Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Asam Lambung dan Hal yang Harus Dihindari

TipsKes.com, Cara Mengatasi Asam Lambung - Asam lambung memang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencerna makanan, namun jika terlalu banyak bisa menyebabkan kondisi sakit. Itulah mengapa banyak yang mencari cara mengatasi asam lambung dengan pengobatan alami maupun berobat ke dokter. Kondisi asam lambung yang berlebihan bahkan bisa mengancam kesehatan jiwa Anda.

Saat asam lambung berlebihan, penderita akan merasa sakit di bagian dada dan ulu hati, sulit menelan dan mulut terasa asam/pahit. Hal ini karena asam lambung tersebut sudah naik ke kerongkongan, jika dibiarkan bisa merusak kinerja katup antara kerongkongan dan lambung. Kondisi asam lambung yang berlebihan tersebut bisa dipicu oleh banyak hal seperti kondisi kehamilan, obesitas dan lain sebagainya.


Gejala Seseorang Mengalami Asam Lambung Tinggi


Sebelum melakukan berbagai macam cara mengatasi asam lambung, sebaiknya ketahui terlebih dahulu gejala-gejalanya. Untuk mengetahui hal itu, berikut ini gejala-gejala yang mungkin terjadi sat Anda mengalami asam lambung tinggi, antara lain:

  • Mulut terasa pahit atau asam, terutama di bagian belakang mulut

  • Mengalami sakit atau perih di bagian tenggorokan

  • Saat makan, rasanya makanan tersebut naik dan mengganjal di kerongkongan

  • Merasa mual, bahkan muntah dan kesulitan saat menelan sesuatu

  • Mengalami perut kembung

  • Batuk dan bengek, serta suara menjadi serak

  • Mengalami cegukan

  • Saat tidur berbaring di malam hari, dada terasa sesak


Sebelum asam lambung naik atau tinggi, sebaiknya lakukan pencegahan atau jika terlanjur harus segera melakukan cara mengatasi asam lambung. Nah, salah satu langkah pencegahan yang bisa dilakukan yaitu dengan menghindari hal-hal berikut ini, antara lain:

  • Kurangi kebiasaan mengkonsumsi cokelat secara berlebihan atau sebaiknya hindari maka cokelat

  • Hindari minum minuman soda atau alkohol karena kedua minuman tersebut memang tidak baik bagi kesehatan tubuh

  • Jangan makan makanan yang dioleh dengan digoreng atau makanan yang mengandung bahan santan

  • Hindari minum kopi atau minuman lainnya yang mengandung kafein karena tidak baik bagi asam lambung

  • Kurangi minum susu yang mengandung lemak tinggi

  • Kurangi atau hindari juga konsumsi buah tomat dan bawang Bombay

  • Usahakan untuk tidak atau berhenti merokok

  • Jangan makan buah-buahan sejenis jeruk yang mengandung rasa asam atau kecut seperti citrus, jeruk lemon ataupun jeruk nipis

  • Hindari memakai pakaian yang ketat, terutama di bagian perut agar tidak menekan bagian perut dan bisa memperparah kondisi asam lambung

  • Usahakan saat tidur posisi kepala dan bagian dada Anda lebih tinggi daripada perut atau lambung


Cara Mengatasi Asam Lambung Secara Alami



Untuk mengatasi kondisi asam lambung naik, Anda bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami sebelum ke dokter dan mengkonsumsi obat. Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi asam lambung, antara lain:

1. Mengkonsumsi Mentimun Secara Teratur
Dengan mengkonsumsi mentimun, sakit atau nyeri akibat asam lambung yang naik bisa mereda perlahan. Jika Anda mengkonsumsi mentimun secara teratur atau setiap hari, juga bisa mengurangi risiko terkena masalah asam lambung, bahkan bisa menyembuhkannya. Cara makannya juga bebas dan tidak perlu diolah menjadi makanan tertentu, Anda bisa menjadikan mentimun sebagai lalap, sayur atau jus.

2. Makan Olahan dari Kacang Hijau
Cara mengatasi asam lambung yang naik juga bisa dilakukan dengan makan olahan dari kacang hijau seperti bubur dan lainnya. Seperti yang Kita ketahui, kacang hijau bisa membantu menyembuhkan atau mengobati gejala sakit maag karena berfungsi untuk menebalkan lapisan lambung. Selain itu, kacang hijau ternyata juga bisa membantu menetralkan dan mengontrol kadar asam lambung yang berlebih.

3. Mengatasi Asam Lambung dengan Kunyit
Selain itu, salah satu bahan dapur yang satu ini juga dipercaya dalam membantu mengatasi masalah kelebihan kadar asam pada lambung. Jadi, tidak ada salahnya jika mengkonsumsi makanan dengan kandungan kunyit di dalamnya atau membuat minuman herbal sendiri dari bahan kunyit. Selain itu, kunyit juga bisa menjaga kesehatan kulit.

4. Mengolah Lidah Buaya
Cara mengatasi asam lambung yang lainnya bisa juga dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memang terkenal memiliki berbagai macam fungsi atau bisa dibilang tanaman serba guna karena kaya akan manfaat. Lidah buaya juga bisa digunakan untuk meredam peradangan yang diakibatkan oleh asam lambung naik. Nah, lidah buaya ini bisa Anda olah menjadi jus lidah buaya atau wedang jahe aloe.

5. Baking Soda
Selain menggunakan beberapa bahan yang disebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk membantu mengatasi asam lambung naik. Baking soda ini bisa Anda dapatkan di toko roti karena biasanya digunakan sebagai bahan pengembang pada pembuatan roti. Baking soda memiliki sifat basa, itulah yang bisa dimanfaatkan untuk membantu menetralkan kondisi asam lambung yang berlebihan.

Nah, itulah berbagai macam informasi tentang cara mengatasi asam lambung dan langkah pencegahannya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Asam Lambung dan Hal yang Harus Dihindari"