Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Manfaat Buah Jambu Biji dan Daunnya

Sudah tahu apa saja manfaat buah jambu biji dan daunnya? Jambu biji atau yang biasa disebut guava ini dipercaya memiliki banyak sekali khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu buah yang berasal di Amerika Tengah ini memang sudah terkenal mengandung banyak sekali nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, antioksidan, kalium dan lain sebagainya.

Namun, tahukah Anda selain buahnya ternyata daun jambu biji juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Selain dapat mengobati diare dengan cepat dan efektif, ternyata masih ada manfaat lainnya yang belum diketahui oleh banyak orang. Nah, untuk mengetahui apa saja khasiatnya, berikut akan disajikan beberapa ulasan singkat terkait khasiat dari buah jambu biji beserta daunnya.

5 Manfaat Buah Jambu Biji dan Daunnya



1. Melancarkan Saluran Pencernaan
Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat dari daun jambu biji, maka sebaiknya kita perlu tahu khasiat dari buahnya. Seperti yang diketahui, salah satu manfaat buah jambu biji yaitu dapat melancarkan saluran pencernaan. Hal tersebut karena kandungan serat yang terdapat dalam buah ini terbilang cukup tinggi sehingga dapat mencegah dari sebelit dan masalah pencernaan lainnya.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Manfaat jambu biji untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh. Perlu diketahui, dalam jambu biji terdapat kandungan vitamin C yang tinggi bahkan melebihi kandungan vitamin C yang ada di buah jeruk. Umumnya vitamin C ini berkaitan dengan peningkatan penyakit infeksi . Nah, bagi Anda yang memiliki daya tahan tubuh lemah, disarankan untuk mengkonsumsinya.

3. Menurunkan Kolesterol
Tahukah Anda ternyata manfaat buah jambu biji dan daunnya yaitu dapat menurunkan kolesterol secara efektif. Hal tersebut dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Jurnal Nutrition and Metabolism pada tahun 2010. Dari penelitian yang dilakukan tersebut menunjukkan bahwa konsumsi jambu biji dan daunnya secara rutin dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kolesterol.

Dengan mengkonsumsinya secara rutin, Anda akan terhindar dari beberapa penyakit mengerikan seperti jantung, stroke, kardiovaskular dan lain sebagainya. Untuk itu pastikan untuk mulai mengkonsumsinya dengan rutin ya!

4. Mengontrol Gula Darah
Kadar gula dalam darah tinggi? Sebaiknya konsumsi buah jambu biji beserta daunnya mulai dari sekarang. Selain dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh ternyata manfaat buah jambu biji dan daunnya yaitu dapat mengontrol gula darah dengan efektif. Komponen yang terdapat dalam teh jambu daun biji terbukti dapat mengontrol gula darah dan menyerapnya sehingga tidak mengganggu tubuh.

5. Mengobati Kanker Pencernaan
Satu lagi manfaat buah jambu biji dan daunnya yaitu dapat mengobati kanker pencernaan yang sekarang ini banyak terjadi. Beberapa kandungan lyocepene, quercetin, dan vitamin C dipercaya sebagai komponen anti kanker dan antitumor. Semua komponen yang tersebut mampu menetralisir kerusakan yang diakibatkan karena radikal bebas yang terdapat pada tubuh kita.

Khasiat Buah Jambu Biji dan Daunnya untuk Kecantikan



1. Singkirkan Keriput
Tidak hanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, buah jambu biji juga memiliki banyak khasiat untuk kecantikan. Salah satu khasiatnya yaitu dapat menyingkirkan keriput yang berlebihan pada wajah. Seperti yang diketahui salah satu masalah yang seringkali dialami oleh para wanita sehingga membuatnya tidak percaya diri adalah masalah kulit yang keriput.

Oleh karena itu, untuk mencegah munculnya keriput yang semakin parah, sebaiknya untuk mulai mengkonsumsi jambu biji dan daunnya secara rutin. Jangan kaget jika setelah itu Anda akan mendapatkan kulit yang halus dan juga sehat.

2. Mengobati Jerawat
Manfaat buah jambu biji dan daunnya yang baik untuk kecantikan yaitu dapat mengobati jerawat yang membandel. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Chinese Medicine menunjukkan bahwa jambu biji memiliki sifat antibacterial yang kuat sehingga membuatnya mampu melawan bakteri yang masuk ke dalam kulit.

Dengan menggunakan daun jambu biji secara teratur, tentu saja akan sulit bagi bakteri menembus ke dalam pori-pori yang menyebabkan jerawat. Nah, untuk Anda yang memiliki kulit sensitif disarankan untuk menggunakan daun jambu biji secara rutin ya!

3. Mengurangi Bintik-Bintik Gelap
Punya masalah dengan bintik-bintik gelap atau noda di wajah? Pastikan untuk mengkonsumsi buah jambu biji dan daunnya secara rutin. Seperti yang diketahui, jambu biji dan daunnya memiliki kandungan yang dapat membantu mengurangi noda di wajah. Noda di wajah yang dimaksud di sini seperti bintik-bintik merah dan gelap yang ada di wajah Anda.

Setelah mengetahui beberapa manfaat yang sudah disebutkan di atas, pastikan untuk mulai mengkonsumsi buah jambu biji dan daunnya secara rutin. Dengan begitu Anda bisa merasakan berbagai manfaat dan terbebas dari beberapa penyakit mulai dari yang ringan hingga berat. Semoga informasi tentang manfaat buah jambu biji dan daunnya di atas bermanfaat dan membantu. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Macam-Macam Manfaat Buah Jambu Biji dan Daunnya"