Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 4 Manfaat Buah Mangga, Ibu Hamil Wajib Tahu

Manfaat Buah Mangga - Mangga adalah salah satu buah yang populer dan sangat mudah di temui di Indonesia bila musimnya tiba.

Buah mangga sendiri ada banyak jenisnya, beberapa diantaranya yaitu mangga gedong gincu, mangga arumanis, mangga manalagi, mangga apukat, mangga apel, mangga golek dan mangga madu.

Seperti yang kita ketahui buah mangga sangat banyak manafaatnya untuk kesehatan tubuh, terlebih lagi untuk ibu hamil. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui apa saja manfaat buah mangga, berikut TipsKes.com rangkum dari sumber-sumber terpercaya.

4 Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil



1. Mencegah Penyakit Anemia
Buah mangga mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Di dalam buah mangga terdapat vitamin C dan zat besi yang bisa dikatakan cukup tinggi. Zat besi sendiri umumnya diperlukan tubuh untuk menjaga ketersediaan jumlah dalam tubuh kita. Sedangkan untuk vitamin C berguna untuk membantu menyerap zat besi.

Dengan adanya kombinasi vitamin C dan zat besi tersebut dapat membantu mencegah ibu hamil mengalami masalah anemia. Sehingga bagi Anda yang memiliki riwayat darah rendah, disarankan untuk mengkonsumsi buah mangga namun tidak berlebihan.

2. Mendukung Perkembangan Janin
Manfaat buah mangga untuk ibu hamil selanjutnya yaitu dapat mendukung perkembangan janin dalam perut. Perlu diketahui, dalam buah mangga terdapat kandungan asam folat yang mana dapat membantu perkembangan dan pembentukan otak serta sumsum tulang belakang janin.

Dengan mencukupi asam folat pada saat hamil ternyata juga dapat mencegah risiko bayi lahir secara prematur. Selain itu, vitamin A yang terdapat dalam buah mangga juga dapat membantu pembentukan gigi, tulang, perkembangan sistem mata, sistem jantung dan lain sebagainya.

3. Menjaga Saluran Pencernaan
Selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan di atas, manfaat buah mangga untuk ibu hamil lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan pencernaan. Tingginya kandungan serat yang terdapat dalam buah mangga dipercaya dapat mencegah sebelit yang sering terjadi saat memasuki usia kehamilan trimester pertama.

Selain itu, kandungan serat pada buah mangga juga membuat ibu hamil kenyang sehingga dapat menghindarkannya makan camilan yang tidak kesehatan janinnya. Tentu Anda tidak ingin terjadi masalah pada janin Anda, bukan?

4. Menyeimbangkan Cairan Tubuh
Manfaat buah mangga untuk ibu hamil lainnya yaitu dapat menyeimbangkan cairan tubuh dengan efektif. Seperti yang diketahui, ibu hamil membutuhkan asupan cairan dua kali lebih banyak dibandingkan dengan perempuan yang tidak hamil. Mengkonsumsi makanan yang mengandung asupan cairan yang cukup perlu dilakukan untuk menghindari dehidrasi.

Buah mangga yang kaya dengan elektronik ini dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain itu, kandungan elektrolit yang terdapat dalam buah mangga juga berperan dalam mengatur kinerja otak, jantung dan otot agar bisa berfungsi dengan normal.

Akibat Terlalu Banyak Mengkonsumsi Buah Mangga



1. Reaksi Alergi
Mengkonsumsi buah mangga untuk ibu hamil memang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan ibu dan janin. Namun meski begitu, pastikan untuk tidak terlalu berlebihan karena dapat menimbulkan beberapa efek samping untuk kesehatan. Salah satu efek samping dari mengkonsumsi mangga yang berlebihan yaitu munculnya reaksi alergi.

Tidak perlu khawatir, umumnya reaksi alergi ini hanya dirasakan oleh mereka yang memang alergi terhadap buah. Beberapa gejala yang menandakan bahwa orang tersebut terkenal reaksi alergi ini seperti mata berair, pilek, sakit perut, bersin dan lain sebagainya. Jadi bagi Anda yang sedang hamil sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi buah mangga terlalu banyak terutama jika memiliki riwayat alergi.

2. Berpotensi Karsinogenik
Selain mengetahui manfaat buah mangga untuk ibu hamil, penting sekali mengetahui efek samping yang ditimbulkannya. Salah satu akibat yang ditimbulkan jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak buah mangga yaitu berpotensi terkena Karsinogenik. Perlu diketahui, beberapa pedagang mangga menggunakan kalsium karbida yang berfungsi untuk membuat mangganya matang lebih cepat.

Tahukah Anda, ternyata zat tersebut dapat berrisiko memunculkan masalah karsinogenik yang membuat Anda kesemutan, mati rasa dan juga nuropati perifer. Oleh karenanya untuk menghindari hal tersebut pastikan untuk mengkonsumsi buah mangga secukupnya dan memilih mangga yang tepat.

Itulah beberapa ulasan singkat tentang manfaat buah mangga untuk ibu hamil beserta akibat yang ditimbulkan. Nah, agar tidak terkena beberapa risiko atau efek samping dari buah mangga pastikan untuk mengkonsumsi sesuai dengan takaran yang pas. Hal tersebut perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan Anda dan janin yang ada pada kandungan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu!

Posting Komentar untuk "Inilah 4 Manfaat Buah Mangga, Ibu Hamil Wajib Tahu"