Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

TipsKes.com - Jika Anda sedang mencari cara mengatasi rambut rontok, simak baik-baik ulasan berikut ini. Rambut rontok itu sendiri merupakan salah satu masalah rambut yang paling ditakuti oleh banyak orang, terutama wanita. Hal ini karena masalah rambut rontok yang berlebihan dan berlangsung lama bisa menyebabkan kebotakan. Masalah lainnya yang bisa timbul yaitu rambut menjadi lebih tipis dan tidak sehat.

Sebenarnya, rambut yang rontok itu hal yang wajar dan setiap hari bisa mencapai 100 helai. Namun, akan menjadi sebuah masalah yang serius apabila rambut yang rontok melebihi 100 helai atau sangat banyak dan tidak wajar. Hal itu bisa disebabkan oleh kondisi psikologi seseorang, misalnya saat sedang stress kerontokan pada rambut pasti bertambah.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan


Ada berbagai macam kondisi yang menyebabkan rambut mengalami kerontokan, antara lain yaitu:

  • Saat hamil, biasanya rambut rontok secara berlebihan atau tidak wajar karena pengaruh hormon

  • Jika Anda mengidap penyakit tertentu juga bisa berpengaruh pada rambut dan menyebabkan kerontokan karena kondisi tubuh Anda sedang tidak sehat

  • Rambut yang rontok juga bisa disebabkan karena konsumsi obat-obatan tertentu, bisa juga karena konsumsi obat saat menjalani terapi

  • Kebiasaan makan makanan yang tidak sehat juga bisa berpengaruh pada kesehatan rambut dan kulit kepala sehingga menyebabkan kerontokan

  • Kondisi kesehatan mental seseorang juga bisa berpengaruh pada kesehatan rambut, seperti saat stress atau depresi


Cara mengatasi rambut rontok bisa dilakukan jika kerontokan rambut sudah berlebihan hingga mengikis ketebalan rambut atau menimbulkan gejala kebotakan. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini jika mengalami kerontokan berlebihan pada rambut, antara lain:

1. Lakukan Pemijatan Ringan pada Kulit Kepala
Untuk mengatasi rambut rontok, Anda bisa melakukan pijatan ringan pada kulit kepala menggunakan minyak almond, minyak kelapa atau minyak wijen. Dengan begitu, kulit kepala akan lebih rileks dan bisa membantu menghilangkan stress. Selain itu, pijatan tersebut bisa menyingkirkan ketombe serta infeksi kulit kepala dan memperlancar sirkulasi darah sehingga dapat menstimulasi folikel rambut.

2. Jangan Sisir Rambut yang Masih Basah
Saat basah, folikel rambut menjadi lebih lemah sehingga lebih baik jangan disisir terlebih dahulu. Biarkan hingga kering dulu, baru boleh disisir agar tampilannya lebih bagus. Mengeringkan rambut juga jangan menggunakan hair dryer karena bisa cepat rusak, jadi biarkan saja mengering sendiri.

3. Istirahat atau Tidur yang Cukup
Cara mengatasi rambut rontok juga bisa dilakukan dengan membiasakan diri tidur yang cukup sekitar 7 hingga 8 jam. Dengan begitu, hormon di dalam tubuh Anda tidak akan terganggu dan menjaga kesehatan mental juga. Dengan hormon dan kesehatan mental yang baik, Anda akan terhindar dari kerontokan rambut.

4. Hindari Stress atau Depresi
Kondisi psikologis seseorang bisa sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh mereka. Seseorang yang mengalami stress atau depresi bisa menyebabkan penurunan berat badan, terkena penyakit diabetes, stroke, bahkan kerontokan rambut.

5. Makan Makanan Bernutrisi untuk Rambut
Untuk mendapatkan nutrisi dari dalam, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi untuk rambut. Untuk memperkuat akar rambut, Anda bisa makan kacang-kacangan yang mengandung asam lemak omega 3. Selain itu, konsumsi makanan tinggi protein yang mengandung zat penyusun rambut agar lebih kuat dan tidak mudah rontok.

6. Melakukan Perawatan Rambut Secara Rutin
Cara mengatasi rambut rontok bisa dengan melakukan perawatan rambut secara rutin. Anda bisa menggunakan masker rambut dari bahan-bahan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah. Selain itu, bisa juga menggunakan serum atau vitamin rambut dari produk-produk rambut.

Cara Merawat Rambut untuk Menghindari Rontok



Nah, untuk melakukan perawatan sendiri di rumah, Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan di bawah ini, antara lain:

1. Telur
Membuat masker rambut dari telur bisa membantu pertumbuhan tambut karena mengandung kadar protein tinggi. Caranya cukup mudah yaitu dengan menambahkan beberapa tetes minyak zaitun pada telur, lalu kocok dan diaplikasikan pada rambut. Setelah 20 menit, bilas dengan air dan shampoo untuk menghilangkan bau amis.

2. Minyak Kelapa
Cara mengatasi rambut rontok bisa dilakukan dengan menggunakan minyak kelapa atau santan untuk mengembalikan folikel rambut yang rusak. Caranya mudah, yaitu dengan cara melakukan pijatan pada kulit kepala menggunakan santan atau minyak kelapa selama 10 menit, lalu dibilas. Kandungan pada minyak kelapa atau santan bisa melembapkan rambut dan kulit kepala yang tidak sehat atau kering.

3/ Lidah Buaya
Seperti yang diketahui, lidah buaya dipercaya dapat menumbuhkan rambut lebih cepat karena mengandung vitamin, asam amino dan mineral. Nah, sebelum mengalami kebotakan karena rambut yang rontok, Anda bisa merawatnya agar tidak mudah rontok.

4. Alpukat
Alpukat mengandung vitamin B dan vitamin E untuk menjaga kesehatan rambut dan melindungi dari kerontokan. Caranya dengan menggunakan alpukat sebagai masker rambut ditambah minyak zaitun atau madu.

Nah, itulah berbagai macam perawatan dan cara mengatasi rambut rontok yang terlalu berlebihan. Semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan"