Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Manfaat Buah Anggur Merah dan Cara Memilihnya

TipsKes.com, Manfaat Buah Anggur - Anggur adalah salah satu buah yang memiliki segudang manfaat untuk kesahatan dan kecantikan kulit. Hal ini karena buah anggur memiliki banyak kandungan nutrisi, vitamin dan juga gizi.

Buah yang satu ini memiliki warna lebih dari satu, yaitu merah, hijau dan hitam. Namun, di Indonesia buah anggur merah sangat pamiliar karena lebih mudah ditemui.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja manfaat buah angur, simak tulisan dibawah ini hingga selesai;

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan


Anggur merah bisa Kita temui di banyak tempat mulai dari pasar tradisional hingga swalayan atau pusat perbelanjaan. Jadi, Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan buah anggur merah yang berkhasiat ini. Berikut ini beragam manfaat anggur merah untuk kesehatan, antara lain:

1. Membantu Melindungi Jantung
Buah anggur mendapatkan warna merah dari kandungan flavonoid, yang terbukti ampuh melindungi jantung serta mencegah timbulnya gumpalan darah dan oksidasi. Selain itu, bukan hanya daging buahnya saja yang berkhasiat, kulitnya juga dapat meningkatkan kinerja pembuluh darah karena mengandung anthocyanin.

2. Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Anggur merah memiliki kandungan kalium yang tinggi dan dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan jantung. Dalam 100 gram anggur merah terdapat 191 mg kalium yang baik untuk kesehatan.

3. Mencegah dan Melawan Kanker
Kandungan resveratrol yang ada pada anggur merah dapat melindungi kulit dari sinar UV matahari sehingga bermanfaat untuk mencegah kanker kulit. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat menjaga tubuh dari radiasi saat menjalani perawatan kanker.

4. Menjaga Kesehatan dan Memori Otak
Manfaat buah anggur juga berkaitan dengan kesehatan otak dan mampu meningkatkan fungsi hippocampus, bagian otak yang berfungsi untuk mengingat. Itulah mengapa buah anggur juga bermanfaat untuk mencegah Alzheimer, juga karena kandungan resveratrol dan antioksidan.

5. Meningkatkan Kinerja Ginjal
Dengan mengkonsumsi anggur merah setiap hari secara rutin, asam urat bisa menurun dan sakit pun mereda. Nah, asam yang dikeluarkan dari tubuh ini dapat membantu meringankan kerja ginjal sehingga bisa lebih optimal.

6. Meredakan Peradangan Akut dan Kronis
Baik peradangan akut maupun kronis dapat diatasi dengan konsumsi anggur merah secara rutin karena mengandung enzim untuk melawan peradangan tersebut. Jika dibiarkan, peradangan dapat berakibat fatal, bahkan bisa memicu kanker dan penyakit jantung.

7. Meredakan Nyeri pada Lutut
Manfaat buah anggur juga dapat dirasakan oleh penderita nyeri lutut, terutama yang dipicu oleh osteoarthritis. Hal ini karena kandungan polyphenol yang ada di dalam anggur merah dan membantu otot lebih fleksibel dalam bergerak. Dengan rutin makan anggur merah, asam urat pada dengkul juga bisa menurun sehingga tidak akan terasa sakit lagi.

8. Menjaga Kesehatan Mata
Anggur merah mengandung flavonoid yang membantu mencegah katarak pada mata. Selain itu, kandungan pada anggur merah juga dapat meningkatkan protein pelindung yang ada di retina serta mencegah stress oxidative.

9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Kandungan resveratrol yang tinggi pada anggur merah terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.  Dengan begitu, Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

10. Sebagai Antibakteri dan Antivirus
Manfaat buah anggur merah dapat membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit akibat virus dan bakteri. Hal ini karena anggur merah mengandung antibakteri dan antivirus untuk melawan penyakit seperti polio dan herpes.

11. Membantu Menurunkan Berat Badan
Jika Anda sedang diet, buah anggur juga bisa dijadikan alternatif karena salam satu gelas jus anggur hanya terdapat 23 kalori. Selain itu, kandungan resveratrol pada buah anggur merah juga membantu menurunkan berat badan dan bekerja saat otot sedang beraktivitas.

12. Menjaga Kesehatan Kulit Tetap Cantik
Anggur merah mengandung resveratrol dan antioksidan yang lebih kuat 50x daripada vitamin E dan 20x dari vitamin C. hal itu sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Cara Memilih Buah Anggur yang Baik



Untuk mendapat beragam manfaat buah anggur yang telah disebutkan di atas, pastikan Anda membeli buah anggur segar dalam kondisi bagus/baik. Berikut ini tips yang bisa Anda ikuti untuk memilih buah anggur yang bagus, antara lain:

  • Hindari membeli anggur merah yang kulit buahnya sudah keriput karena kondisinya sudah jelek dan nutrisi dan gizinya berkurang

  • Saat membeli anggur merah, cobalah untuk memencet perlahan karena anggur merah yang masih bagus teksturnya padat dan kencang

  • Setelah membeli anggur merah, simpan di tempat yang dingin yaitu di lemari es atau kulkas


Nah, itulah berbagai macam manfaat buah anggur bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit. Semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "12 Manfaat Buah Anggur Merah dan Cara Memilihnya"