurma menjadi salah satu menu berbuka puasa yang disunnahkan bagi umat muslim.

Berbuka puasa dengan kuma disebutkan dalam salah satu hadits riwayat Al-Tirmidzi dibawah ini,

"Jika salah seorang dari kalian berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma kering (tamr), karena hal itu mengandung keberkahan. Jika tidak ada, maka berbukalah dengan air karena air itu mensucikan (HR. Al-Tirmidzi)"

Selain terdapat keberkahan, ternyata mengonsumsi buah kurma secara rutin ada banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Berikut ini Tipskes.com rangkum beberapa diantaranya;

7 Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Tubuh

1. Mencegah Kurang Darah atau Anemia
Kaum wanita yang masih berada pada usia subur tentunya akan mengalami haid setiap bulan sehingga akan kehilangan banyak darah. Mereka yang fisik dan kualitas gizinya kurang bagus bahkan bisa pingsan karena kekurangan darah saat haid. Buah kurma bisa menjadi salah satu pilihan menu yang akan membantu tubuh mengatasi masalah kekuranga darah atau anemia tersebut.

Buah kurma memiliki kandungan zat besi (iron) yang cukup tinggi sehingga akan membantu tubuh membangun kembali sel darah merah. Makan buah kurma secara teratur terutama saat datang bulan akan membantu wanita merasa tetap segar dan bisa beraktivitas secara normal.

2. Memperbaiki Kondisi Kulit
Mungkin sebelumnya Anda bahkan tidak terpikirkan sama sekali bahwa manfaat buah kurma sangat bagus untuk kulit. Rasanya di dunia ini semua wanita ingin memiliki kulit yang selalu sehat, halus dan cantik. Namun apa daya terkadang karena kesibukan, kondisi psikologis, cuaca dan lainnya membuat kulit rusak. Jangan kuatir, Anda tidak memerlukan skin care yang mahal cukup dengan kurma.

Buah kurma mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit untuk memperbaiki kondisinya sehingga akan selalu terjaga kecantikannya. Adanya kandungan asam pantotenat sebagai bagian dari vitamin B akan membantu kulit memulihkan kondisi kesehatannya.

3. Membuat Kulit Tetap Elastis
Selain membantu kulit dalam memulihkan kondisi terbaiknya ternyata buah kurma juga bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit. Mengapa demikian? Karena di dalam buah kurma terdapat vitamin C sebagai agen anti radikal bebas. Radikal bebas menyebabkan kerusakan dan penuaan dini pada kulit sehingga terlihat kusam dan berkerut. Kulit yang elastis akan membuat wanita terlihat lebih muda.

4. Membantu Program Kehamilan (Promil)
Membahas tentang manfaat buah kurma tidak bisa dipisahkan dari fakta tentang kesuburan wanita. Buah kurma muda diyakini bisa membantu kaum wanita yang sedang ingin mengandung atau menjalankan program kehamilan. Manfaat kurma muda sudah banyak dibuktikan sendiri oleh mereka yang merindukan kehadiran anak.

Di dalam buah kurma terdapat hampir semua nutrisi atau zat gizi yang dibutuhkan ibu untuk menjalankan program kehamilan. Adanya kandungan berbagai vitamin terutama B6 akan sangat membantu tubuh wanita dalam melancarkan produksi hormon. Vitamin B6 bermanfaat menjaga keseimbangan hormon estrogen dan progesteron yang sangat berpengaruh pada kesuburan wanita.

5. Membantu Proses Persalinan
Manfaat buah kurma yang tidak terduga sebelumnya adalah kemampuannya untuk membantu ibu dalam persalinan. Seorang ibu yang rajin dan rutin mengkonsumsi kurma akan sangat terbantu saat tiba waktunya melahirkan nanti. Menurut penelitian ternyata buah kurma akan membantu melancarkan proses persalinan pada ibu hamil.

Dalam jurnal yang berjudul Obstetrics and Gynecology disebutkan bahwa pada buah kurma terdapat zat yang akan menyebabkan dilatasi pada leher rahim (serviks). Hal tersebut akan membuat proses persalinan yang dijalani ibu menjadi lebih lancar dan mudah. Selain itu juga akan mengurangi durasi proses persalinan sehingga bisa lebih cepat.

6. Mencegah Terjadinya Pendarahan
Mencegah agar tidak terjadi pendarahan pada ibu saat persalinan juga merupakan manfaat buah kurma yang sangat bagus bagi wanita. Seperti kita ketahui bahwa cukup banyak terjadi kasus ibu meninggal saat melahirkan karena pendarahan yang sangat banyak. Dengan rajin mengkonsumsi buah kurma selama kehamilan akan membantu ibu menghindari pendarahan ketika persalinan.

7. Membantu Mengembalikan Kondisi Rahim
Selama masa kehamilan 9 bulan rahim ibu akan mengalami perubahan kondisi yang ekstrim. Begitu juga setelah melahirkan jika tidak dirawat secara benar bisa timbul penyakit rahim seperti tumor dan kanker. Semua hal tersebut bisa diatasi dengan buah kurma yang akan membantu kondisi rahim lebih cepat pulih seperti semula.

Mungkin masih banyak ibu yang belum tahu tentang manfaat buah kurma untuk membantu mempercepat pemulihan kondisi rahimnya. Mulai sekarang jangan ragu untuk rajin makan buah kurma selama masa kehamilan.

Posting Komentar untuk "Wajib Tahu! Ini 7 Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Tubuh"