Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Keputihan secara Alami Tanpa Obat

Cara Mengatasi Keputihan - Wanita sering kali akan dibuat cemas jika sudah terdapat masalah pada area organ intim mereka apalagi kalau menyangkut hal keputihan. Sebagian besar merasa takut dan bingung bagaimana cara mengatasi keputihan. Namun, sebenarnya permasalahan keputihan yang terjadi pada sebagian besar adalah proses yang wajar dan normal.

Keputihan ini dapat terjadi pada semua wanita. Baik mereka yang sudah menikah maupun belum. Hal ini karena keputihan merupakan bagian dari siklus kesuburan dari seorang wanita. Namun, keputihan yang menahun dan terasa tidak normal, maka harus segera mendapat penanganan yang tepat dari ahlinya.

Memahami Apa itu Keputihan


Sebenarnya wanita tidak perlu khawatir karena keputihan sebenarnya adalah proses yang normal terjadi. Hal tersebut membuktikan bawa diding dan leher vagina terdapat kelenjar yang sedang aktif memproduksi cairan. Cairan yang dikeluarkan ini sebenarnya digunakan sebagai antibodi atau pertahanan tubuh dalam menjaga kesehatan pada organ intim kewanitaan.

Keputihan akan dikatakan normal apabila warna cairan putih jernih ataupun seperti susu, tidak berbau dan tidak menimbulkan gatal pada organ intim wanita. Keputihan ini dapat terjadi pada waktu-waktu tertentu antara lain pada saat mentruasi, pada saat berhubungan seksual, saat hamil dan menyusui.

Pada keputihan yang masih taraf normal sebenarnya tidak ada cara mengatasi keputihan yang secara khusus. Tetapi jika keputihan sudah menemui gejala tertentu sehingga bisa dibilang tidak normal, maka hal ini butuh penanganan yang tepat dan cepat. Keputihan yang tidak normal ini bisa disebabkan oleh infeksi dari Vagianosis bateriallis, penggunaan pil kontrasepsi, kanker serviks, infeksi parasit maupun jamur, dan lain-lain.

Apabila keputihan dalam taraf yang normal saja, penanganannya bisa dilakukan secara pribadi, berikut cara mengatasi keputihan yang dalam batas normal.

Cara Mengatasi Keputihan yang Normal



  1. Kompres bagian intim yang gatal dan bengkak dengan kompres yang dingin

  2. Sebaiknya menggunakan kondom saat berhubungan intim atau anda menundanya sampai seminggu agar sembuh

  3. Apabila keputihan melebihi seminggu, terasa gatal, berbau, berwarna bukan warna normal, terjadi luka, pembekakan dan perih saat buang air kecil maka sebaiknya periksakan ke dokter terlebih dahulu agar mendapatkan penanganan yang tepat.


Jika terdapat gejala keputihan yang tidak seperti pada umumnya, maka segera periksakan ke dokter unutk penanganan yang tepat. Berikut adalah tanda-tanda keputihan yang sudah tidak normal dan perlu adanya penanganan lebih lanjut.

Tanda-tanda Keputihan yang Tidak Normal

  1. Berbau sangat menyengat

  2. Terjadi gatal dan kemerahan di organ intim

  3. Terjadi pendarahan ataupun bercak

  4. Perubahan warna cairan dari putih menjadi warna kuning bahakan hijau

  5. Cairan keputihan sanga lengket dan banyak


Keputihan yang tidak normal, sebaiknya segera dilakukan perawatan dan pengobatan yang tepat dan sesegera mungkin. Untuk menghindari terjadinya keparahan pada keputihan, Anda dapat mengikuti tips cara untuk mengatasi keputihan yang sudah tidak normal dan mengganggu kenyamanan Anda.

Cara Mengatasi Keputihan yang Tidak Normal



  1. Menggunakan celana dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan menggantinya dengan teratur. Usahakan area intim tetap kering dan kelembabannya terjaga. Biasanya bahan yang baik adalah bahan katun dan bukan bahan sintetis katun sehingga meyebabkan sangat lembab dan lecet. Lembab dan basah inilah dijadikan bakteri untuk lebih cepat berkembang biak.

  2. Membersihkan vagina setiap saat dengan membasuhnya dengan menggunakan air hangat atau sabun yang tidak berbau dan jangan menggunakan cairan pembersih organ intim yang justru akan membuat tidak seimbangan kadar keasaman dan kelembaban dia area vagina. Hal ini justru akan lebih memicu munculnya Vaginosis bacterial.

  3. Menjaga kesimbangan bakteri dan juga jamur pada area vagina dengan menghindari penggunaan wewangian berupa parfum, sabun beraroma, tisue beraroma, pembalut beraroma dll.

  4. Diusahakan agar wanita selalu mengkonsumsi makan yang sehat dengan kandungan gizi seimbang, disertai dengan olahraga yang teratur.

  5. Menghindari terlalu banyak berendam dengan air hangat.

  6. Menggunakan pembalut yang tepat saat menstruasi dan juga menggantinya secara teratur.


Adapun cara mengatasi keputihan yang bisa dilakukan selain yang di atas adalah melalui pengobatan. Jika benar-benar keputihan sudah abnormal, maka biasanya dokter akan memberikan obat seperti antibiotik (clindamicyn) untuk menyeimbangkan bakteri bahkan menghilangkan bakteri yang menjadi penyebab keputihan dan anti jamur (clotrimazole dan miconazole) obat ini seperti salep atau krim yang dioleskan.

Keputihan memang merupakan proses alami dan normal saja yang terjadi pada area vital. Akan tetapi hal ini tidak diboleh diabaikan oleh kaum wanita, karena jika dibiarkan begitu saja akan menjadi gejala yang abnormal dan mengganggu aktivitas dan kenyamanan wanita. Ada banyak cara untuk mencegah dan mengatasinya bisa dilakukan secara mandiri maupun meminta penanganan dokter apabila sudah dikatakan tidak wajar.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Keputihan secara Alami Tanpa Obat"