Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Sakit Gigi dan Apa Saja Penyebabnya

Sakit Gigi memang sangat tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas Kita. Oleh karena itu, seseorang yang sedang sakit gigi pasti langsung mencari cara cara mengatasi sakit gigi dengan cepat dan ampuh. Cara yang bisa dilakukan juga beragam, bisa menggunakan pengobatan tradisional atau mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit atau nyeri.

Pasalnya, saat sakit gigi akan muncul rasa nyeri di bagian dalam atau sekitar gigi yang bermasalah. Sakit itu sendiri ternyata bukan hanya dikarenakan ada masalah gigi atau gusi. Tetapi orang yang sakit jantung atau gangguan saraf juga bisa sakit di bagian gigi. Jadi, jika sakit nyeri di bagian gigi mulai terasa parah, maka segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Penyebab dan Gejala Sakit Gigi


Ketika gigi Anda sakit, pasti ada masalah di bagian rongga mulut atau di bagian lain sebagai gejala penyakit. Nah, sebelum melakukan cara mengatasi sakit gigi, sebaiknya kenali dulu apa penyebab dan gejala sakit pada gigi yang Anda rasakan. Berikut ini beberapa penyebab sakit gigi yang disebabkan oleh masalah di rongga mulut:

  • Tumbuh gigi, seperti pada bayi atau anak-anak yang tumbuh gigi pertama atau pada orang dewasa saat tumbuh gigi geraham belakang

  • Adanya infeksi pada gigi atau gusi sehingga menimbulkan peradangan yang menyebabkan rasa sakit atau nyeri di bagian gigi dan sekitarnya

  • Mengalami gigi patah atau tanggal

  • Gusi mengalami pembengkakan

  • Gigi berlubang atau tambalan giginya yang sudah rusak dan perlu dirawat kembali

  • Ada masalah pada kawat gigi yang sedang dipakai

  • Adanya pembusukan atau muncul nanah pada gigi

  • Gigi bungsu yang tumbuh secara tidak normal

  • Kebiasaan buruk menggertakkan gigi (bruxism)


Cara mengatasi sakit gigi seharusnya disesuaikan dengan apa penyebabnya. hal ini karena tidak semua gigi yang sakit disebabkan karena adanya masalah pada bagian rongga mulut.

Pada beberapa kasus, gigi yang sakit bisa juga disebabkan oleh bentuk penjalaran sakit akibat seseorang mengalami sinusitis, penyakit jantung, kanker paru-paru dan juga gangguan saraf wajah.

Selain itu, seseorang akan memiliki lebih banyak risiko sakit gigi jika menderita diabetes, AIDS, mengkonsumsi obat-obatan tertentu dan merokok. Gejala nyeri atau sakit yang dirasakan juga bermacam seperti berdenyut, tertusuk-tusuk, sakit kepala, demam, nyeri telinga, sulit menelan dan lain-lain. Jika nyeri gigi sangat parah disertai banyak gejala dan berlangsung dua hari lebih, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Cara Mengatasi Sakit Gigi dengan Benar



Tidak semua sakit gigi harus langsung mendapatkan penanganan dokter atau harus cabut gigi. Semua permasalahan mengenai nyeri harus diketahui dulu apa penyebab dan gejalanya. Setelah itu, cobalah untuk meredakan sakitnya terlebih dahulu untuk melihat seberapa parah sakit gigi yang dideritanya. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan saat Anda mengalami sakit gigi, antara lain:

1. Pertolongan Pertama pada Sait Gigi
Saat merasakan sakit atau nyeri pada gigi, jangan terburu-buru memeriksakan ke dokter. Ketahui dulu penyebabnya, bisa saja hanya karena Anda kurang rajin menggosok gigi sehingga rongga mulut kotor dan menimbulkan sakit gigi. Nah, berikut ini adalah langkah pertama yang bisa dilakukan untuk cara mengatasinya di rumah, antara lain:

  • Kumur-kumur dengan air hangat atau cairan pembersih mulut (obat kumur antiseptik)

  • Jika sakit gigi akibat cedera, kompres pipi Anda dengan kompres dingin pada bagian gigi yang terasa sakit atau nyeri

  • Membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss atau benang gigi untuk menyingkirkan sisa makanan dan plak yang menempel pada gigi

  • Untuk membantu meredakan nyeri gigi, Anda boleh minum paracetamol sesuai takaran yang tertera pada kemasan obat

  • Gunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif, biasanya pasta gigi tersebut bisa membantu meredakan nyeri gigi



2. Periksa ke Dokter
Jika sudah dilakukan langkah pertama seperti di atas dan gigi Anda masih terasa sakit, barulah bisa konsultasi ke dokter. Berikut ini cara mengatasi sakit gigi yang akan dilakukan dokter sesuai dengan gejala atau penyebabnya:

  • Jika gigi Anda berlubang, langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menambalnya, namun jika terjadi pembusukan harus dibersihkan/di steril terlebih dahulu

  • Tambalan gigi tidak bersifat selamanya, jika terjadi kerusakan pada tambalan gigi maka bisa ditambal ulang

  • Jika terjadi infeksi pada akar gigi, biasanya dokter akan melakukan perawatan pada saluran akar gigi atau root canal

  • Jika gigi yang sakit disebabkan oleh infeksi bakteri, maka dokter akan memberikan antibiotik untuk melawan bakteri tersebut

  • Jika bermasalah dengan pertumbuhan gigi bungsu, gigi akan dicabut, juga berlaku sebagai cara terakhir jika cara-cara di atas tidak mempan


Nah, itulah berbagai macam cara mengatasi sakit gigi yang bisa dilakukan sendiri di rumah dan beberapa langkah penyembuhan dari dokter. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Sakit Gigi dan Apa Saja Penyebabnya"