Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Ada banyak sekali manfaat buah alpukat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Itulah sebabnya, buah ini dinyatakan aman bahkan dianjurkan dikonsumsi setiap hari. Alpukat merupakan salah satu jenis buah tropis yang bisa didapatkan dengan mudah di Indonesia. Buah alpukat ini sering dijadikan jus dan menjadi salah satu jus favorit yang disukai hampir semua orang.

Beberapa orang lainnya lebih suka memakan buah alpukat dengan memotongnya kecil-kecil lalu dicampur es dan gula. Belakangan ini, buah alpukat juga sering dimakan saat sarapan dengan roti. Sarapan alpukat di pagi hari akan memberikan energi yang cukup sehingga Anda siap menjalani hari. Alpukat bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang tidak ingin sarapan terlalu berat seperti nasi atau Mie.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh


Berikut ini beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah alpukat bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mencegah Risiko Kanker
Makan buah alpukat secara rutin bisa membantu mencegah risiko kanker, terutama kanker payudara dan prostat. Hal ini karena alpukat mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan DNA perusak.

2. Mencegah Risiko Diabetes
Bagi penderita diabetes, alpukat juga sangat bermanfaat karena mengandung asam oleate. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh pada alpukat juga dapat membantu mengurangi kadar triglyceride dan mengontrol kadar gula darah.

3. Mencegah Peradangan Sendi
Manfaat buah alpukat juga dapat dirasakan oleh mereka yang mengalami peradangan pada sendi. Hal ini karena alpukat mengandung zat anti inflamasi atau fitosterol, zat inilah yang dapat membantu meredakan peradangan pada sendi.

4. Mencegah Penyakit Jantung
Alpukat memiliki kandungan lemak yang baik bagi tubuh dan membantu mencegah sakit jantung. Selain menjaga kesehatan jantung, mengkonsumsi alpukat secara rutin juga dapat menjaga kesehatan pembuluh darah.

5. Mencegah Depresi
Depresi adalah penyakit yang tidak mudah didiagnosis dan juga tidak terlihat, namun sangat berpengaruh pada mental/jiwa dan tubuh Anda. Nah, mengkonsumsi buah alpukat bisa menurunkan tingkat stress karena mengandung magnesium. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin B yang dapat mengeluarkan serotonin dan dopamine untuk mengurangi perasaan cemas berlebihan.

6. Membantu Masalah Bau Mulut
Manfaat buah alpukat lainnya adalah untuk mengatasi masalah bau mulut atau napas tidak segar. Hal ini karena mengkonsumsi alpukat secara rutin bisa membersihkan usus dari kotoran-kotoran yang buruk bagi tubuh dan memicu bau mulut.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol
Jika kolesterol jahat di dalam tubuh mulai menggerogoti, Anda bisa mencoba rutin konsumsi buah alpukat. Buah ini mengandung senyawa beta sitosterol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

8. Menjaga Kesehatan pada Mata
Selain buah-buahan berwarna merah jingga seperti tomat dan wortel, alpukat ternyata juga dapat menjaga kesehatan mata. Kandungan lutein pada alpukat mentega dapat menjaga kesehatan mata, mencegah dari katarak dan age macular degeneration.

9. Melancarkan Sistem Pencernaan
Manfaat buah alpukat lainnya yaitu untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan karena mengandung serat alami. Selain itu, daging alpukat yang halus dan lembut juga dapat melindungi permukaan lambung dari beragam makanan penyebab meningkatkan asam lambung.

10. Menguatkan Tulang
Kandungan di dalam buah alpukat mampu menguatkan dan memadatkan tulang sehingga terhindar dari pengapuran tulang. Kandungannya antara lain lutein, zeaxanthin, zinc, kalsium, tembaga, selenium dan fosfor.

Manfaat Mengkonsumsi Alpukat Untuk Kecantikan


Selain itu, buah Alpukat juga sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit dan rambut, seperti berikut ini:

1. Menjaga Kesehatan Kulit
Secara umum, alpukat memang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan karena kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, alpukat juga bisa dijadikan sebagai masker khusus untuk perawatan kesehatan kulit wajah.

2. Melembapkan Kulit
Manfaat buah alpukat juga sangat dirasakan oleh kulit wajah karena menjadi lebih lembap dan tidak mudah kering. Alpukat merupakan buah yang kaya akan mineral yang akan menutrisi kulit sehingga tidak mudah kering dan rusak.

3. Mencegah Penuaan Dini
Alpukat mengandung banyak kolagen yang dapat membantu mencegah penuaan dini pada kulit wajah, meremajakan kulit dan membuat kulit menjadi kencang. Anda bisa menggunakannya sebagai masker setiap dua minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Masker ini juga sangat berguna untuk area kelopak mata yang mudah keriput. Kandungan penting lainnya yaitu vitamin E, hydrating fats dan fatty acids.

4. Merawat Kulit Kepala
Alpukat juga bisa dijadikan sebagai masker rambut karena mengandung nutrisi, vitamin dan asam lemak omega 3. Nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut. Sedangkan vitamin dan asam lemak omega 3 akan memberi dampak rambut berkilau dan lembut.

Nah, itulah beberapa manfaat buah alpukat yang akan Anda dapatkan jika rutin mengkonsumsi secara teratur. Semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh Kita"