Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan - Tomat termasuk salah satu jenis buah-buahan atau sayuran yang sering dikonsumsi. Buah berwarna merah ini biasa dicampurkan dalam masakan atau dibuat menjadi jus. Rasanya manis dan sedikit asam, memberikan kesegaran ketika dikonsumsi. Tak heran jika banyak orang menyukai tomat.

Selain rasanya yang nikmat, ternyata banyak juga manfaat tomat untuk kesehatan.

Tomat mengandung banyak zat gizi yang baik untuk tubuh. Kandungan zat gizi pada tomat didominasi oleh vitamin C, vitamin A, dan vitamin K. Ada juga kandungan mineral seperti kalsium, potasium, dan folat. Kandungan serat pada buah yang kerap menjadi campuran sambal ini juga cukup tinggi. Lalu, apa saja manfaat dari buah tomat untuk kesehatan? Berikut pembahasan lengkapnya.

12 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Tubu Kita



1. Mengatasi Konstipasi
Buah tomat memiliki kandungan serat serta air yang tinggi. Kedua zat ini sangat membantu proses pencernaan makanan. Anda yang mengalami konstipasi atau sembelit sangat disarankan untuk mengonsumsi tomat. Tomat dapat membantu melancarkan kembali BAB Anda.

2. Menghilangkan Ketombe
Ketombe termasuk salah satu gangguan pada kulit kepala dan rambut. Gangguan ini menyebabkan kulit kepala dipenuhi serbuk putih. Rasa gatal akibat ketombe sangat mengganggu.

Manfaat tomat untuk kesehatan berikutnya adalah membasmi ketombe. Caranya haluskan tomat dan campuran dengan air lemon atau jeruk nipis. Gunakan campuran ini untuk masker kulit kepala. Diamkan selama 30 menit hingga meresap, kemudian bilas dengan air bersih.

3. Melembapkan Kulit
Tomat kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C seperti yang telah disebutkan di atas. Selain itu, tomat juga kaya akan kandungan beta karoten. Betakaroten sendiri biasanya terdapat pada buah-buahan berwarna jingga atau merah. Ketiga kandungan ini sangat bagus untuk menjaga kelembaban kulit. Atasi masalah kulit kering dengan menggunakan tomat.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melembapkan kulit dengan tomat antara lain:

  • Dihaluskan kemudian dipakai sebagai masker

  • Dipotong menjadi beberapa bagian lalu dioleskan pada kulit

  • Dihaluskan dan dicampur alpukat sebagai masker



4. Meringankan Keseleo
Manfaat tomat untuk kesehatan selanjutnya yaitu untuk meringankan keseleo. Manfaat ini belum banyak diketahui oleh banyak orang. Padahal sangat berguna jika diterapkan. Berikut ini cara menggunakan tomat untuk meringankan keseleo:

  • Pilih buah tomat yang matang dan masih segar.

  • Haluskan tomat bersama dengan biji wijen.

  • Panaskan campuran ini dengan api, masak hingga keluar minyaknya. Tunggu hingga minyak dingin.

  • Gunakan minyak untuk mengurut bagian tubuh yang keseleo.



5. Meringankan Penyakit Jantung
Keluhan yang dirasakan oleh penderita sakit jantung dapat didinginkan dengan tomat.  Tomat kaya akan antioksidan likopen dan juga kalium. Kedua kandungan ini dapat meringankan penyakit jantung. Konsumsi tomat secara teratur untuk menjaga detak jantung tetap stabil dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

6. Meringankan Jerawat
Jerawat menjadi masalah kulit yang yang banyak dialami oleh remaja dan orang dewasa. Banyak orang dibuat tidak percaya diri karenanya. Tomat dapat dijadikan untuk Meringankan masalah jerawat. Caranya pun sangat mudah, potong buah tomat lalu oleskan pada wajah yang berjerawat. Lakukan secara rutin hingga jerawat membaik.

7. Mengobati Bisul
Tidak hanya mengatasi jerawat, bisul juga dapat diobati dengan tomat. Namun cara yang harus dilakukan sedikit berbeda. Caranya yaitu:

  • Pisahkan daging tomat dan bijinya dari kulit.

  • Panaskan beberapa saat hingga suhunya menghangat.

  • Oleskan biji dan daging tomat yang hangat pada bisul.



8. Menyehatkan Mata
Menyehatkan mata merupakan manfaat tomat untuk kesehatan selanjutnya. Kandungan yang berperan untuk menyehatkan mata yaitu vitamin A dan betakaroten. Kedua zat ini dapat meningkatkan kinerja dari retina mata. Dengan begini mata dapat lebih berkembang dan dapat menangkap cahaya lebih banyak.

9. Membantu Mencegah Kanker
Terdapat kandungan likopen dan fitonutrisi dalam buah tomat. Kedua saat ini dapat berperan aktif untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Rebus tomat sebelum dikonsumsi supaya kandungan nutrisinya meningkat.

10. Menghaluskan Kulit
Manfaat tomat untuk kesehatan kulit selanjutnya yaitu menghaluskan permukaan kulit. Tomat dapat bekerja dari dalam dan luar untuk membuat kulit menjadi lebih halus. Konsumsi tomat secara rutin dan juga gunakan masker tomat bila diperlukan.

11. Makanan Diet
Apakah Anda sedang diet untuk menurunkan berat badan? Jika iya, segera masukkan tomat dalam daftar makanan Anda. Sebab kandungan yang terdapat dalam tomat dapat menurunkan hormon pemicu nafsu makan, yaitu ghrelin. Di samping itu, kandungan likopen pada tomat juga membuat Anda kenyang lebih lama.

12. Menguatkan Tulang
Manfaat tomat yang terakhir adalah membuat tulang menjadi lebih kuat. Tomat kaya akan kandungan mineral berupa kalsium. Kalsium sendiri bermanfaat untuk regenerasi sel pada tulang. Semakin cepat regenerasi berlangsung tulang juga akan menjadi semakin kuat.

Itulah 12 manfaat tomat untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui. Jadi, jangan malas mengonsumsi tomat secara rutin mulai dari sekarang. Jangan sampai anda menyesal karena tidak merasakan manfaat dari buah berwarna merah jingga ini

Posting Komentar untuk "12 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Tubuh Kita"