Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Buah Jeruk, Diantaranya Mampu Menrunkan Berat Badan

Manfaat Buah Jeruk - Buah jeruk merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia bahkan dunia. Buah ini dapat ditemukan pada hampir semua belahan dunia. Buah jeruk memiliki kandungan utama vitamin C yang baik untuk kesehatan. Memiliki rasa manis hingga asam, buah jeruk banyak dimanfaatkan untuk minuman selain langsung dimakan sebagai buah.

Buah jeruk dikenal memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengatasi sariawan dan mencukupi kebutuhan vitamin C pada tubuh. Sehingga, kekebalan tubuh dapat terjaga. Selain memiliki manfaat tersebut, masih banyak lagi manfaat buah jeruk yang berguna untuk kesehatan.

Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan



1. Menurunkan Kolesterol
Buah jeruk mengandung serat yang mudah larut dalam air. Berkat kandungan serat tersebut, buah jeruk mampu menurunkan kolesterol dalam darah. Sehingga, kolesterol yang ada pada tubuh dapat terkontrol jika Anda mengonsumsinya secara rutin. Selain mendapatkan manfaat turunnya kolesterol pada darah, juga tercukupinya vitamin C pada tubuh.

Kadar kolesterol yang normal pada tubuh dapat menurunkan risiko penyakit-penyakit lain yang diakibatkan oleh tingginya kolesterol pada tubuh Anda. Sehingga, tubuh Anda tidak mudah terserang penyakit yang berbahaya.

2. Mencegah Penuaan Dini
Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah jeruk dapat berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan kulit. Adanya antioksidan pada buah jeruk ini dapat mencegah penuaan dini dan kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari. Selain itu, vitamin C pada buah jeruk dapat merangsang pembentukan kolagen pada kulit yang membuat kulit menjadi elastis dan lebih halus.

Pembentukan kolagen pada kulit ini dapat mengurangi keriput yang timbul pada kulit dan memperbaiki tekstur pada keseluruhan permukaan kulit. Sehingga, kulit menjadi lebih halus. Selain itu, kulit yang sehat ini akan menghindarkan dari timbulnya jerawat.

3. Mengatasi Sembelit
Sembelit seringkali dialami oleh mereka yang jarang minum air putih dan memiliki kegiatan yang banyak duduk. Akibatnya, mereka kesulitan untuk buang air besar. Hal ini akan membuat perut menjadi penuh dan terasa tidak nyaman. Begitu pula ketika mereka harus buang air besar, namun terasa sulit karena keras. Untuk mengatasi hal tersebut salah satunya adalah mulailah mengonsumsi jeruk secara teratur.

Buah jeruk mengandung serat yang laut air dan tidak larut air. Konsumsi serat yang cukup ini akan dapat membantu melancarkan pencernaan dengan cara mengeluarkannya. Selain itu, manfaat buah jeruk juga dapat menstimulasi cairan pada pencernaan sehingga mampu mengatasi sembelit.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Tulang yang sehat merupakan tulang yang kuat, tidak mudah patah dan cukup kandungan kalsium untuk menopang seluruh bagian tubuh. Mengonsumsi buah jeruk ini diketahui mampu meningkatkan kesehatan tulang. Vitamin C yang ada pada buah jeruk ini mampu membantu penyerapan kalsium dan vitamin D pada tubuh. Dimana kedua komponen tersebut merupakan komponen yang amat penting untuk kesehatan tulang.

Konsumsi buah jeruk untuk meningkatkan kesehatan tulang ini amat sesuai untuk masyarakat yang telah berumur lebih dari 40 tahun. Sebisa mungkin pada menu makanannya selalu tersedia buah jeruk. Hal ini dapat menyumbang asupan vitamin C dan penyerapan komponen yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang Anda.

5. Menurunkan Berat Badan
Kandungan gizi yang baik pada buah jeruk, terutama vitamin C yang dapat berfungsi sebagai antioksidan ini mampu menurunkan berat badan. Sistematikanya yaitu vitamin C akan mampu mengurangi bahkan menghilangkan stres oksidatif yang menyerang tubuh. Manfaat buah jeruk yang lainnya yaitu mampu menurunkan lemak dalam darah dan glukosa, serta menjaga kesehatan jantung.

6. Pencegah Penyakit Jantung
Penyakit jantung merupakan faktor kematian terbesar di dunia. Berbagai macam cara dilakukan untuk mengatasi penyakit jantung ini. Manfaat buah jeruk diketahui mengandung senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan membantu mencegah adanya kerusakan kolesterol akibat oksidasi kolesterol. Adanya oksidasi kolesterol dalam darah ini akan mengganggu kesehatan jantung Anda.

Kolesterol yang telah mengalami oksidasi ini akan menuju pembuluh arteri. Masalahnya kemudian adalah kolesterol ini akan menempel pada dinding arteri. Akibatnya dinding arteri akan menyempit dan lama-kelamaan akan mengalami penyempitan dan pada akhirnya akan mengalami penyumbatan pembuluh arteri.

7. Mencegah Kanker
Kandungan antioksidan pada vitamin C yang berada pada buah jeruk diketahui dapat mencegah kanker. Antioksidannya ini mampu menangkal radikal bebas dari sinar ultraviolet dan debu polusi. Selain itu, kandungan limolene yang berfungsi sebagai agen penghambat adanya kanker pada tubuh.

Senyawa limolene ini diketahui mampu mengikis dan mengurangi sel kanker. Bahkan mampu menghancurkan lemak. Sehingga, lemak tidak akan dibiarkan begitu saja, namun juga dibasmi hingga ke akar-akarnya. Selain itu, manfaat buah jeruk ini mampu mencegah berbagai macam kanker seperti kanker payudara, kulit, mulut, paru-paru dan usus besar.

Posting Komentar untuk "7 Manfaat Buah Jeruk, Diantaranya Mampu Menrunkan Berat Badan"