Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Sepelekan Manfaat Banyak Minum Air Putih

TipsKes.com - Meski merupakan hal yang sering dilakukan setiap hari, belum banyak orang yang tahu tentang manfaat banyak minum air putih bagi kesehatan tubuh. Seperti diketahui, sebanyak 60% tubuh manusia terdiri dari cairan sehingga mencukupi kebutuhan cairan tubuh sangatlah penting. Kurangnya cairan atau dehidrasi bisa menyebabkan organ-organ tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

Menurut hasil penelitian, kekurangan 2% cairan menyebabkan gangguan fungsi otak, kekurangan 4%--6% cairan dapat menyebabkan sakit kepala dan tubuh lemah, kekurangan 12% cairan menyebabkan gangguan fungsi otot, dan kekurangan cairan mencapai 15%--25% berakibat sangat fatal. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan cairan adalah dengan minum banyak air putih.

Manfaat Banyak Minum Air Putih untuk Kesehatan


Minum air putih adalah hal yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, jangan sepelekan manfaat aktivitas sederhana ini. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi ari putih sehari-hari bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga Keseimbangan Cairan
Cairan sangat diperlukan tubuh dalam berbagai proses metabolisme, seperti pencernaan makanan, penyerapan nutrisi, sirkulasi darah dan oksigen, dan menjaga suhu tubuh tetap stabil. Jika tubuh kekurangan cairan, fungsi-fungsi tersebut akan terganggu dan kesehatan tubuh terganggu.

2. Mengatasi Sakit Kepala dan Tubuh Lemas
Salah satu manfaat banyak minum air putih yang paling dikenal adalah untuk mencegah dehidrasi dengan tanda-tanda sakit kepala dan tubuh terasa lemas. Jika merasakan gejala tersebut, segera atasi dengan minum air putih.

3. Meningkatkan Daya Kerja Otak
Air merupakan komponen penyusun otak yang paling besar, mencapai 73%. Oleh karena itu, rajin minum air putih sangat bermanfaat bagi otak agar mampu berfungsi maksimal. Orang yang cukup minum air putih akan lebih mudah fokus, berpikir, dan berkonsentrasi, baik dalam belajar maupun bekerja, dan selalu waspada.

4. Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh
Setelah diproses, setiap makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh akan menghasilkan ampas dan toksin yang bisa berbahaya jika tidak dibuang. Konsumsi air putih akan sangat membantu proses pembuangan racun dari dalam tubuh, baik melalui urine maupun keringat.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Orang yang memiliki daya tahan tubuh yang baik tidak akan mudah terserang penyakit. Salah satu manfaat banyak minum air putih yang sangat penting adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Di dalam tubuh, air akan mengangkut oksigen yang dibutuhkan oleh seluruh sel sehingga dapat tumbuh dengan sehat.

6. Menstabilkan Tekanan Darah
Sekitar 55% hingga 60% volume darah terdiri dari plasma darah yang berbentuk cairan. Plasma darah sendiri tersusun dari 92% air. Kekurangan air akan menyebabkan darah mengental dan tidak dapat mengalir dengan lancar. Kondisi ini akan mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi.

7. Mencegah Batu Ginjal
Minum air putih bermanfaat untuk pembentukan urine di dalam ginjal. Aliran urine yang lancar akan membantu melarutkan mineral yang terdapat dalam saluran kemih sehingga mencegah terbentuknya batu ginjal.

8. Melumasi Sendi
Pada sistem persendian, terdapat tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan. Karena sebagian besar terbuat dari air, kekurangan cairan akan membuat tulang rawan kehilangan fungsinya. Akibatnya, sendi-sendi tubuh akan terasa nyeri.

9. Menyehatkan Gigi dan Rongga Mulut
Manfaat banyak minum air putih untuk gigi dan mulut adalah membantu pembentukan air liur. Air liur berfungsi sebagai pembersih alami sehingga minum air putih akan mencegah gigi berlubang dan terjadinya gangguan rongga mulut.

10. Menurunkan Berat Badan
Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan pasti sangat disarankan untuk banyak minum air putih. Air putih akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membakar kalori lebih banyak. Secara tidak langsung, berat badan pun akan terkontrol.

Cara Mengonsumsi Air Putih yang Benar


Meskipun manfaat banyak minum air putih tidak diragukan lagi, bukan berarti Anda bisa meminumnya dengan sesuka hati. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam minum air putih yang benar.

  1. Kebutuhan cairan pada pria adalah 3,7 liter per hari dan pada wanita 2,7 liter per hari yang dapat dipenuhi dengan minum air putih, minuman lain, buah, dan sayuran.

  2. Berdasarkan kebutuhan tersebut, banyaknya air putih yang disarankan untuk diminum setiap hari adalah minimal 2 liter (8 gelas) per hari.

  3. Kebutuhan cairan juga dipengaruhi oleh cuaca, lingkungan, olahraga, kehamilan/menyusui, dan kondisi kesehatan.



  4. Cara minum yang baik adalah



    • lakukan sambil duduk;

    • minumlah seteguk demi seteguk;

    • jangan minum langsung banyak sekaligus, lakukan secara berkala;

    • air bersuhu ruangan atau air hangat lebih baik;

    • minumlah 30 menit sebelum makan;

    • jangan minum terlalu banyak sebelum/setelah makan;

    • minumlah saat haus karena inilah pertanda tubuh membutuhkan air.


Hal yang baik jika dilakukan secara berlebihan dan dengan cara yang salah juga bisa berakibat buruk. Begitu juga dengan minum air putih. Jadi, agar manfaat banyak minum air putih bisa Anda dapatkan secara maksimal, jangan lupa perhatikan juga aturan minum yang benar.

Posting Komentar untuk "Jangan Sepelekan Manfaat Banyak Minum Air Putih"