Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Pola Hidup Sehat Alami Super Mudah

Pola hidup sehat alami berikut ini bisa Anda lakukan untuk menjadi pribadi yang sehat jasmani dan rohani. Masih banyak orang yang belum memahami bagaimana cara melakukan hidup sehat. Padahal, selain kebahagiaan, hidup sehat adalah kunci utama panjang umur. Bukannya mendahului takdir, namun biasanya orang yang sehat dan bahagia akan hidup lebih lama.



Lebih-lebih di era modern ini di mana sering bermunculan berbagai jenis penyakit yang berbahaya dan mematikan. Ini karena manusia lupa menjalankan pola hidup sehat dan memasukkan segala jenis makanan dalam tubuh padalah sumber utama penyakit adalah makanan yang kita telan. Namun jangan khawatir, di bawah ini akan kami ulas bagaimana tips hidup sehat alami.

Tips Pola Hidup Sehat Alami Super Mudah


Hindari Stress

Tips pola hidup sehat alami pertama yang bisa Anda praktikkan adalah dengan membebaskan diri dari stress. Banyak hal yang bisa memicu stress mulai dari macet, kerjaan menumpuk, masalah finansial, asmara dan masalah kehidupan lain yang tidak ada habisnya. Jangan sepelakan masalah ini, karena jika Anda stress maka tubuh akan meresponnya dengan cara yang berbeda.

Intinya stress akan mempengaruhi kesehatan tubuh Anda, jadi jangan kaget jika stress yang dibiarkan akan memicu berbagai macam penyakit berat. Misalnya saja darah tinggi, jantung, obesitas dan masih banyak lagi. Terus bagaimana cara menghindari stress yang ampuh? Mudah saja kok, intinya manjakan diri Anda dengan melakukan berbagai hal yang Anda cintai.

Olahraga secara Teratur

Tips pola hidup sehat alami berikutnya adalah dengan rajin olahraga secara teratur. Olahrga tidak harus jogging atau pergi ke gym kok, intinya lakukan saja olahraga yang Anda senangi yang bisa mengeluarkan keringat. Misalnya saja berenang, bersepeda, yoga dan masih banyak lagi. Intinya buat tubuh Anda bergerak sesering mungkin dalam satu hari.

Dengan rajin olahraga, kalori dalam tubuh akan terbakar, sehingga berat tubuh Anda bisa tetap ideal. Selain itu olahrga juga bisa membuat aliran oksigen dalam tubuh semakin lancar dan membuat tubuh tetap sehat. Jadi jika Anda ingin hidup sehat dan panjang umur, jangan lupa olahraga, sekecil apapun itu semisal jalan kaki dan naik tangga.

Bijak dan Selektif dalam Memilih Makanan

Ada yang mengatakan bahwa dirimu yang sebanarnya bisa dilihat dari apa yang sudah Anda makan selama ini. Jika makanan yang Anda konsumsi sehat, maka tubuh Anda juga akan sehat, hal ini juga berlaku sebaliknya. Jadi selalu perhatikan makanan yang masuk ke dalam perut Anda, jangan pernah asal karena dari makanan tersebut lah sumber penyakit berasal.

Pastikan juga porsi makanan harian yang Anda konsumsi telah memenuhi gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Cara pengolahannya juga harus diperhatikan, hindari makan makanan yang rumit cara pengolahannya misalnya seperi digoreng lebih dahulu. Jangan lupakan juga porsi makanan, karena porsi yang berlebihan akan menyebabkan kegemukan.

Kurangi Konsumsi Gula

Makanan manis memang menggoda lidah, namun jika Anda ingin terhindar dari penyakit dan hidup lebih lama, kurangilah makan makanan yang manis. Misalnya saka cupcake, brownies, es krim dan makanan-makanan lain yang mengandung gula alami atau buatan. Makan makanan yang mengandung gula yang tinggi akan mengakibatkan diabetes, yang akan membuat Anda rentan terkena penyakit kronis.

Jadi mulai sekarang hindari takaran gula yang Anda konsumsi. Sebagai sumber karbaohidrat, Anda juga bisa beralih ke beras merah atau oat yang kaya serat dan randah gula yang akan mengindarkan diri Anda dari penyakit diabetes. Hindari juga minum minuman kemasan yang kadar gulanya sangat tinggi. Anda bisa makan buah-buahan segar yang sehat yang tidak terlalu mengandung banyak kadar gula.

Banyak Minum Air Putih

Kandungan air dalam tubuh kita akan berkurang melalui keringat, urin dan saat kita bernafas. Jadi jika Anda ingin tetap sehat, maka sangat penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita akan air putih atau mineral. Apalagi sebanyak 60% komposisi tubuh manusia adalah air. Asupan air mineral yang cukup akan membuat Anda terhindar dari dehidrasi sekaligus mencegah Anda minum minuman yang manis.

Tidur dengan Cukup

Tips pola hidup sehat alami berikutnya adalah dengan tidur yang cukup. Meskipun Anda rajin olahraga dan makan makanan yang sehat, namun sama saja jika Anda tidak mendapatkan tidur yang berkualitas. Selain sebagai obat ngantuk, tidur juga bisa menjadi kesempatan tubuh Anda untuk istirahat setelah seharian beraktivitas.

Setidaknya lama tidur yang ideal adalah selama 8 jam per malam. Jangan hobi begadang karena bisa memicu berbagai macam penyakit seperti obesitas dan jantung.  Saat tidur tubuh Anda akan mengumpukan energi yang bisa Anda gunakan untuk beraktivitas keesokan harinya.

Demikianlah tips pola hidup sehat alami yang bisa Anda praktikkan untuk bisa hidup sehat, panjang umur dan bahagia. Kesehatan adalah anugrah yang paling berharga, karena tanpanya kita tidak akan bisa menikmati anugrah lain yang disiapkan Tuhan untuk kita manusia.

Posting Komentar untuk "6 Tips Pola Hidup Sehat Alami Super Mudah"