Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Manfaat Buah Apel Hijau, Apel Merah dan Apel Fuji

Manfaat Buah Apel - Apel adalah salah satu buah yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, bahkan untuk ibu hamil. Buah yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kita karena memang sangat mudah ditemukan.

Ada banyak jenis apel diseluruh dunia. Menurut informasi yang dikutip dari laman web hellosehat.com (akses 08/02/2020), saat ini ada 7.500 jenis apel. Wah banyak sekali ya?

Namun, di Indonesia ada tiga apel yang sering ditemui, yaitu Apel hijau, Apel merah dan Apel Fuji. Ketiga apel ini memiliki rasa yang berbeda. Apel hijau memiliki rasa dominan asam. Sedangkan apel merah dan fuji lebih manis.

Lalu bagaimana manfaat ketiga apel tersebut bagi kesehatan? Yuk simak ulasan berikut ini hingga selesai;

Manfaat Buah Apel Hijau Untuk Kesehatan


Buah apel pertama yang akan Kita bahas adalah apel hijau yang banyak ditemui di kota Batu. Berikut ini beberapa manfaat atau khasiat buah apel hijau, antara lain:

1. Sebagai Sumber Energi
Dengan memakan apel hijau, Anda akan mendapatkan energi untuk beraktivitas karena apel hijau mengandung vitamin B1 yang dijadikan sebagai karbohidrat. Nah, karbohidrat inilah yang nantinya diolah tubuh dan dijadikan sebagai energi.

2. Membantu Meningkatkan Jaringan Tubuh
Memakan apel hijau secara rutin juga dapat membantu memulihkan dan meningkatkan jaringan tubuh yang rusak. Jaringan tubuh bisa rusak karena gaya hidup yang tidak sehat sehingga peru pemulihan atau perbaikan.

3. Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A pada apel hijau dapat membantu menjaga kesehatan mata. Hl ini juga berlaku pada semua jenis apel karena semuanya memiliki kandungan vitamin A yang seimbang.

4. Mengurangi Mual pada Ibu Hamil
Manfaat buah apel ternyata juga berpengaruh pada ibu hamil dan dapat mengurangi rasa mual/muntah yang biasanya terjadi pada trimester pertama. Hal ini karena rasa asam yang ada pada buah apel.

5. Mengurangi Risiko Bayi Lahir Prematur
Jika sekresi empedu pada Ibu hamil berlebihan, maka bisa menyebabkan bayi lahir prematur. Untuk mencegah hal itu, Anda bisa rajin makan apel hijau yang juga dapat membantu memperlancar kelahiran.

Khasiat Buah Apel Merah Untuk Kesehatan



Sedangkan untuk manfaat buah apel merah diantara lain yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan quercetin pada apel merah dapat membantu mencegah adanya pembekuan darah dan mengurangi risiko arteriosklerosis. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari risiko penyakit jantung.

2. Mencegah Diabetes
Manfaat buah apel lainnya adalah membantu menurunkan kadar gula yang tinggi dan mencegah risiko diabetes. Rasa manis pada apel merah tidak membuat kadar gula darah naik, malah kandungan pektin di dalamnya bisa menstabilkan gua darah.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak
Kandungan mineral boron pada apel merah dapat membantu meningkatkan kinerja otak secara maksimal. Selain itu, boron juga bekerja untuk menjaga kesehatan sistem saraf agar selalu aktif dan bekerja secara optimal.

4. Mencegah Risiko Kanker Payudara
Bah apel ternyata juga dapat digunakan untuk membantu mencegah penyakit kanker payudara, hal ini berdasarkan penelitian. Itulah mengapa apel menjadi buah-buahan nomor satu yang dianjurkan dikonsumsi setia hari bersama sayuran dan makanan sehat lainnya.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Gigi
Manfaat buah apel juga dapat menjaga gigi tetap sehat karena mengandung antibakteri. Antibakteri ini akan bekerja mengusir dan menyingkirkan bakteri penyebab sakit gigi.

Manfaat Mengkonsumsi Apel Fuji Bagi Kesehatan



Apel Fuji merupakan salah satu jenis apel yang harganya cukup mahal dan mengandung gizi yang baik untuk tubuh, antara lain:

1. Membantu Mengurangi Risiko Asma
Apel dapat membantu mengurangi risiko asma karena memilki kandungan antioksidan. Antioksidan dapat membantu melancarkan pernapasan dengan menjaga kesehatan dan kebersihan pernapasan itu sendiri.

2. Mengatasi Sembelit
Kandungan serat yang ada di dalam buah apel dapat membantu mengatasi masalah sembelit. Dengan rutin makan apel, sistem pencernaan pun menjadi lebih lancar dan tidak mengalami masalah sembelit.

3. Mencegah Risiko Stroke
Manfaat buah apel ternyata juga bisa mengurangi bahkan mencegah risiko stroke. Penyakit stroke itu sendiri terjadi karena ada penyumbatan pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi apel, akan mencegah munculnya plak yang dapat menyumbat pembuluh darah tersebut.

4. Mengurangi Bengkak-bengkak pada Ibu Hamil
Dengan mengkonsumsi buah apel, bengkak-bengkak yang timbul saat sedang hamil bisa mereda. Bengkak tersebut biasanya ada di bagian kaki, telapak tangan bahkan jari-jari kaki.

5. Meningkatkan Daya tahan Tubuh
Seperti yang Kita ketahui, semua jenis apel memang mengandung banyak vitamin C. Nah, vitamin C inilah yang dapat meningkatkan daya tahan atau sistem imun tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Nah, itulah berbagai macam khasiat dan manfaat buah apel buah kesehatan tubuh. Semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "15 Manfaat Buah Apel Hijau, Apel Merah dan Apel Fuji"