Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Blueberry, Mulai Awet Muda hingga Anti Kanker

TipsKes.com, Manfaat Buah Blueberry - Buah yang berbentuk bulat dan memiliki warna biru kehitaman ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Buah keluarga berry ini diketahui mengandung vitamin C yang tinggi selain kandungan zat gizi yang lainnya pula. Manfaatnya yang segudang ini, membuat buah blueberry ini dijuluki sebagai superfood. Salah satu manfaatnya adalah mencegah penuaan dini atau membuat awet muda.

Penuaan dini salah satunya diakibatkan karena paparan radikal bebas yang berasal dari sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari. Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah blueberry ini dapat menangkal radikal bebas pada tubuh. Sehingga, gejala penuaan dini dapat teratasi. Selain itu, manfaat buah blueberry masih banyak lagi.

Manfaat Buah Blueberry untuk Tubuh



1. Meningkatkan Fungsi Otak dan Memori
Fungsi otak dan memori yang selalu dipakai, lama-kelamaan akan mengalami penurunan kemampuan. Kemungkinan, penurunan fungsi otak dan memori ini dapat disebabkan oleh stress atau tekanan. Baik di pekerjaan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Stres yang dialami ini mampu membuat otak mengalami penuaan, sehingga bisa menyebabkan mudah lupa.

Buah blueberry mengandung antioksidan tinggi, yang mampu menetralkan stres yang ada pada tubuh. Blueberry yang dikonsumsi setiap hari terbukti mampu mempengaruhi dan memperbaiki bagian-bagian otak. Sehingga fungsi otak dan memori dapat meningkat.

2. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh
Manfaat buah blueberry berikutnya yaitu meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh terhadap penyakit. Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah blueberry mampu menangkal radikal bebas akibat polusi ataupun asap rokok. Polusi atau asap rokok yang masuk ke saluran nafas dapat menyebabkan iritasi pada paru-paru. Disinilah antioksidan berfungsi, yaitu memperbaiki kerusakan paru-paru akibat paparan rokok.

Selain itu, antioksidan ini mampu menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga, tubuh tidak sampai berdampak negatif ketika terkena radikal bebas. Sumber utama antioksidan pada buah blueberry ini yaitu dari pigmen warna blueberry.

3. Anti Kanker
Kandungan utama buah blueberry yaitu vitamin A dan C yang tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan diketahui mampu memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, antioksidan ini lah yang melawan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh dan menetralkannya. Sehingga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Konsumsi buah blueberry dapat menghambat pertumbuhan kanker paru-paru.

Selain menghambat pertumbuhan kanker paru-paru, manfaat buah blueberry juga dapat menghambat kanker pankreas, mulut, faring, kolon, endometrium, prostat dan esofageal. Mengonsumsi buah ini secara rutin juga dapat menghambat pertumbuhan tumor hingga dapat menghilangkannya.

4. Mencegah Dehidrasi
Manfaat buah blueberry berikutnya yaitu mencegah dehidrasi pada tubuh. Rutin konsumsi jus buah blueberry ini dapat mengatangi dehidrasi. Buah ini diketahui mengandung 84% air. Sehingga, mampu mencegah timbulnya dehidrasi pada tubuh. Dehidrasi yang dialami tubuh dapat menimbulkan sembelit yang membuat sulit buang air besar, kepala pusing, hilang konsentrasi hingga kelelahan.

Apabila Anda melakukan aktivitas harian di lapangan ataupun pada suhu yang tinggi, penuhilah kecukupan kebutuhan air harian Anda. Anda dapat membawa bekal berupa buah blueberry ini pada menu makan Anda. Sehingga, kebutuhan air pada tubuh Anda dapat terpenuhi dengan baik.

5. Mengurangi Lemak Tubuh
Kandungan serat yang tinggi dan bahan polifenolnya mampu mengurangi lemak pada tubuh. Selain itu, kandungan ini juga mampu memperbaiki metabolisme pada tubuh. Sehingga, sistem metabolisme pada tubuh dapat seimbang dan penggunaan lemak dapat lebih banyak. Kandungan kalori pada buah blueberry ini juga rendah. Sehingga cocok untuk digunakan sebagai asupan menu diet Anda.

Lemak-lemak pada daerah perutpun juga dapat berkurang jika Anda mengonsumsi buah blueberry secara rutin. Hal ini karena, polifenol pada buah ini dapat menghilangkan lemak-lemak yang ada di sekitar perut Anda.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Parkinson
Manfaat buah blueberry selanjutnya yaitu mengurangi risiko penyakit Parkinson. Penyakit Parkinson dapat timbul sebagai akibat adanya kerusakan dan kematian sel-sel pada otak. Sehingga, kinerja sel saraf menjadi terganggu. Mengonsumsi buah blueberry secara rutin juga dapat mencegah penurunan kemampuan kognitif. Selain itu, juga mencegah kehilangan ingatan jangka pendek.

7. Merawat Kesehatan Tulang
Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah blueberry mampu meningkatkan penyerapan kalsium yang merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Selain itu, buah ini juga mengandung berbagai mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang misalnya vitamin K, magnesium, kalsium, zinc dan zat besi.

Zat gizi yang terkandung pada buah blueberry tersebut merupakan zat gizi yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan nutrisi untuk merawat kesehatan tulang. Mengonsumsi buah blueberry secara rutin dapat mencegah penurunan kualitas tulang dan mampu meningkatkan kekuatan tulang.

Posting Komentar untuk "Manfaat Buah Blueberry, Mulai Awet Muda hingga Anti Kanker"