Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Mencegah Penyakit Diabetes, Anda Wajib Tahu!

TipsKes.com - Sebenarnya, tips mencegah penyakit diabetes atau penyakit lainnya cukup mudah yaitu dengan menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat. Hal ini karena kebiasaan buruk yang Kita lakukan dalam aktivitas sehari-hari itulah yang bisa membuat Kita sakit.

Salah satu penyakit yang bisa menyerang Kita adalah diabetes, yang disebabkan oleh kadar gula tinggi sehingga dapat merusak fungsi tubuh. Kadar gula yang tinggi bisa disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi gula atau gluten, terutama yang tidak sehat seperti rasa manis pada minuman kemasan. jadi, untuk mencegah risiko diabetes, sebaiknya Anda memulai pola hidup sehat.

Tips Mencegah Penyakit Diabetes


Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit gula atau diabetes, antara lain:

1. Membiasakan Tidur Cukup
Jika ingin sehat, maka hindari begadang dan usahakan tidur cukup sekitar 6-8 jam dalam sehari. Terlalu banyak begadang hanya akan membuat tubuh Anda memproduksi gula lebih banyak sehinga memiliki risiko penyakit diabetes.

2. Berolahraga Secara Rutin
Olahraga adalah kunci sukses untuk menjalani hidup sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. Dengan berolahraga, Anda akan mendapatkan tubuh yang sehat bugar, aliran darah lancar dan mengontrol berat badan.

3. Menghindari Stress Hingga Depresi
Mungkin terdengar sepele, tetapi membiasakan diri memenuhi kebutuhan psikologis adalah salah satu cara untuk menghindari penyakit. Seperti yang Kita ketahui, kesehatan mental bisa sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh Kita. Jadi, luangkan waktu untuk melakukan hobi dan bersenang-senang untuk menjaga kesehatan tubuh.

4. Mengatur Pola Makan yang Benar
Tips mencegah penyakit diabetes yang paling utama adalah menjaga pola makan yang sehat. Biasakan makan makanan sehat dan tidak berlebihan karena fast food atau junk food memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi. Selain itu, makanlah sesuai waktunya dan jangan berlebihan agar tubuh tidak menimbun sampah.

5. Memperbanyak Makan Buah dan Sayur
Makanan yang Anda makan juga harus sehat dan mengandung gizi tinggi seperti sayur dan buah. Ada banyak sekali jenis buah dan sayur yang baik untuk mencegah risiko diabetes seperti apel, anggur, strawberry dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa mengganti camilan dengan kacang-kacangan.

6. Menghindari Minuman Alkohol/Soda dan Rokok
Merokok merupakan kegiatan yang merugikan karena dapat merusak paru-paru serta juga sel pankreas dan dapat meningkatkan risiko diabetes. Hal ini juga berlaku untuk minuman beralkohol yang juga dapat merusak pankreas dan menimbun lemak tubuh. Selain itu, minuman kemasan juga mengandung banyak gula buatan yang tentu saja tidak sehat bagi tubuh.

7. Mengecek Kadar Gula darah Secara Rutin
Tips mencegah penyakit diabetes bisa dilakukan dengan rutin mengecek kadar gula darah Anda. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan kondisi tubuh Anda sehat dan aman dari risiko diabetes.

7 Jenis Buah-buahan Baik Untuk Diabetes



Nah, di bawah ini terdapat berbagai macam jenis buah yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah penyakit diabetes, antara lain:

1. Buah Apel
Buah apel sangat kaya dengan vitamin (A, B1, B3, B5, B6, B9, C) dan mineral yang baik bagi tubuh. Selain itu, buah apel juga mengandung antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas serta menurunkan kolesterol jahat.

2. Buah Anggur
Dengan mengkonsumsi buah anggur, Anda bisa mengontrol kadar gula darah dan mencegah diabetes. Jenis anggur yang disarankan untuk dikonsumsi adalah anggur merah, hitam dan hijau.

3. Buah Naga
Tips mencegah penyakit diabetes bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi buah naga baik dimakan langsung atau diolah menjadi jus dan lain-lain. Hal ini karena buah naga mengandung banyak vitamin C, karbohidrat, beta karotena, serat dan rendah kalori. Itulah mengapa buah naga sangat baik untuk mencegah diabetes karena dapat mengontrol kadar gula darah.

4. Buah Kiwi
Buah kiwi dapat mengontrol kadar gula darah dan menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Hal ini karena kiwi mengandung banyak serat, vitamin (C, E, A) dan mineral yang baik bagi tubuh. Bahkan, kadar vitamin C pada buah kiwi lebih banyak daripada jeruk dan kalium nya juga lebih banyak daripada buah pisang.

5. Buah Strawberry
Tips mencegah penyakit diabetes bisa Anda lakukan dengan rajin makan buah-buahan dan sayuran, salah satunya buah strawberry. Buah ini mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan tinggi. Strawberry dapat menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan kolesterol dan kadar glukosa serta mengontrol kadar gula darah.

6. Buah Ceri
Buah ceri memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga bisa mengontrol kadar gula darah tetap stabil. Selain itu, buah ceri juga mengandung antioksidan yang disebut anthocyanin sebagai anti inflamasi dan anti penuaan.

7. Buah Pir
Hampir sama dengan ceri, buah Pir juga memiliki kadar glikemik rendah yang baik untuk mencegah diabetes. Selain itu, buah ini juga lebih banyak mengandung serat yang baik untuk tubuh.

Nah, itulah berbagai tips mencegah penyakit diabetes yang bisa Anda lakukan. Semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "7 Tips Mencegah Penyakit Diabetes, Anda Wajib Tahu!"