Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Dampak Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Istilah “Dilarang Merokok” pasti sudah sering lihat di berbagai tempat. Dibuatnya tulisan tersebut bukan tanpa alasan karena merokok memang tidak baik untuk kesehatan. Hal ini diperkuat dengan adanya lebih dari 4.000 bahan kimia yang ditemukan dalam rokok. Tentu bahan kimia tersebut sangat berbahaya untuk tubuh.

Meski ada banyak dampak merokok bagi kesehatan tubuh tetapi tidak dihiraukan lagi. Adanya kandungan nikotin dalam rokok menyebabkan kecanduan sehingga sulit untuk berhenti menggunakan. Semakin banyak rokok yang dibakar, semakin tinggi pula tingkat kecanduan dan risiko serangan berbagai penyakit.



Kenikmatan yang diberikan oleh rokok tidaklah sebanding dengan bahayanya bagi kesehatan. Dampak buruk yang muncul memang tidak langsung dirasakan tetapi akan terjadi seiring berjalannya waktu. Apa saja dampak merokok bagi kesehatan tubuh? Simak uraian di bawah ini.

5 Kandungan pada Rokok yang Berbahaya



  1. Tar


Kandungan tar dalam rokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tar yang diisap ketika merokok bisa mengendap di paru-paru. Zat ini memberikan dampak negatif pada kinerja rambut halus yang melapisinya. Rambut tersebut berfungsi untuk mendorong kuman maupun partikel asing lainnya keluar dari paru-paru.

  1. Karbon monoksida


Biasanya karbon monoksida ditemukan dalam asap knalpot mobil dan keberadaannya tidak terlihat dan terasa. Zat ini juga berada di dalam rokok dan keberadaannya bisa mengikat diri pada hemoglobin dalam darah secara permanen. Akibatnya dapat menghalangi suplai oksigen ke seluruh tubuh sehingga merasa kehabisan napas dan mudah lelah.

  1. Gas oksidan


Kandungan rokok yang juga berbahaya selanjutnya yaitu gas oksidan. Gas ini bisa bereaksi dengan oksigen. Dampak merokok bagi kesehatan tubuh karena keberadaan gas oksidan adalah berisiko mengalami serangan jantung dan stroke

  1. Banzene


Zat benzene dalam rokok bisa merusak sel pada tingkat genetik. Keberadaan zat ini seringkali dikaitkan dengan berbagai jenis kanker, seperti leukimia dan kanker ginjal. Jika tidak ingin sakit maka lebih baik hindari kebiasaan merokok.

  1. Nikotin


Nikotin ini merupakan zat adiktif yang bisa mempengaruhi saraf dan peredaran darah. Nikotin bisa bekerja dengan sangat cepat, hanya butuh waktu 15 detik untuk mencapai otak setelah dihirup. Keberadaan zat ini bisa menyebabkan muntah, kejang, depresi dan sebagainya.

8 Dampak Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Menyebabkan Kanker


Ada lebih 60 bahan kimia yang terkandung dalam rokok memiliki sifat karsinogen atau menyebabkan kanker, kanker menjadi salah satu dampak merokok bagi kesehatan tubuh. Asap rokok bisa meningkatkan radikal bebas dan memicu pertumbuhan sel tidak normal. Seperti kanker urus, kanker paru-paru, kanker mulut dan sebagainya.

  1. Jantung


Penderita penyakit jantung koroner atau pernah terkena serangan jantung biasanya adalah perokok. Rokok mengandung berbagai zat beracun yang bisa mengakibatkan rusaknya struktur otot jantung dan pembuluh darah jantung. Nikotin menjadi aktor utama  terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah. akibatnya menimbulkan penyakit jantung koroner.

  1. Stroke


Dampak merokok bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah mengalami stroke. Hal ini disebabkan oleh kandungan asap rokok seperti nikotin. Akibat buruknya bisa merusak pembuluh darah, sehingga aliran darah ke otak akan terganggu. Bagi perokok memiliki risiko lebih tinggi terserang rokok,

  1. Diabetes


Perokok aktif lebih berisiko untuk terserang diabetes, Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan nikotin dalam rokok. Asap yang dihasilkan bisa membuat kadar gula darah naik atau terlalu turun. Keberadaan nikotin bisa merubah proses kimia dalam sel hingga mengalami resistensi insulin. Ketika insulin terganggu maka kadar gula darah menjadi tidak terkendali.

  1. Gangguan Kehamilan dan Janin


Ibu hamil yang merokok atau terpapar asapnya berbahaya bagi janin di dalam kandungan. Akibat yang timbul adalah pertumbuhan janin menjadi terhambat. Hal ini akibat keberadaan nikotin dalam rokok menghalangi plasenta menyerap nutrisi dan oksigen ke bayi. Dampak lebih buruknya berisiko melahirkan bayi dengan berat badan rendah dan gangguan penyakit lainnya.

  1. Disfungsi Ereksi


Kandungan zat berbahaya dalam rokok juga bisa menyebabkan peredaran darah menuju organ vital menjadi terganggu. akibatnya bisa memicu terjadinya disfungsi ereksi. Selain itu, juga dapat menurunkan kualitas sperma.

  1. Bau Mulut dan Kerusakan Gigi


Bahaya dari kebiasaan merokok selanjutnya adalah menyebabkan bau mulut dan kerusakan gigi. Hal ini juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit gusi dan kerusakan indera perasa. Dampak paling mengerikan dari kebiasaan merokok adalah meningkatkan risiko munculnya kanker pada bibir, tenggorokan, dan lidah.

  1. Penyakit Paru Obstruktif Kronik


Perokok aktif maupun pasif sangat berisiko mengalami penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Penyakit ini menyerang saluran pernapasan. Selain itu, merokok juga menyebabkan gangguan pernapasan lainnya, seperti asma, bronkitis dan tuberkolosis,

Nah itulah 8 dampak merokok bagi kesehatan tubuh. Diharapkan uraian di atas bisa membantu untuk menghindari kebiasaan merokok. Selain menghabiskan banyak uang juga berisiko terserang berbagai penyakit.

Posting Komentar untuk "Berbagai Dampak Merokok Bagi Kesehatan Tubuh"