Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Selama ini buah sirsak dikenal memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit kanker. Padahal masih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah yang memiliki daging berwarna putih ini biasanya dijadikan bahan dasar membuat minuman maupun makanan. Seperti es krim, jus, sup buah dan manisan.

Buah sirsak memiliki rasa yang unik karena manis-manis asam. Meski begitu manfaat buah sirsak dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit tidak bisa diragukan lagi. Manfaat tersebut tidak terlepas dari keberadaan berbagai kandungan di dalamnya.

Buah sirsak mudah ditemukan di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia. Manfaat buah ini tidak hanya didapatkan dari dagingnya saja, tetapi juga bagian lainnya, seperti akar, batang dang daun. Bahkan bagian-bagian tersebut sering digunakan sebagai obat tradisional. Lalu apa saja manfaatnya untuk kesehatan? simak ulasan di bawah ini.

Kandungan Buah Sirsak
Banyaknya manfaat buah sirsak tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Adapun kandungan tersebut seperti serat. Karbohidrat, protein, kalium, magnesium, kalsium, vitamin B dan vitamin C. Selain itu, ada antioksidan, zat besi, folat serta zinc.

11 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh



  1. Mencegah Penyakit Kanker


Buah sirsak memiliki kandungan turunan asam lemak seperti annonaceous acetogenins. Senyawa ini bisa digunakan untuk pencegahan kanker dan mengurangi ukuran tumor. Selain itu, keberadaannya bisa membunuh sel tidak normal dari aliran darah. Kandungan dalam buah sirsak bisa digunakan sebagai alternatif untuk mengobati kanker, seperti kanker payudara, paru-paru dan prostat.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Manfaat buah sirsak selanjutnya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena dipengaruhi oleh kandungan antioksidan dan vitamin C. Antioksidan bisa membantu menangkal radikal bebas yang ada di tubuh dan mengurangi risiko terserang penyakit kronis, seperti hipertensi serta diabetes. sedangkan kandungan nutrisi lainnya bisa menjaga daya tubuh dan melawan penyakit infeksi.

  1. Meredakan Peradangan


Ekstrak buah sirsak mempunyai efek anti radang. Efek tersebut dipercaya untuk meringankan peradangan dan penyakit akibat peradangan, seperti hipertensi, arthritis dan asam urat. Namun manfaat buah sirsak yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

  1. Meredakan Saluran Pernapasan


Ketika Anda sedang terserang flu, batuk dan gangguan pernapasan lainnya, disarankan untuk mengkonsumsi buah sirsak. Hal ini dipicu oleh adanya sifat ekspektoran yang bisa digunakan untuk menghilangkan dahak dan lendir. Buah sirsak juga mengandung asam askorbat yang bisa membantu melawan radikal bebas maupun infeksi.

  1. Membunuh Parasit


Buah sirsak sangat populer di Amerika Latin dan Amerika Selatan digunakan sebagai pengobatan tradisional. Kandungan anti parasit dan antibakteri yang dimiliki bisa melindungi tubuh dari infeksi parasit. Hal ini juga tidak terlepas dari adanya kandungan vitamin C.

  1. Menghilangkan Stres


Manfaat buah sirsak selanjutnya adalah untuk menghilangkan stres. Anti peradangan yang ada di buah sirsak bisa membantu seseorang menjadi merasa tenang. Pastinya ini sangat baik ketika sedang menderita stres berlebihan serta kecemasan. Perlu diketahui jika hormon stres bisa merusak dan mengacaukan sistem metabolisme dan mengatasi insomnia.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Dalam buah sirsak ditemukan kandungan vitamin C, B1, B2 dan C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi tersebut dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh karena keberadaannya menstimulasi pembentukan sel darah putih. Vitamin-vitamin tersebut merupakan jenis antioksidan yang bisa mencegah serangan penyakit kronis.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit


Bagian biji buah sirsak biasanya digunakan sebagai penyegar bagi kulit. Biji tersebut bisa dihancurkan dan diaplikasikan pada bagian luar tubuh. Efeknya mampu mengurangi garis-garis kerutan serta mengurangi gejala penuaan. Sedangkan kandungan antioksidan nya mampu meremajakan dan melindungi kulit dari infeksi.

  1. Membersihkan Saluran Pencernaan


Bagian dari daun buah sirsak juga tidak kalah khasiatnya. Bagian ini dapat digunakan untuk pengobatan pada saluran pencernaan. Bisa dikonsumsi dengan cara diseduh dengan dijadikan teh. Daun dan juga daging buah sirsak bisa digunakan untuk membersihkan usus dan sistem gastrointestinal supaya lancar. Hal ini karena bagian tersebut dapat menstimulasi hormon diuretik.

  1. Meminimalisir Gangguan Penglihatan


Manfaat buah sirsak selanjutnya adalah bisa menurunkan gangguan mata degenerasi matula hingga 25%. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin C, vitamin E, zinc dan beta karoten yang dimiliki. Nutrisi tersebut bisa diperoleh jika buah sirsak dikonsumsi menjadi bahan minuman.

  1. Menyembuhkan Infeksi


Buah sirsak menjadi pilihan tepat untuk menyembuhkan infeksi akibat parasit dan bakteri. Tidak hanya itu saja, buah sirsak juga bisa dipakai sebagai obat penyakit herpes, batuk hingga muntah. Perlu diketahui jika bakteri dan parasit bisa menimbulkan bersin, batuk, demam serta gejala lainnya.

Nah itulah 11 manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Diharapkan uraian di atas bisa memberikan informasi betapa banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari buah sirsak. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "11 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan"