Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 4 Manfaat Kulit Manggis yang Jarang Diketahui

Manfaat Kulit Manggis - Siapa yang suka buah manggis? Jika Anda salah satu pecinta buah ini, pastikan untuk tidak membuang kulitnya karena tersimpan banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Sebagian besar orang tentu sudah tahu bahwa manfaat kulit manggis sangat baik tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga kecantikan. Karena banyaknya manfaat yang dimiliki buah ini, banyak orang yang tertarik untuk mengkonsumsi nya.

Seperti yang diketahui, buah manggis merupakan salah satu buah-buahan tropis yang banyak dijumpai di Negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Buah yang memiliki rasa asam manis ini menyimpan banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan seluruh bagian yang terdapat dalam buah manggis mulai dari buah hingga kulit luarnya memberikan manfaat untuk kesehatan. Lalu, apa saja khasiatnya?

Intip 4 Manfaat Kulit Manggis yang Jarang Diketahui



1. Menjaga Kesehatan Jantung
Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh semua orang terutama untuk mereka yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Salah satu khasiat yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi kulit manggis yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Kulit manggis sendiri sudah terbukti mampu menjaga dan juga menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Beberapa penyakit kronis yang dimaksud di sini seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, cardiovascular dan lain sebagainya. Kandungan Xanthones yang terdapat dalam kulit manggis terbukti dalam melancarkan pembuluh darah dalam tubuh. Sehingga akan menyusutkan penumpukan lemak dalam darah yang mana merupakan pemicu dari penyakit jantung.

2. Mencegah Kanker
Manfaat kulit manggis tidak hanya dapat menjaga kesehatan jantung tetapi juga dapat mencegah penyakit kanker. Kandungan Xanthones pada kulit manggis dipercaya dapat menangkal radikal bebas yang memicu penyakit kanker. Dengan mengkonsumsi teh kulit manggis secara rutin Anda dapat meminimalisir terkena salah satu penyakit yang mematikan ini.

Selain kandungan Xanthones, dalam kulit manggis juga terdapat antioksidan yang dapat mencegah proliferasi sel kanker. Bahkan kandungan yang satu ini sangat dianjurkan untuk mereka yang sudah positif terkena kanker dan dibarengi dengan kemoterapi dan radioterapi.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Selain dapat mencegah kedua penyakit berbahaya di atas, ternyata manfaat kulit manggis lainnya yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Seperti yang diketahui di dalam kulit manggis terdapat kandungan vitamin C yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Peran dari vitamin C sendiri yaitu menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga membuat Anda tidak mudah terserang penyakit.

Tidak hanya itu, bagian cangkang dari buah manggis sendiri mengandung senyawa anti-mikroba yang sangat efektif untuk menangkal Staphylococcus Aurous. Sehingga tidak heran seseorang yang suka mengkonsumsi teh dari kulit manggis tidak mudah terserang penyakit.

4. Mengatasi Penyakit Diabetes
Satu lagi manfaat kulit manggis yang mungkin masih jarang diketahui yaitu dapat mengatasi penyakit diabetes. Dalam kulit manggis mengandung rendah kalori sehingga aman dikonsumsi untuk mereka yang mengidap penyakit diabetes. Selain itu di dalam kulit manggis juga kaya akan serat sehingga dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh Anda tetap normal.

Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, Anda tidak bisa meminum rebusan air kulit manggis saja. Hal tersebut perlu diimbangi dengan menerapkan pola hidup sehat.

2 Tips Memilih Buah Manggis yang Manis



1. Warna Kulit Kehitaman
Salah satu ciri bahwa buah manggis tersebut manis dan segar yaitu memiliki warna kulit kehitam-hitaman. Ketika mulai matang, kulit manggis yang sebelumnya hijau akan berubah warna menjadi warna ungu kemerah-merahan. Biasanya jika masih memiliki warna merah maka rasa dari buah tersebut masih sedikit asam. Biasanya manggis yang sudah matang sempurna memiliki warna kulit ungu kehitam-hitaman.

2. Pilih Kulit Manggis yang Mulus
Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, ada banyak sekali manfaat kulit manggis baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Oleh karenanya penting sekali memilih buah manggis yang benar-benar berkualitas agar khasiatnya bisa kita dapatkan secara maksimal. Salah satu cara agar mendapatkan buah manggis yang bagus dan segar yaitu dengan melihat kulitnya.

Saat membeli buah manggis, pastikan untuk memilih manggis dengan kulit yang mulus. Pastikan untuk menghindari manggis yang memiliki getah kuning pada kulitnya. Mengapa? Getah kuning ini biasanya diakibatkan dari buah manggis yang memar di bagian dalam. Hal tersebut bisa terjadi karena terjatuh saat panen atau benturan dalam proses pengiriman.

Setelah mengetahui banyak manfaat kulit manggis, apakah Anda tertarik untuk mengkonsumsinya. Nah, jika Anda tidak suka mengkonsumsinya secara langsung maka Anda bisa membeli teh kulit manggis yang banyak dijumpai di pasaran. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pastikan untuk mengkonsumsi secara rutin dan sesuai dengan takaran.

Itulah beberapa manfaat kulit manggis yang mungkin masih jarang diketahui oleh banyak orang. Nah, agar Anda bisa mendapatkan khasiat dari kulit manggis di atas, pastikan untuk membeli buah manggis yang segar. Semoga informasi diatas bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Inilah 4 Manfaat Kulit Manggis yang Jarang Diketahui"