Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesahatan Tubuh

Manfaat buah mengkudu begitu banyak, yang mana sangat bertolak dengan baunya yang bagi sebagian orang sangat tidak sedap. Namun meski memiliki bau yang sangat menyengat, buah mengkudu atau pace populer dijadikan opsi obat herbal yang ampuh utuk mengatasi dan mencegah berbagai macam penyakit.

Orang-orang masih banyak yang belum tahu akan khasiat unggulan buah mengkusu. Alasannya adalah rasa yang pahit hingga baunya yang menyengat, namun jika Anda mengabaikan dua fakta tersebut dan rutin mengonsumsinya, Anda akan mendapatkan manfaat yang banyak sekali. Apa saja manfaat tersebut? Yuk langsung saja disimak di bawah ini daftarnya.

Manfaat Buah Mengkudu sebagai Obat Herbal


1. Mengatasi Demam
Salah satu manfaat dari buah mengkudu yang masih jarang diketahui orang adalah khasiatnya yang bisa menurunkan demam. Buah mengkudu memang mengandung antivirus yang sangat berkhasiat untuk menurunkan suhu tubuh. Jadi kalau sedang demam jangan panik, segera saja konsumsi buah mengkudu lalu istirahat.

Selain bisa menurunkan demam, buah mengkudu juga ampuh untuk mengobati nyeri dan batuk. Jika Anda sedang batuk dan belum sembuh meski sudah dikasih obat, maka minum saja buah mengkudu. Cara mengonsumsinya bisa dengan menjadikannya jus atau dimakan langsung.

2. Menurunkan Risiko Encok
Buah mengkudu cocok untuk dikonsumsi manusia segala umur, tua maupun muda. Salah satu khasiatnya yang populer adalah bisa menurunkan risiko encok. Apakah encok itu? Encok adalah penyakit yang biasa diderita orang berumur yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat pada sendi.

Dengan rutin mengonsumsi buah mengkudu, maka konsentrasi asam urat dalam darah bisa dikurangi. Jadi penyakit encok akan menjauh dan Anda bisa bebas bergarak semau Anda dengan leluasa. Jadi meski pahit dan bau, jangan ragu lagi untuk konsumsi buah mengkudu ya.

3. Meingkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat buah mengkudu lainnya adalah untuk meningkatkan dan menguatkan kekebalan tubuh manusia. Kehebatan buah mengkudu ini karena nutrisi di dalamnya yang mengandung banyak sifat anti inflamasi, anti bakteri dan anti hastamine. Kandungan dalam buah mengkudu tersebut bisa meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh sehingga tubuh tidak mudah keok terserang penyakit.

Tidak cukup itu saja, kandungan zat anti bakteri dalam buah mengkudu juga sangat baik untuk pencernaan. Zat anti bakteri tersebut menumpas virus dan bakteri yang menyebabkan masalah pencernaan semisal diare, susah buang air besar dan lain sebagainya. Selain saluran pencernaan, saluran kencing juga akan lebih sehat dengan mengonsumsi buah mengkudu secara rutin.

4. Mengobati Arthritis
Buah mengkudu juga sangat ampuh mengatasi nyeri pada sendi yang berlebihan yang disebabkan oleh arthritis. Mengonsumsinya setiap hari akan menghindarkan Anda dari segala kerusakan sendi yang sering terjadi karena serangan penyakit arthristis. Ini karena kandungan analgesik yang artinya anti nyeri yang terdapat pada buah mengkudu.

Ada cara lainnya mendapatkan manfaat buah mengkudu untuk mengobati nyeri sendi selain dengan meminum buah mengkudu. Caranya adalah dengan membungkus daun buah mengkudu yang masih segar kemudian mengompreskannya ke daerah yang nyeri/bengkak akibat dari arthristis. Sangat mudah bukan?

5. Mengurangi Stress
Stress dapat menimpa siapa saja tanpa tekecuali, dari anak kecil hingga orang tua. Entah karena masalah pekerjaan, sekolah, hubungan dan lain sebagainya. Kabarnya baiknya, kombinasi jus mengkudu dan olahraga seperti yoga dapat membantu menghilangkan stess tersebut. Buah mengkudu memang hebat karena dapat mengelola stress dan fungsi kognitif pada otak manusia.

6. Mencegah Kanker
Kanker adalah salah satu penyakit mengerikan dan berbaya yang sebisa mungkin harus kita hindari. Kabar terkini, kanker termasuk salah satu penyakit yang paling sering membunuh manusia. Oleh karena itu mulai sekarang laksanakan pola hidup sehat dengan hanya mengonsumsi makanan dan minuman yang alami, salah satunya adalah buah mengkudu.

Apa hubungan buah mengkudu dengan kanker? Jangan salah, buah pahit dan bau ini memiliki zat antioksidan yang dapat mencegah kanker merusak tubuh manusia. Zat antioksidan ini ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan tumor sekaligus mengecilkan risiko munculnya sel kanker.

7. Menurunkan Kolestrol
Kolestrol sangat berkaitan erat dengan penyakit kardiovakular semisal penyakit jantung. Jadi jika kolestrol Anda tidak bisa dijinakkan, maka siap-siap saja terjangkit penyakit silent killer yaitu serangan jantung. Oke, jangan panik karena kabar baiknya buah mengkudu yang pahit itu bisa sangat ampuh mengurangi jumlah kolestrol tubuh secara maksimal.

Manfaat buah mengkudu ini tepatnya adalah dengan meningkatkan kadar lipoprotein dengan kepadatan yang tinggi. Lipoprotein adalah jenis kolestrol yang baik yang tidak akan membahayakan tubuh manusia. Jadi kolestrol jahat tersebut digantikan dengan kolestrol sehat sehingga risiko penyakit kardiovaskular bisa dihindari.

Demikianlah ulasan manfaat buah mengkudu yang bisa menjadi opsi obat herbal untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Jadi meskipun rasanya pahit dan bau, buah ini mengandung banyak sekali khasiat yang sangat sayang bila tidak dimanfaatkan.

Posting Komentar untuk "7 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesahatan Tubuh"