Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambah Berat Badan Secara Alami dan Efektif

Memiliki tubuh ideal menjadi dambaan banyak orang, namun untuk mendapatkannya bukan sesuatu yang mudah. Ada yang sulit menurunkan dan juga menambah berat badan. Setiap orang memiliki masalah untuk mendapatkan tubuh ideal, salah satunya adalah kesulitan menambah berat badan.

Akibat yang muncul dari permasalahan tersebut adalah memiliki  tubuh yang terlalu kurus. Kondisi ini cukup berbahaya, kenapa demikian? Bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Masalah ini bisa diatasi karena ada cara menambah berat badan secara alami.



Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk menambah berat badan yaitu fokus pada kandungan gizi makanan yang dikonsumsi. Lalu apa saja cara menambah berat badan secara alami? Simak uraian di bawah ini.

13 Cara Menambah Berat Badan Secara Alami



  1. Memilih Makanan yang Bernutrisi Tinggi


Ketika sedang program menambah berat badan tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi. Ingin gemuk boleh saja tetapi jangan sampai mengorbankan kesehatan. Oleh karena itu, lebih baik mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi. Contohnya, sayur-sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan.

  1. Makan Lebih Sering


Makan lebih sering dengan menu bernutrisi menjadi salah satu cara menambah berat badan secara alami. Cara ini cukup efektif daripada harus makan tiga kali sehari dengan porsi besar. Dalam program menambah berat badan sebaiknya makan sebanyak lima hingga enam kali dengan porsi kecil. Hal ini akan lebih baik karena orang yang kurus cenderung cepat kenyang.

  1. Memperbanyak Konsumsi Karbohidrat


Cara menambah berat badan secara alami selanjutnya yaitu memperbanyak konsumsi karbohidrat. Cara ini bisa dibilang sangat ampuh digunakan meski tanpa mengkonsumsi obat-obatan. Kandungan karbohidrat bisa diperoleh dari nasi, singkong, kentang, ubi jalar, gandum dan tepung.

  1. Mengkonsumsi Makanan Berlemak Baik


Kandungan lemak tak jenuh dalam makanan ternyata mengandung kalori tinggi dan baik untuk tubuh. Jenis lemak ini bisa membantu menambah berat badan tanpa menimbulkan efek samping berbahaya. Contohnya, alpukat dan kacang-kacangan. Anda juga bisa mengkonsumsi camilan berupa alpukat yang dijadikan selai dalam roti.

  1. Mengkonsumsi Jus atau Smoothies


Minuman ternyata juga memiliki pengaruh cukup besar dalam menambah berat badan. Jenis minuman yang direkomendasikan adalah jus atau smoothies, bisa dikonsumsi untuk sarapan pagi. Keduanya sangat cocok untuk menambah berat badan karena kandungan nutrisinya mudah diserap tubuh karena memiliki tekstur halus.

  1. Jangan Minum Sebelum Makan


Anda dilarang untuk minum sebelum makan supaya menghindari rasa kenyang datang di awal. Air biasanya cenderung membuat kenyang sehingga akan mengurangi nafsu makan. Lebih baik minum air ketika makan atau 30 menit setelahnya. Hal ini bisa membantu menyerap nutrisi lebih baik.

  1. Banyak Minum Air Putih


Seseorang yang memiliki badan kurus ternyata kekurangan cairan tubuh. Padahal untuk memenuhi cairan tubuh sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi banyak air putih. Air putih sangat baik untuk kesehatan terutama dalam membantu pengoperasian  fungsi organ tubuh. Dalam satu hari diharuskan mengkonsumsi minuman ini setidaknya 2 liter.

  1. Olahraga


Selama ini banyak orang menganggap bahwa olahraga hanya untuk menurunkan berat badan. Padahal aktivitas fisik ini dilakukan untuk hidup sehat. Olahraga yang rutin dilakukan secara rutin merupakan salah satu cara menambah berat badan secara alami. Setelah melakukan aktivitas fisik ini, nafsu makan akan meningkat dan tubuh akan mendapatkan kalori lebih banyak.

  1. Mengkonsumsi Camilan Sehat


Ketika menjalankan program menaikkan berat badan tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi camilan asalkan sehat. Contohnya, buah-buahan dan kacang kedelai. Buah sangat bagus untuk menambah berat badan, terutama pisang sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi camilan yang mengandung banyak minyak. Tujuannya untuk mengurangi kadar kolesterol.

  1. Rutin Minum Susu


Rutin minum susu merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menaikkan berat badan. Jenis yang dipilih adalah susu murni atau olahannya, seperti puding, yogurt, dan es krim. Biasanya minuman ini dijadikan penutup setelah makan siang.

  1. Diharuskan untuk Sarapan


Sarapan seringkali dianggap sebagai hal yang sepele. Padahal makan di pagi hari sangat dianjurkan karena memberikan energi selama beraktivitas. Bagi yang sedang menjalankan program menaikkan berat badan  dianjurkan untuk tidak meninggalkan sarapan. Menu yang bisa dipilih yaitu telur dadar dengan roti, susu dan sebagainya.

  1. Hindari Begadang


Begadang bakal menjadi sesuatu paling sulit dilakukan terutama bagi Anda yang suka bermain HP sebelum tidur. Padahal tidur larut malam merupakan musuh besar untuk menambah berat badan. Begadang menimbulkan efek tidak baik bagi kesehatan karena berisiko terserang penyakit ganas.

  1. Berhenti Merokok


Sudah sejak dahulu jika merokok sangat tidak baik untuk kesehatan. Rokok menjadi  pemicu menurunnya nafsu makan. Akibatnya menjadi malas untuk makan dan tubuh akan kekurangan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan.

Nah itulah 13 cara menambah berat badan secara alami. Diharapkan dengan adanya uraian di atas Anda tidak lagi bingung untuk menaikkan berat badan secara alami. 13 cara tersebut selain mudah juga efektif untuk dilakukan.

Posting Komentar untuk "Cara Menambah Berat Badan Secara Alami dan Efektif"