Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Cara Mengatasi Perut Kembung Tanpa Mengkonsumsi Obat

TipsKes.com - Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi perut kembung, namun reaksi tubuh setiap orang juga berbeda-beda. Perut kembung merupakan kondisi dimana sistem pencernaan kita sedang mengalami gangguan karena sesuatu.

Sebelum Anda mencari obat untuk mengatasi gangguan perut kembung, sebaiknya lakukan pengobatan secara alami terlebih dahulu. Pengobatan alami biasanya memang lebih lama, namun lebih sedikit efek samping buruk yang bisa ditimbulkan. Tetapi, Anda harus cari tahu terlebih dahulu informasi terkait pengobatan alami tersebut sebelum benar-benar mencobanya agar tidak terjadi hal buruk.

Memahami Gejala Perut Kembung


Cara mengatasi perut kembung sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu penanganan khusus karena bukan penyakit kronis.  Namun, ada beberapa kasus yang bisa menyebabkan kondisi perut kembung menjadi masalah yang lebih serius dan perlu penanganan khusus. Berikut ini gejala bawaan yang perlu diwaspadai saat Anda mengalami perut kembung, antara lain:

  • Perut kembung disertai dengan diare selama beberapa hari

  • Mengalami rasa nyeri atau perih yang tidak wajar di bagian perut atau dada

  • Mengalami perdarahan saat BAB (buang air besar) atau warna feses berbeda dari sebelumnya

  • Mengalami penurunan berat badan karena tidak nafsu makan atau menjadi cepat kenyang dari biasanya


Jika Anda mengalami perut kembung disertai berbagai macam gejala di atas, maka segera periksa ke dokter. Timbulnya penyertaan gejala-gejala di atas dimungkinkan karena adanya gangguan atau komplikasi lainnya pada sistem pencernaan.

Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami



Nah, berikut ini terdapat berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi perut kembung, antara lain:

1. Keluarkan Angin di Dalam Tubuh Anda
Cobalah untuk tidak menahan buang angin alias kentut atau bersendawa saat perut sedang kembung. Hal ini bisa membantu gas di dalam lambung bisa keluar secara perlahan.

2. Kompres Perut dengan Handuk Hangat
Cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah adalah mengompres bagian perut yang terasa kembung dengan bantal pemanas. Hal ini bisa dilakukan sendiri di rumah dan sangat mudah tanpa mengkonsumsi obat.

3. Membiasakan Diri Berolahraga Secara Teratur
Perut kembung juga bisa terjadi jika kurang berolahraga, jadi mulailah biasakan diri olahraga teratur meski hanya berjalan kaki. Bahkan, olahraga ringan seperti ambil napas panjang juga salah satu cara yang bisa dilakukan untuk atasi perut kembung.

4. Jangan Kebiasaan Menunda Bab (Buang Air Besar)
Kebiasaan menunda BAB ternyata bisa menjadi penyebab perut kembung. Hal ini karena gerakan usus akan menjadi lebih cepat dan gas yang keluar dari lambung menjadi lebih banyak.

5. Biasakan Minum Teh
Cara mengatasi perut kembung yaitu dengan membiasakan diri minum teh yang mengandung jahe, peppermint atau kembang lawang. Dengan begitu, kembung pada perut bisa mereda perlahan.

6. Hindari Makanan yang Meningkatkan Gas Lambung
Terdapat beberapa jenis makanan yang ternyata bisa membuat gas lambung semakin meningkat dan harus dihindari. Beberapa di antaranya yaitu kol, brokoli, kacang-kacangan, bawang, jamur dan makanan dari gandum utuh.

7. Hindari Makanan Berlemak dan Berserat
Makana berserat dan beremak juga perlu dihindari dalam sementara waktu saat Anda mengalami perut kembung. Pasalnya, lemak dan serat cukup sulit dan lama saat dicerna sehinga membuat lambung mengeluarkan gas lebih banyak.

8. Hindari Makan Makanan yang Terlalu Asin
Cara mengatasi perut kembung bisa dilakukan dengan mengurangi makanan yang terlalu asin. Hal ini karena kandungan sodium pada garam bisa membuat tubuh menahan air berlebihan.

9. Hindari kebiasaan Makan Permen Karet
Mulai sekarang, cobalah untuk berhenti dari kebiasaan mengunyah permen karet karena kandungan gulanya tidak baik bagi tubuh. Mengunyah permen karet juga membuat Anda lebih banyak menelan udara dan membuat kembung.

10. Menghindari Minuman Soda
Minuman soda memang tidak baik bagi kesehatan karena mengandung gas yang bisa menumpuk di lambung sehingga membuat perut Anda kembung. Lagipula, kandungan gula buatan yang ada pada minuman soda juga tidak baik untuk tubuh.

11. Cobalah Mengkonsumsi Makanan Probiotik
Makanan yang mengandung probiotik sangat bik bagi sistem pencernaan, termasuk meredakan perut kembung. Anda bisa mengkonsumsi tempe, yogurt, kimchi korea dan lain sebagainya.

12. Mengkonsumsi Rempah-rempah
Cara mengatasi perut kembung juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi rempah-rempah. Anda bisa mencoba membuat makanan atau minuman yang berbahan jahe, jintan atau daun basil.

13. Jangan berbicara Saat Sedang Makan
Ternyata, kebiasaan makan saat makan bisa membuat perut kembung karena banyak gas yang masuk ke lambung. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk makan dengan tenang tanpa banyak bicara.

14. Batasi Porsi Makan Anda
Makan dengan porsi banyak dan terlau cepat bisa membuat perut kembung karena lebih banyak udara yang masuk ke lambung. Sebaiknya makan lebih sering dengan porsi sedikit dan jangan cepat-cepat saat makan atau kunyah hingga halus/lumat.

Nah, itulah berbagai macam cara mengatasi perut kembung yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Namun, jika ada gejala serius seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "14 Cara Mengatasi Perut Kembung Tanpa Mengkonsumsi Obat"